Sukses

Tips agar Resolusi Diet Tahun 2020 Berjalan Lancar

Menurunkan berat badan selalu ada dalam daftar resolusi tahun baru, tapi sering kali kandas di tengah jalan. Agar diet tahun 2020 lancar, ikuti tips ini.

Banyak orang yang tiap tahunnya merencanakan diet sebagai salah satu resolusi tahun baru. Sayangnya, keinginan tersebut seringkali kandas. Bosan dengan resolusi diet yang tak kunjung terwujud? Agar diet di tahun baru ini lancar, ada beberapa tips diet anti gagal yang patut Anda coba!

Permasalahan “klasik”, resolusi tahun baru yang sudah direncanakan sedemikian rupa seringkali berakhir menjadi daftar keinginan semata yang tak terwujud, termasuk untuk mendapatkan berat badan ideal.

Jangan sampai gagal lagi, berikut ini adalah beberapa kunci penting agar rencana diet Anda di tahun ini menuai hasil yang memuaskan.

  1. Atur Target dengan Benar

Anda mungkin memulai diet dengan beragam motivasi, ingin bisa memakai lagi celana jeans yang sudah kekecilan, ingin tampak seperti waktu muda dulu saat menghadiri reuni, dan banyak lagi motivasi lainnya.

Motivasi seperti itu memang tak salah. Namun, bila niatan tersebut dijadikan sebagai target utama, maka ketika tidak tercapai, Anda akan kecewa dan menyerang di tengah jalan.

Artikel lainnya: Diet Detoks vs Diet Mayo, Mana yang Lebih Baik?

Karenanya, atur target dan tujuan diet dengan benar. Misalnya, ingin memiliki otot yang lebih kuat, supaya mampu menggendong anak-anak lebih lama. Bisa juga sesederhana ingin tubuh tetap sehat meski usia terus bertambah.

Sebagai informasi, penurunan berat badan yang disarankan adalah 0,5-1 kg setiap minggunya. Jadi, jangan paksakan diri untuk mengenyahkan berat badan lebih dari angka tersebut, karena malah bisa berdampak buruk bagi tubuh.

  1. Memulai dengan Langkah-Langkah Kecil

Secara perlahan, ubah isi dapur menjadi lebih sehat. Misalnya, mengganti gula pasir dengan gula merah atau madu, beras putih diganti dengan beras merah, membeli bumbu masak yang tidak mengandung MSG, dan lain sebagainya.

  1. Makan Tinggi Serat dan Protein

Diet bukan hanya tentang mengurangi jumlah makanan, tetapi memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi.

Artikel lainnya: 8 Alasan Mengapa Diet Keto Bagus Dijalani

Agar diet sukses, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayuran. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin makan buah dan sayur akan mampu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak mudah naik kembali.

Selain itu, asupan makanan tinggi protein juga perlu diperbanyak. Sebagai menu sarapan, protein akan menjadi sumber kalori yang baik dan membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari.

Dengan demikian, Anda akan tetap bertenaga tanpa harus banyak makan camilan manis. Makanan sumber protein contohnya adalah tahu, tempe, telur, daging, ikan, dan ayam.

  1. Tambahkan Lemak Sehat

Saat diet, Anda memang harus membatasi lemak, tetapi bukan lemak sehat.  Lemak sehat atau lemak tak jenuh tetap diperlukan sebagai sumber kalori dan mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, lemak tak jenuh juga terbukti baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Contoh lemak sehat yang bisa masuk dalam menu diet harian adalah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

  1. Jauhi Makanan Tinggi Gula

Salah satu jenis makanan yang harus dibatasi agar diet berjalan mulus adalah makanan yang tinggi gula.

Makanan dan minuman manis merupakan salah satu penyebab tersering dari kegemukan atau obesitas yang dapat berujung pada komplikasi lain seperti diabetes dan penyakit jantung.

Sebagai langkah awal, pertimbangkan untuk berhenti mengonsumsi minuman bersoda serta minuman dan makanan manis lainnya sebagai resolusi sehat tahun 2020 ini.

  1. Olahraga

Aktivitas fisik merupakan salah satu kunci penting yang kerap terlupakan atau diabaikan dalam program diet. Padahal, tanpa olahraga rutin, upaya penurunan berat badan tak akan lengkap.

Olahraga aerobik seperti jalan kaki, lari, sepeda, dan berenang, merupakan aktivitas fisik yang baik untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Sementara itu, olahraga angkat beban baik untuk memperkuat otot, sehingga Anda mampu melakukan kegiatan aerobik dengan optimal.

Bila keduanya dilakukan dengan benar dan secara rutin, hasilnya akan maksimal. Anda disarankan untuk berolahraga setidaknya 3-5 kali per minggu selama 30 menit setiap sesinya.

Jangan mau lagi gagal, jadikan resolusi diet tahun 2020 ini berhasil. Lakukan tips di atas dengan tekun, konsisten, dan penuh komitmen. Dengan demikian, bukan hanya berat badan yang turun, tubuh pun akan lebih sehat dan bugar. Bila memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan program diet Anda dengan dokter atau ahli gizi supaya diet bisa diatur sesuai dengan kondisi tubuh. Semangat!

(RN/AYU)

1 Komentar