Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Daftar Posko Kesehatan di Jakarta Jelang Tahun Baru 2020

Daftar Posko Kesehatan di Jakarta Jelang Tahun Baru 2020

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara untuk pergantian tahun baru. Anda bisa menikmatinya dengan tenang karena ada posko kesehatan yang disediakan.

Beberapa jam lagi masyarakat akan menyongsong tahun 2020. Bagi Anda warga Jakarta, Anda akan dimanjakan dengan berbagai hiburan terutama di daerah jalan Sudirman sampai MH Thamrin. Demi kelancaran acara, pemerintah DKI bahkan sampai membuka posko kesehatan.

Seperti biasa, pergantian malam tahun baru di Jakarta pasti akan gegap gempita dengan berbagai acara. Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan panggung hiburan dan car free night sepanjang jalan Sudirman sampai MH Thamrin yang akan dimulai sejak sore.

Melansir dari Liputan6, lokasi panggung hiburan berada di depan Gedung Balai Kota Jakarta, Pintu Monas Silang Barat Daya, Jl. MH Thamrin depan Gedung Jaya, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Tempat hiburan musik lainnya ada di tepi barat depan UOB, terowongan Jl. Kendal, sekitar Gedung Bawaslu, dan Halte Sarinah. Tidak ketinggalan acara nikah massal di halaman Gedung Balai Kota Jakarta.

 

Menariknya, seperti diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Arifin, kawasan car free night di Jakarta akan bersih dari pedagang kaki lima. Menurutnya, itu sudah menjadi kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

Artikel Lainnya: Bolehkah Anak Ikut Begadang di Malam Tahun Baru?

Pemprov Siapkan Posko Kesehatan

Selain hiburan dan berbagai acara lainnya, pemprov DKI Jakarta juga tak lupa menyediakan berbagai posko, termasuk posko kesehatan. Kurang lebih ada sekitar 20 posko gabungan yang disediakan untuk membantu para warga yang menikmati pergantian malam tahun baru.

Arifin mengatakan, posko gabungan disediakan dari berbagai unsur. Terdiri dari Dinas Kesehatan, Kepolisian, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, dan Satpol PP. Semua disediakan untuk mengantisipasi apabila ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Ia juga mengungkapkan, di acara ramai seperti itu, biasanya ada anak yang terpisah dari orang tua, warga yang sakit, atau tindakan kriminal. Sebagai bentuk antisipasi, disiapkan posko-posko tersebut.

Bagi Anda yang mau ikut merayakan malam pergantian tahun di sekitar pusat Jakarta, Anda bisa memanfaatkan berbagai posko yang sudah disediakan jika mengalami hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, Anda juga harus tertib ketika hendak merayakan tahun baru di tengah banyaknya kerumunan orang.

Artikel Lainnya: Empat Cara Sehat Meski Begadang di Tahun Baru

Hati-Hati Tertular Penyakit

Nah, salah satu yang perlu Anda perhatikan juga saat acara car free night nanti malam adalah ketularan penyakit. Berada di tengah keramaian dapat membuat Anda lebih berisiko tertular beberapa penyakit.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, beberapa penyakit yang bisa menular pada saat keramaian seperti car free night adalah influenza, demam tifoid, campak, hepatitis A, dan cacar air. Semua penyakit yang disebutkan tadi biasanya memang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat menular.

Seperti influenza atau flu, penyakit pernapasan ini bisa saja terjadi pada Anda ketika orang yang mengalami masalah ini batuk di sekitar Anda. Akhirnya, ketika pulang dari perayaan malam tahun baru, Anda malah bisa sakit.

Supaya terhindar dari berbagai penyakit di keramaian, cobalah tips di bawah ini.

1 dari 2 halaman

1. Istirahat Cukup

Sebelum mengunjungi car free night, pastikan Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. Tidur setidaknya delapan jam per hari.

Tidur yang cukup membuat tubuh Anda melakukan proses regenerasi dengan lebih baik. Hal ini membuat seluruh fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan, dapat berfungsi dengan optimal. Alhasil, berbagai penyakit yang ada di luar sana tak mudah hinggap di diri Anda.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air memegang fungsi yang penting dalam menjaga kestabilan fungsi tubuh. Oleh karena itu, jika Anda tak ingin mudah terserang penyakit, minumlah air putih kira-kira 8-9 gelas dalam sehari. Sebaiknya, Anda juga perlu bawa minum sendiri saat hendak car free night.

  1. Jaga Kebersihan Diri

Memastikan diri selalu dalam kondisi bersih adalah cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit. Karena itu, meski sedang berada di acara outdoor, jangan sampai debu atau kotoran melekat pada diri Anda, terutama tangan. Bawa hand sanitizer yang bisa membantu membunuh kuman di tangan Anda.

Jadi, ada banyak posko kesehatan di area perayaan yang bisa membantu Anda dalam keadaan darurat. Selain itu, persiapkan diri Anda agar bisa menikmati malam pergantian tahun tanpa ada gangguan penyakit. Selamat merayakan malam tahun baru!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar