Sukses

5 Cara Menghilangkan Timbunan Lemak di Perut

Anda merasa memiliki timbunan lemak di sekitar perut. Pastinya, ini mengganggu penampilan Anda. Supaya bisa menguranginya, ini dia cara menghilangkannya.

Liburan usai, tanda usai sudah penampilan ideal Anda. Hal ini karena selama liburan berat tubuh Anda mengalami peningkatan. Bahkan, bagian perut membuncit seperti lemak yang tertimbun di dalam perut. Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan timbunan lemak tersebut? Simak ulasan berikut.

Mengapa berat badan bisa meningkat selama liburan? Sebenarnya, hal ini disebabkan karena adanya perubahan aktivitas Anda.  Umumnya, jalan-jalan ke berbagai tempat hiburan, rekreasi dan kuliner sangatlah mengasyikan. Sayangnya tidak banyak orang yang masih mau berolahraga selama musim liburan.

Hal inilah yang menyebabkan berat badan Anda menjadi tidak terkontrol dengan baik. Beberapa orang mungkin hanya mengalami peningkatan berat badan tanpa disertai perubahan fisik yang jelas. Ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki distribusi lemak yang merata di seluruh tubuh.

Namun, ada juga sebagian orang yang distribusi lemaknya berada di daerah perut. Kondisi ini membuat perubahan fisik mudah sekali terlihat. Untuk mengembalikan tubuh khususnya perut ke bentuk yang lebih ideal seperti sebelum berlibur, ikuti cara berikut ini!

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Lemak Perut Berbahaya bagi Kesehatan

  1. Mengubah Sumber Karbohidrat

Sumber karbohidrat bagi kebanyakan orang adalah nasi putih, mie, dan roti. Glukosa pada karbohidrat sederhana lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat membuat Anda lebih cepat lapar lagi setelah makan.

Tidak hanya itu, nasi putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibanding dengan jenis karbohidrat kompleks lainnya. Contoh karbohidrat kompleks adalah gandum, oatmeals, beras merah, dan umbi-umbian seperti kentang, singkong dan ubi.

Dengan indeks glikemik yang rendah, maka glukosa akan diserap lebih lama dalam tubuh sehingga Anda akan menjadi kenyang lebih lama.

  1. Mengurangi Konsumsi Gula

Gula yang dimaksud adalah gula tambahan yang ada pada makanan atau minuman tertentu. Jenis minuman cepat saji, minuman-minuman masa kini, serta makanan seperti kue-kue mengandung gula yang sangat tinggi. Gula yang berlebihan dalam tubuh akan diubah menjadi lemak sebagai cadangan energi. Apabila kita mengurangi konsumsi gula, timbunan lemak juga akan berkurang.

Artikel Lainnya: Mengapa Pria Rentan Alami Penumpukan Lemak di Perut?

  1. Mulailah Berlari

Mengapa Anda harus rutin berlari? Lari merupakan olahraga yang sangat sederhana dan praktis. Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu saja. Walaupun sederhana, berlari dengan benar dapat membakar lemak dengan cepat, termasuk lemak di perut yang sulit hilang.

Dengan jogging selama 30 menit atau jarak tempuh 3-5 km, Anda sudah dapat membakar kalori sekitar 300 kalori tergantung dari berat badan dan kecepatan.

  1. Melatih Otot Perut

Untuk dapat mengecilkan lemak di perut, perlu ditambahkan cara lainnya, yaitu dengan melatih otot perut. Saat otot perut dilatih, lemak-lemak di sekeliling perut dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi. Ingat mengenai gula yang disimpan menjadi lemak?

Ini saatnya menggunakan lemak tersebut sebagai ‘bensin’ untuk melatih otot perut. Alhasil, lemak di sekitar perut dapat berkurang dan massa otot perut juga semakin bertambah.

Melatih otot perut dengan berbagai gerakan. Misalnya, plank, sit-up, crunches, dan leg-raise. Aktivitas olahraga ini juga menambah pembakaran kalori. Bagi laki-laki, mencapai perut six pack akan menjadi semakin mudah. Tentunya, hal ini  tidak menutup kemungkinan dilakukan pada wanita.

Perlu diingat bahwa kombinasi dari perubahan diet atau pola makan dan olahraga haruslah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagian besar penimbunan lemak di perut dapat dihilangkan dengan merubah apa yang kita makan dan melatih otot perut hanya membantu saja. Selamat mencobanya!

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar