HomeInfo SehatKesehatan UmumBenarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik Dibanding di Kantor?
Kesehatan Umum

Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik Dibanding di Kantor?

dr. Valda Garcia, 28 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kerja dari rumah dianggap lebih baik karena lebih fokus dan tidak perlu kena macet. Apa plus dan minusnya?.

Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik Dibanding di Kantor?

Bekerja di rumah kini begitu populer. Banyak orang juga merasakan manfaat dan keuntungannya, mulai dari segi efisiensi waktu, ongkos, hingga energi. 

Nah, apa saja keuntungan bekerja dari rumah? Berikut ini sepuluh kelebihan kerja di rumah yang bisa kamu simak.

1. Terhindar dari Lingkungan Kerja Toksik

Salah satu keuntungan bekerja di rumah adalah terhindar dari “drama” perkantoran. Tak dimungkiri, banyak hal yang membuat suasana kantor menjadi toksik. 

Contohnya, punya rekan kerja yang manipulatif, atau atasan yang ternyata suka mem-bully sampai berperilaku layaknya diktator.

Itu semua bisa membuat karyawan stres. Akibatnya, produktivitas menurun bahkan bisa berujung depresi. Di lingkungan kerja yang toksik, umumnya karyawan merasa kurang sejahtera.

Artikel lainnya: Stres di Tempat Kerja Ternyata Ada Manfaatnya

2. Terhindar dari Kemacetan

Bila ditanya apa alasan beberapa orang lebih menyukai bekerja di rumah dibandingkan kantor, maka salah satu jawabannya adalah bebas macet!

Jarak rumah ke kantor yang sangat jauh dapat menyebabkan stres. Pekerja dapat merasa kelelahan dan jenuh dengan beban tugas yang diberikan. 

Terlebih jika harus berangkat pagi dan pulang larut terus-menerus, pastinya hal ini dapat menjadi pemicu stres bagi karyawan.

3. Terhindar dari Peer Pressure 

Lingkungan kerja yang terlalu sarat gosip juga dapat “meracuni” kesehatan mental karyawan. 

Selain itu, atasan yang memimpin dengan kurang bijaksana juga dapat membuat lingkungan kerja tidak sehat. Contoh perilakunya seperti memaksakan kehendak, otoriter, dan kurang mengayomi anak buah.

Akibat semua hal di atas, umumnya turn over atau keluar-masuknya karyawan akan relatif tinggi. Karyawan akan merasa kurang nyaman di lingkungan kerja tersebut, mereka pun akan sulit betah hingga akhirnya memutuskan keluar.

4. Lebih Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

Kalau bekerja di rumah, kamu cenderung lebih punya banyak waktu untuk mengurus diri. Misalnya, sesekali bisa olahraga atau me time, dan tak melewatkan waktu bersama orang-orang tercinta.

Bila kerja di rumah, kamu relatif lebih leluasa mengatur waktu bekerja dan istirahat. Bekerja juga nyaman tanpa terbentur berbagai aturan mengikat seperti di kantor. Hasil pekerjaan pun biasanya lebih maksimal.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Dengan work from home, kamu bisa memanfaatkan waktu berangkat kantor untuk kegiatan lain, seperti berolahraga di pagi hari.

Kebiasaan ini dapat membantu kamu memiliki kesehatan fisik yang lebih baik dengan rutin berolahraga!

6. Memanfaatkan Istirahat dengan Baik

Saat bekerja dari rumah, waktu istirahat pada jam kantor dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jika bekerja dari kantor, pasti membutuhkan waktu untuk pergi ke tempat makan dan sulit jika ingin beristirahat atau tidur.

Sedangkan, kamu yang WFH bisa memanfaatkan waktu istirahat di tempat tidur yang nyaman bila merasa lelah. Hasilnya, kamu bisa produktif lagi.

7. Asupan Makanan Terjamin

Ketika harus pergi ke kantor, kadang sulit untuk menyiapkan bekal dari rumah karena mepet dengan waktu berangkat kerja. 

Kelebihan kerja di rumah adalah kamu dapat menjaga asupan makanan sehat dengan mengonsumsi makanan di rumah. Persiapannya pun tak perlu diburu-buru.

Dengan cara ini, pastinya kebersihan makanan juga dapat lebih terjaga dengan baik.

Artikel lainnya: Kenali Tanda-tanda Anda Stres karena Pekerjaan

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Karena kamu memegang kendali atas waktu, maka kamu bisa lebih banyak melakukan kegiatan positif lainnya selain bekerja. Pada beberapa orang, kebebasan seperti ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Selain itu, terkadang perilaku tidak menyenangkan terjadi di kantor, mulai dari ejekan terus-menerus hingga paksaan tertentu. Bekerja di rumah ada manfaatnya untuk kesehatan mental karena karyawan bisa menghindari hal tersebut.

9. Mengurangi Pengeluaran

Ada banyak pengeluaran yang bisa kamu hemat saat bekerja di rumah, misalnya transportasi, jajan makanan atau kopi, bensin, dan sebagainya. Hal ini bisa membuat kamu punya tabungan yang lebih banyak.

Kelebihan kerja di rumah tersebut bisa kamu dapatkan bila mengelola keuangan dengan baik dan bijak.

10. Lebih Dekat dengan Keluarga

Dengan tersitanya waktu bersama keluarga karena harus berangkat pagi dan pulang larut akibat ke kantor, kerja di rumah bisa menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri dengan keluarga. 

Apalagi bagi kamu yang baru saja memiliki anak atau usia anak masih kecil. Bekerja di rumah bisa membuat kamu punya lebih banyak waktu untuk memantau dan terlibat dalam tumbuh kembang anak.

Kelebihan kerja di rumah di atas sangat menggiurkan, kan? Namun, metode ini memang kadang dapat menimbulkan sisi negatif tersendiri.

Beberapa kekurangan kerja di rumah antara lain banyak distraksi, mengganggu istirahat bila kerja sampai larut malam, kesepian, dan sebagainya. Namun, hal ini tidak selalu terjadi pada tiap orang.

Pada dasarnya, preferensi kerja di rumah maupun di kantor bergantung pada pilihan masing-masing. Hal yang penting adalah pekerjaan terselesaikan dengan baik dan fokus tidak terganggu.

Jadi, kamu lebih suka bekerja di rumah atau kantor? Jangan sampai mengorbankan kesehatan fisik dan mental, ya, #JagaSehatmu!

Download aplikasi KlikDokter, di sini banyak tips kesehatan untuk kamu yang aktif dan produktif. Tanya dokter online tepercaya juga bisa, gratis dan praktis!

(FR/JKT)

Bekerja dari rumahProduktivitas Kerjakesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait