Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Daftar Buah yang Mengandung Likopen dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Daftar Buah yang Mengandung Likopen dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Likopen adalah pigmen yang memberi warna merah pada buah-buahan dan sayuran, Ternyata, zat ini memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh, apa saja, ya

Zat baik yang terkandung dalam sayuran hingga buah tentu amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu zat yang bermanfaat adalah likopen. Bahkan, saking pentingnya, suplemen yang dijual di pasaran diperkaya dengan likopen.

Namun sebetulnya banyak buah yang mengandung likopen, lo. Penasaran mengenai manfaatnya?

1 dari 4 halaman

Pengertian Likopen

Sebelum mengetahui manfaat likopen, Anda perlu tahu dulu fakta seputar zat baik ini. Likopen adalah zat yang mengandung antioksidan tinggi dari golongan karoten yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Saat radikal bebas melebihi jumlah antioksidan dalam tubuh, terjadi stres oksidatif pada sel yang memicu timbulnya penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan alzheimer.

Likopen seringkali dikaitkan dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan jantung, mengurangi luka bakar dan berbagai jenis kanker. Selain itu, zat ini juga diketahui dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat pestisida, herbisida, monosodium glutamate (MSG) dan beberapa jenis jamur. Tahu tidak kalau segala produk tomat sebetulnya kaya akan zat likopen?

Artikel Lainnya: Jarang Diketahui, Ini 4 Khasiat Tomat untuk Pria

2 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Mengandung Likopen

Secara umum, semua buah dan sayur yang berwarna merah mengandung likopen. Berikut adalah daftar buah yang mengandung likopen tertinggi dalam sediaan 100 gram:

  • Tomat : 9 mg
  • Jambu merah : 2 mg
  • Semangka : 5 mg
  • Tomat segar : 0 mg
  • Pepaya : 8 mg
  • Anggur 1 mg

Berdasarkan studi, disarankan untuk konsumsi likopen sebanyak 8-21 mg per hari untuk mendapatkan khasiat maksimal. Tingginya kadar antioksidan dalam likopen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mencegah sakit jantung, mengurangi risiko kanker serta baik untuk kesehatan mata dan tulang.

Artikel Lainnya: Tomat, Lebih Baik Dimasak atau Dimakan Mentah?

3 dari 4 halaman

Manfaat Likopen Terhadap Tubuh

Dari fakta di atas, Anda sudah tahu kan kalau manfaat likopen untuk kesehatan begitu penting? Ya, agar bisa menjawab rasa penasaran Anda, bagaimana jika membaca penjelasan manfaat likopen di bawah ini?

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam likopen dapat mencegah dan memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat. Dari sebuah studi didapatkan bahwa darah yang tinggi akan likopen mengurangi risiko terkena kanker prostat sebesar 32-50 persen.

Selain itu, likopen juga dikatakan dapat mencegah kanker payudara, paru-paru dan ginjal.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Likopen diketahui dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung atau mencegah kematian dini akibat penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan  antioksidan dalam likopen dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini membuat risiko terjadinya sumbatan pada pembuluh darah berkurang. Dari hasil penelitian, kandungan darah yang kaya akan likopen menurunkan risiko kematian akibat jantung sebesar 39 persen.

Dari penelitian lainnya, diet tinggi likopen juga menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 17-26 persen dan risiko stroke sebesar 31%. Likopen sangat bermanfaat sebagai perlindungan bagi mereka yang kurang antioksidan seperti pada lansia, penderita diabetes dan perokok.

  1. Melindungi dari Sunburn

Likopen dapat melindungi kulit dari reaksi luka bakar akibat paparan sinar UV matahari. Di sebuah penelitian, sebanyak 40-50% orang yang mengonsumsi 8 - 16 mg likopen per hari mengalami derajat luka bakar yang lebih ringan dibanding yang tidak.

Namun, perlindungan kulit terhadap sinar UV tetap harus dibarengi dengan penggunaan tabir surya (sunscreen).

  1. Mencegah Kebutaan

Likopen dapat mencegah dan memperlambat terbentuknya katarak dan mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

  1. Mengurangi Nyeri

Likopen dapat mengurangi nyeri neuropatik, yaitu nyeri akibat adanya kerusakan saraf.

  1. Melindungi Otak

Kandungan antioksidan dalam likopen dapat mencegah terjadinya kejang dan memperlambat hilangnya ingatan pada penderita penyakit alzheimer.

  1. Menguatkan Tulang

Kandungan antioksidan dalam likopen dapat memperlambat kematian sel-sel tulang dan membantu menguatkan tulang. 

Manfaat likopen yang ternyata sangat memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh ini tak boleh lagi Anda abaikan. Apalagi Anda dapat memperoleh zat baik ini tak hanya dari suplemen dan vitamin. Tapi, konsumsilah langsung dari sumbernya, yaitu buah yang mengandung likopen. Ingat kan dengan daftar buah yang sudah dijelaskan di atas?

[RPA/AYU]

1 Komentar