Sukses

Manfaat Les bagi Perkembangan Otak Anak

Saat ini, les sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang pendidikan anak. Sebenarnya, apa sih manfaat les bagi perkembangan otak anak?

Mengembangkan potensi dan kemampuan otak anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua 'zaman now'. Biasanya, salah satu trik yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan mengikutkan si buah hati ke sebuah tempat les. Sebenarnya, apa sih manfaat les pada perkembangan otak anak?

Les sesuai kebutuhan anak

Pada dasarnya, Anda tidak perlu untuk mengikutkan si Kecil pada semua jenis les. Orang tua diharapkan mampu 'membaca' kebutuhan anak dan menyesuaikan perkembangan cara berpikir si Kecil agar sesuai umurnya.

Misalnya, jika si Kecil cenderung memiliki sifat penakut atau tidak percaya diri, orang tua mempertimbangkan les yang dapat merangsang tumbuhnya keberanian, seperti bela diri atau menyanyi.

Atau jika orang tua menemukan bahwa nilai si Kecil tidak begitu baik dalam pelajaran matematika, Anda bisa mendorong anak untuk mengambil les matematika untuk mengejar ketertinggalan.

Memang benar bahwa orang tua perlu membiasakan anak agar mampu menentukan pilihannya sendiri, termasuk ketika memilih jenis les. Namun, pada usia yang masih sangat muda, anak-anak tetap perlu dibantu dengan cara mengarahkan agar pilihan kelas yang diambil sesuai dengan bakat si Kecil.

Cari tahu manfaatnya lebih banyak

Lebih dari itu, ternyata masih banyak manfaat les bagi perkembangan otak si Kecil. Yuk, bahas satu per satu di sini.

  • Belajar dengan lebih santai

Biasanya kelas les akan dilakukan pada sore hari setelah jam sekolah. Pakaian yang digunakan saat belajar pun cenderung lebih bebas dan tidak perlu seragam seperti ketika di sekolah formal.

Hal ini membentuk suasana belajar yang lebih rileks. Anak-anak pun bisa belajar lebih santai dan menyenangkan, jauh berbeda dari kesan sekolah yang cenderung kaku.

  • Melatih anak menjadi lebih berani

Kelas les yang jumlah muridnya lebih sedikit daripada kelas formal, secara tak langsung dapat melatih anak menjadi pribadi yang lebih berani dalam bertanya dan berdiskusi. Sebab, dia berhadapan dengan teman-teman yang lebih sedikit dan guru yang lebih dekat secara personal.

Bagi si Kecil yang cenderung pemalu, mengikuti kelas les seperti ini dapat sangat membantu merangsang kepercayaan dirinya.

  • Metode belajar kreatif

Cara belajar yang diterapkan di sekolah formal biasanya sangat jauh berbeda dengan di tempat les.

Metode belajar yang lebih bervariasi memang menjadi keunggulan sekolah informal seperti tempat les. Misalnya, teknik menghafal yang diajarkan di tempat les terbukti membuat anak-anak menjadi lebih mudah menangkap pelajaran.

  • Membiasakan anak aktif mencari ilmu sejak dini

Nah, mental anak untuk mempelajari hal-hal baru juga dapat dibangun dengan merangsang mereka untuk mengikuti kelas-kelas les yang menyenangkan sejak dini. Misalnya berenang, bermain berbagai macam alat musik, hingga les memasak.

Keterampilan-keterampilan seperti ini akan membuatnya percaya bahwa sejatinya dia dapat belajar berbagai macam hal. Anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang selalu haus akan belajar.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Biasanya ini adalah alasan utama mengapa orang tua mengarahkan anaknya untuk mengambil kelas les.

Selain membantu untuk meningkatkan prestasi anak di sekolah, les juga akan meningkatkan intensitas belajar anak dengan metode yang lebih menyenangkan.

1 dari 2 halaman

Lengkapi dengan nutrisi

Nah, untuk menunjang beragam aktivitas les tersebut, Anda harus memperlengkapi si Kecil dengan asupan nutrisi lengkap. Selain asupan sehat dan bergizi tinggi, Anda dapat memberikan anak Blackmores Kids Fruity Fishes.

Suplemen yang berasal dari ikan laut dalam, ini mengandung minyak ikan 500 mg, omega-3 sebanyak 300 mg, serta vitamin E 11 mg. Komposisi ini menjadikan Blackmores Kids Fruity Fishes suplemen sempurna untuk membantu perkembangan otak dan proses belajar dan membantu kesehatan mata anak.

Suplemen tanpa rasa amis ini juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tersedia dalam rasa jeruk dan ras, Blackmores Kids Fruity Fishes tidak merusak gigi karena mengandung pemanis alami dari xylitol.

Manfaat les dapat dirasakan maksimal apabila sesuai dengan kebutuhan dan minat sang anak. Dengan les yang tepat pula, perkembangan otak anak dapat berjalan optimal. Anda juga dapat mendukung dengan memberi nutrisi yang lengkap dan bervariasi, serta tambahan suplemen Blackmores Kids Fruity Fishes untuk sang buah hati.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar