Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada! Ini 4 Seleb yang Meninggal Karena Serangan Jantung

Waspada! Ini 4 Seleb yang Meninggal Karena Serangan Jantung

Kabar duka datang keluarga pelawak, Sule. Mantan istrinya, Lina, dikabarkan meninggal akibat serangan jantung. Selain Lina, ada beberapa seleb yang mengalaminya.

Serangan jantung, memang tidak terduga-duga datangnya. Kali ini, mantan istri pelawak, Sule sekaligus ibu dari penyanyi, Rizky Febian dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu, (4/1) karena penyakit tersebut. Beberapa seleb dan publik figur pada tahun 2019 lalu juga mengalaminya. Siapa saja mereka?

1 dari 4 halaman

Kronologis Meninggalnya Lina, Mantan Istri Sule

Kabar meninggalnya ibunda dari pelantun lagu Kesempurnaan Cinta ini sebenarnya datang dari unggahan akun Instagram @panjikomara pada Sabtu (4/1). Dalam Insta Story-nya Panji  menuliskan, “Assalamualaikum. Kabar duka datang dari keluarga besar Rizky Febian di mana ibu tercinta berpulang ke rahmatullah dini hari.”

Dilansir dari Liputan6, pengacara istri Sule, Abdurrahman T. Pratomo mengatakan Lina sempat pingsan ketika subuh (4/1) tadi. Lalu, pihak keluarga langsung membawanya ke Rumah Sakit Al Islam, Bandung. Setelah dilakukan pertolongan, pada pukul 05.30 WIB, dokter menyatakan Lina tidak tertolong nyawanya.

Pada saat kabar itu berhembus, banyak media dan netizen yang berspekulasi soal penyebab kematian Lina. Serangan jantung menjadi hal yang pertama diberitakan soal penyebabnya. Namun, ternyata bukan itu penyakit yang diderita Istri Sule.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Ada yang Terkena Serangan Jantung

Menurut pengacaranya, Lina meninggal karena kelelahan usai pergi berlibur. Mantan istri Sule ini pernah memiliki riwayat penyakit lambung. Selain itu, ada kemungkinan komplikasi darah tinggi. Informasi tersebut didapat langsung dari pihak keluarga Sule. Jadi, dia bukan meninggal karena serangan jantung.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Nyeri Jantung dan Penyakit Lambung?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa banyak orang yang berpikir mantan istri Sule mengalami serangan jantung? Tampaknya, hal ini karena Lina dikabarkan mengalami nyeri di bagian dada. Hal ini sering terjadi pada orang yang mengalami serangan jantung.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPd, dari KlikDokter selain penyakit jantung nyeri di bagian dada bisa disebabkan oleh gangguan asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Walau terlihat serupa, sebenarnya ada perbedaan dari gejala nyeri di dada tersebut.

Kata dr Alvin, kedua nyeri dada penyakit tersebut memiliki sifat yang berbeda. Kalau untuk serangan jantung, nyeri terasa pada dada sebelah kiri. Sifatnya seperti tekanan dan menjalar ke tangan sebelah kiri. Sedangkan nyeri dada akibat GERD, berpusat pada ulu hati dan rasanya seperti terbakar atau disebut dengan istilah heartburn.

Umumnya, nyeri dada akibat GERD terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan. Asam lambung akan kembali ke bagian kerongkongan, bahkan bisa mencapai bagian belakang mulut. Jangan heran bila Anda mengalaminya, lidah jadi terasa asam.

Dokter Alvin menyebutkan Anda juga harus memperhatikan gejala lain. Untuk serangan jantung, pasien akan merasa sesak napas, tercekik, dan mengeluarkan keringat dingin. Sedangkan pada GERD, gejala lainnya adalah perut kembung, begah, mual, dan lebih sering bersendawa.

Namun, di mata orang awam gejala nyeri dada akibat serangan jantung dan GERD terlihat serupa. Itu sebabnya, ketika Anda mengalami hal tersebut, lebih baik langsung dibawa ke dokter untuk observasi lebih lanjut. Jangan langsung melakukan pengobatan sendiri karena bisa jadi salah penanganan.

3 dari 4 halaman

Daftar Seleb yang Meninggal karena Serangan Jantung

Salah satu alasan Istri Sule dikira terkena serangan jantung karena sejumlah seleb meninggal karena gangguan kesehatan tersebut pada tahun 2019. Ingin tahu beberapa nama selebritas tersebut? Cek di sini.

Artikel Lainnya: 5 Tanda Anda Berisiko Terkena Serangan Jantung

  1. Aktor Robby Sugara

Berita duka muncul dari dunia perfilman tanah air pada 13 Juni 2019 lalu. Aktor kawakan, Robby Sugara meninggal dunia pada usia 67 tahun akibat serangan jantung yang dideritanya. Aktor yang kerap tampil sebagai pemeran antagonis ini memang tercatat punya riwayat masalah jantung sebelumnya.

Bahkan, berdasarkan informasi dari koleganya, Roby sudah pernah mengalami serangan jantung sebanyak dua kali. Pada serangan kedua kalinya, Roby memang belum sembuh total sehingga memicu serangan ketika yang kemudian berakibat fatal.

  1. Aktor Star Wars, Peter Mayhew

Bila Anda menyaksikan film Star Wars, pastinya tidak asing dengan sosok berbulu teman Han Solo yang bernama Chewbacca. Sayangnya pada 30 April 2019 lalu, orang di balik Chewbacca, Peter Mayhew,  harus menghembuskan napas terakhirnya akibat serangan jantung.

Peter Mayhew meninggal dalam usia 74 tahun di tempat tinggalnya di Texas, Amerika serikat. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh perwakilan keluarga bersangkutan. Selamat tinggal Chewbacca!

  1. Aktor Cecep Reza “Bombom”

Bagi Anda yang termasuk anak generasi 90-an pastinya sangat mengenal tokoh Bombom. Karakter yang satu ini terkenal karena perannya sebagai kakak tiri jahat dalam sinetron Bidadari. Pada 19 November 2019 lalu, pemeran Bombom, Cecep Reza, harus menghembuskan napas terakhir akibat serangan jantung.

Kabar kepergian Cecep Reza ini sangat mengejutkan teman-teman selebritas lainnya. Pasalnya, satu hari sebelumnya, cecep masih aktif mengunggah konten di socmed-nya. Namun, beberapa orang terdekatnya menyatakan aktor berusia 31 tahun ini memang sudah memiliki riwayat masalah jantung.

Sebelumnya, Cecep pernah melakukan operasi pemasangan ring jantung. Sebenarnya, operasi tersebut berhasil. Bahkan, Cecep pulih dengan cepat dan langsung kembali bekerja di bidang entertainment. Namun, tak disangka-sangka masalah jantung kembali menyerang  dan membuatnya menghembuskan napas terakhir.

  1. Aktor Godfrey Gao

Masih muda dan tampan, aktor Hollywood Godfrey Gao tak disangka-sangka harus menghembuskan napas terakhir karena serangan jantung. Pada 27 November 2019 lalu, Godfrey dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit akibat tak sadarkan diri saat tengah syuting sebuah variety show di Tiongkok.

Model Louis Vuitton ini tiba-tiba bergerak lambat saat melakukan adegan lari. Kemudian dia terjatuh dan tidak sadarkan diri. Godfrey sendiri menurut media setempat menerima pertolongan medis sekitar 2-3 jam. Sampai pihak dokter menyatakan nyawa pemain film Mortal Instrument: City of Bones  ini meninggal dunia.

Aktor berusia 35 tahun dinyatakan tewas akibat kelelahan yang memicu terjadinya serangan jantung. Tentu saja hal ini mengejutkan anggota keluarga, kerabat, dan para fans karena Godfrey dikenal bugar dan rajin berolahraga menjaga tubuhnya.

Itu dia beberapa seleb yang meninggal akibat terkena serangan jantung. Dari daftar tersebut, bisa disimpulkan kalau serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Anda masih bisa mencegah kemunculannya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan segera hubungi dokter ketika gejala-gejalanya mulai terlihat.

(RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar