Mata

Pertolongan Pertama Saat Mata Terkena Percikan Kembang Api

dr. Valda Garcia, 24 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saking serunya, tak disangka percikan api mengenai mata saat kamu sedang permain kembang api. Lakukan pertolongan pertama saat mata kena percikan kembang api berikut ini.

Pertolongan Pertama Saat Mata Terkena Percikan Kembang Api

Bermain kembang api adalah salah satu tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Biasanya, aktivitas ini dilakukan pada malam hari raya keagamaan, tahun baru, ataupun ketika sedang berkumpul bersama keluarga.

Baik anak kecil maupun orang dewasa menyukai keindahan api yang dihasilkan benda tersebut. Namun hati-hati, jika terlalu dekat, mata berisiko kena percikannya!

Ada sejumlah langkah pertolongan yang bisa dilakukan apabila mata terkena percikan kembang api. Di bawah ini cara mengobati mata terkena percikan api yang perlu kamu tahu.

Cara Mengobati Mata yang Kena Percikan Kembang Api

Sama seperti pertolongan pertama luka bakar lainnya, ketika mata terkena percikan api, cucilah mata dengan air mengalir. Jangan gunakan air hangat atau air es, ya! Gunakanlah air biasa saja. 

Lalu, bilas hingga 30 menit bila perlu. Biarkan air menetralkan kondisi mata. Selain menggunakan air, kamu juga bisa membilas mata pakai  cairan natrium klorida (NaCl).

Apabila setelah dibilas mata masih terasa kurang nyaman, kamu boleh meneteskan artificial tears atau obat tetes mata. Obat tersebut dapat meringankan kondisi kemerahan pada mata.

Jika tidak memiliki obat tetes mata dan kondisi mata masih merah, kamu dapat melakukan kompres dingin. 

Terkadang, rasa perih, merah, dan lain sebagainya tak langsung muncul. Kondisi yang dinamakan sebagai delay effect ini sebenarnya merupakan tanda adanya infeksi. Jika sudah begitu, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lanjutan.

Sebaliknya, jika mata yang terkena percikan kembang api langsung terasa sangat nyeri, bengkak, disertai pandangan kabur hingga berdarah, segeralah ke rumah sakit.

Nah, di instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit, mata kamu akan diberikan obat tetes untuk mengurangi nyeri yang dirasakan. Lalu, mata akan dicuci menggunakan air steril hingga ke bagian atas dan bawah dari kelopak mata.

Dokter kemudian akan memastikan bahwa tidak ada lagi zat kimia kembang api yang tersisa. Caranya dengan menggunakan derajat keasaman. 

Soalnya, kandungan zat kimia dalam kembang api juga berbahaya. Zat kimia yang dimaksud adalah magnesium hidroksida. Zat ini dapat merusak mata.

Artikel Lainnya: Ini Bahayanya Jika Abu Rokok Kena Mata

Pengobatan dilanjutkan menggunakan obat tetes mata antibiotik dan kortikosteroid. Lamanya proses pengobatan dengan obat tersebut tergantung dari saran dokter. Umumnya, selama tujuh hari dan melalui follow up secara rutin.

Obat minum juga akan diberikan bila perlu, berupa antibiotik dan obat untuk meredakan peningkatan tekanan bola mata. Selama kamu tidak mendapatkan arahan dari dokter, tidak disarankan meneteskan obat apa pun lagi karena dikhawatirkan akan memperburuk kondisi mata kamu.

Apabila kornea mata masih baik, penglihatan kamu tidak akan terganggu. Jika kornea mata sudah berubah menjadi putih, gangguan penglihatan akan terjadi. 

Bahkan, risiko kebutaan juga tinggi dan hanya bisa diatasi dengan keratoplasti, yaitu operasi kerusakan kornea.

Main kembang api boleh-boleh saja, tetapi usahakan untuk tidak memegangnya terlalu dekat, ya! Selain itu, demi menghindari percikan api yang berasal dari atas, gunakanlah topi ketika bermain kembang api.

Jika mata terkena percikan kembang api, lakukanlah sederet langkah pertolongan pertama di atas. Supaya, mata kamu terhindar dari kerusakan.

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan mata lainnya. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai keluhan sakit mata melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter

(ADT/JKT)

MataLuka Bakar

Konsultasi Dokter Terkait