Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Dengar Vitamin Sea? Ini Fakta Pantai Bagus untuk Kesehatan

Sering Dengar Vitamin Sea? Ini Fakta Pantai Bagus untuk Kesehatan

Ingin liburan akhir tahun ke pantai? Ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan! Ketahui manfaat pergi ke pantai untuk kesehatan di sini.

Liburan akhir tahun sudah di depan mata! Mungkin banyak yang telah sampai di tempat tujuan liburan, salah satunya pantai. Tidak hanya indah dipandang, rupanya liburan ke pantai juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Meski liburan ke pantai tetap memiliki risiko-risiko yang mungkin terjadi seperti terpeleset di batu karang, tersengat kepiting, tergelincir ombak laut, dan kulit terbakar, tapi liburan ke pantai juga memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan. Apa saja?

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, berikut manfaat pantai untuk kesehatan. Pastinya, buat Anda dan keluarga ingin kembali ke sana lagi.

  1. Mendapat Vitamin D yang Cukup

Bagi Anda yang belum tahu, salah satu sumber vitamin D terbesar adalah sinar matahari. Sinar matahari yang paling banyak bisa Anda dapatkan adalah ketika Anda berjemur di pantai. Menurut dr. Arina, hampir 90% dosis harian vitamin D dalam tubuh didapatkan dari sinar matahari.

Artikel Lainnya: Antisipasi Tsunami, Lakukan Ini Saat Liburan ke Pantai

“Sumber vitamin yang paling alami dan baik tergantung pada seberapa banyak sinar UVB yang masuk dalam tubuh Anda. Sumber ini bisa didapatkan hanya dari cahaya matahari. Cahaya ini nantinya akan bekerja dengan senyawa terkait kolesterol dan mengubahnya menjadi vitamin D yang baik untuk tulang dan kulit,” ujar dr. Arina pada KlikDokter.

Selain dari sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D tambahan dari susu atau produk olahan susu seperti yoghurt dan keju.

  1. Pasir Bisa Mengangkat Sel Kulit Mati

Tidak hanya sinarnya saja yang baik untuk kesehatan kulit, tapi pasir pantai pun bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Pernahkah Anda merasa bahwa bermain di pasir atau tiduran di atas pasir itu menyenangkan? Jika ya, hal ini karena pasir basah memiliki tekstur lembut yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati di tubuh Anda. Lalu, pasir tersebut juga bisa menjadikan kulit lebih lembut dan cerah.

Artikel Lainnya: Ingin Liburan ke Pantai? Lakukan Ini agar Kulit Tidak Belang

  1. Mengurangi Depresi

Banyak penelitian yang mengatakan seseorang akan lebih bahagia ketika berada di cuaca yang lebih hangat ketimbang mendung atau hujan. Secara alami, sinar matahari memang bisa membuat manusia lebih bahagia dibanding air hujan.

Bahkan, tidak hanya sinar mataharinya yang membuat Anda lebih bahagia. Deburan air ombak dan suara burung di pantai juga dipercaya mampu menenangkan pikiran dan membuat penderita depresi merasa lebih baik.

“Tidak sedikit orang yang sedang cemas dan stres akan pergi ke pantai untuk mendapatkan ‘pengobatan’ alami,” jelas dr. Arina.

  1. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang berjemur di pantai hanya mendapatkan kulit yang ‘gosong’ dan terbakar? Fakta membuktikan berjemur di pantai juga bisa menurunkan berat badan lewat air keringat yang keluar. Hal ini sama saja dengan berdiam diri di dalam sauna, namun dengan cara yang lebih alami dan menyenangkan.

Selain itu, pergi ke pantai juga membuat Anda bergerak lebih banyak ketimbang hanya berdiam diri di dalam rumah. Pergi ke pantai biasanya akan melibatkan aktivitas fisik, seperti berenang, jogging, berselancar, atau bermain air di tepi pantai.

Sebelum bersenang-senang di pantai, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 15 atau 30. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar rumah agar dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. Ulangi penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali agar kulit tetap terproteksi saat Anda bermain di pantai.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika pergi ke pantai saat liburan. Agar tetap aman, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis lainnya.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar