Sukses

Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?

Punya jerawat membandel buat hati kesal. Apalagi, masalah kulit yang satu ini tak kunjung. Ada yang bilang cara atasi jerawat bisa dengan pasta gigi, benarkah?

Anda memiliki masalah jerawat? Pastinya mengatasi jerawat bagaikan perjuangan tiada akhir bagi Anda. Bahkan, Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menyudahi kehadiran bintik kecil tersebut. Mulai dari perawatan di dokter kulit hingga mengolesi pasta gigi ke bagian wajah yang bermasalah.

Meskipun kecil dan tidak berbahaya, jerawat dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Apalagi jika jerawat muncul di wajah saat hendak menghadiri acara penting. Anda pun akan melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat, termasuk dengan bahan-bahan alami.

Beberapa bahan alami yang dianggap dapat membantu hilangkan jerawat antara lain adalah pasta gigi. Terdapat mitos yang berkembang di masyarakat bahwa pasta gigi dapat membantu menyembuhkan jerawat. Benarkah demikian?

Kenali Jerawat Lebih Dulu Sebelum Mengatasinya

Jerawat merupakan penyakit peradangan kronis pada kelenjar minyak di wajah. Kondisi ini ditandai adanya berbagai macam lesi kulit, seperti komedo, kista maupun bruntus di kulit. Selain itu, jerawat juga seringkali disertai rasa gatal.

Artikel Lainnya: 10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Jika sembuh, jerawat dapat meninggalkan bekas seperti bercak kehitaman maupun ada bagian kulit yang bolong. Jerawat biasanya terjadi di wajah, leher, bahu, lengan atas, dada dan punggung. Meski begitu, jerawat juga dapat timbul di area kulit lain yang mengandung kelenjar minyak, seperti pada bokong atau paha.

Pengobatan jerawat tergantung dari tingkat keparahannya. Misalnya, wajah berjerawat ringan akan ampuh jika diberikan pengobatan oles saja tanpa obat minum. Sedangkan pada jerawat sedang hingga berat, umumnya diberikan obat oles dan juga obat minum.

Obat oles yang diberikan dapat berupa turunan vitamin A (seperti asam retinoat), antibiotik, asam salisilat ataupun asam azaleat. Pilihan obat minum yang dapat diberikan pada pasien berjerawat ringan dan berat antara lain antibiotik, isotretinoin maupun pil kontrasepsi.

1 dari 3 halaman

Pasta Gigi Sebagai Obat Jerawat

Selain pengobatan medis yang disebutkan di atas, terdapat beberapa bahan yang dianggap dapat mengobati jerawat. Salah satunya adalah pasta gigi. Pasta gigi dianggap dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, termasuk mengeringkan serta mengempeskan jerawat.

Pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia, seperti gliserin, sorbitol, kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, maupun baking soda. Sebenarnya, pasta gigi diformulasikan khusus untuk gigi, bukan untuk kulit wajah.

Artikel Lainnya: Sudah Bukan Remaja tapi Jerawat Masih Muncul, Ini 6 Penyebabnya

Perlu Anda ketahui, bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam pasta gigi aman untuk gigi Anda. Namun, bahan-bahan tersebut sesungguhnya dapat menyebabkan iritasi di kulit wajah. Bahkan, dapat menimbulkan keluhan rasa terbakar dan ruam pada kulit.

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif dan kering, penggunaan pasta gigi di kulit selain dapat menyebabkan iritasi, juga dapat menyebabkan kulit bertambah kering. Kulit yang terlalu kering dapat merangsang produksi kelenjar minyak dan malah dapat menyebabkan jerawat bertambah banyak.

Jadi, sebenarnya penggunaan pasta gigi untuk atasi jerawat kurang tepat. Sebaiknya, Anda tidak mengoleskannya di wajah. Lebih baik konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat oles yang tepat.

2 dari 3 halaman

Pilih Bahan Alami Ini untuk Atasi Jerawat

Jika ingin mencoba bahan alami untuk mengatasi jerawat, Anda dapat memilih beberapa bahan berikut ini. Misalnya, tea tree oil dan lidah buaya. Menurut penelitian yang dilansir di Journal of Cosmetic Dermatology pada tahun 2019, dilaporkan bahwa bahan-bahan tersebut terbukti efektif mengatasi jerawat.

Keampuhannya hampir sama jika dibandingkan dengan larutan benzoyl peroksida 2.5%. Tea tree oil berasal dari pohon Melaleuca alternifolia. Kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki efek anti-peradangan dan anti-mikroba yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kandungannya juga meredakan kulit yang sedang mengalami iritasi. Sedangkan lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mineral dan asam amino. Kandungan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi kulit yang iritasi, meredakan peradangan dan mencegah infeksi pada kulit.

Dari berbagai penelitian, disebutkan bahwa pasta gigi dapat berisiko menyebabkan iritasi dan menyebabkan jerawat bertambah parah sehingga tidak disarankan untuk atasi jerawat.

Meski beberapa bahan alami terbukti dapat mengurangi peradangan atau atasi jerawat, tetap saja ada risiko menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, sebelum mencoba berbagai bahan alami, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan lakukan tes alergi.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar