Kehamilan

Mengapa Badan Sering Kedinginan saat Hamil?

dr. Nadia Octavia, 12 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebagian ibu mungkin merasa kedinginan saat hamil. Lalu kenapa ibu hamil sering kedinginan? Kita ulas dengan lengkap di sini, ya!

Mengapa Badan Sering Kedinginan saat Hamil?

Tak hanya peningkatan berat badan dan perut yang membesar, berbagai gejala dan perubahan lainnya dapat ikut muncul saat hamil. Kadang kedinginan saat hamil juga dirasakan.

Kondisi tersebut dapat menjadi hal yang normal, semisal karena cuaca dingin, temperatur ruangan, dan lainnya. Terkadang, usaha tubuh untuk mendinginkan diri adalah dengan membuat rasa kedinginan di cuaca panas.

Namun, penyebab kedinginan saat hamil juga bisa disebabkan berbagai kondisi medis, antara lain:

1. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah yang rendah dapat menjadi penyebab kenapa ibu hamil sering kedinginan. 

Ibu hamil memang tidak boleh memiliki tekanan darah terlampau tinggi. Namun, bumil sebaiknya juga tidak boleh memiliki tekanan darah lebih rendah dari 90/60.

Penyebab rendahnya tekanan darah berasal dari tuntutan peredaran darah tambahan untuk menyuplai darah ke janin yang sedang berkembang. Jika badan dingin, lemas, dan disertai pusing serta pandangan kabur, lebih baik temui dokter.

Artikel lainnya: Lakukan Ini Bila Hemoglobin Bumil Rendah Jelang Persalinan

Jika tekanan darah rendah tetapi tanpa disertai gejala lainnya, maka yang diperlukan hanyalah istirahat. American Heart Association menyatakan, tekanan darah biasanya akan kembali normal sekitar minggu ke-24 kehamilan.

2. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memproduksi sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen. Ketika kondisi itu terjadi, salah satu gejala yang muncul adalah tubuh sering kedinginan. 

Saat hamil, ibu membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak dari biasanya. Fungsinya adalah memasok cukup darah beroksigen untuk bumil dan si kecil. Jika tidak memiliki cukup mineral yang tersimpan di tubuh, perkembangan janin bisa terhambat.

3. Infeksi

Sering kedinginan saat hamil mungkin juga merupakan tanda-tanda infeksi. Lemas, nyeri, dan dingin menggigil bisa menjadi pertanda ibu hamil terserang infeksi virus atau bakteri. 

Rasa menggigil sebenarnya adalah respons kimiawi terhadap kuman yang menyerang dan respons defensif tubuh.

4. Kurang Tidur

Tak cuma bikin sakit kepala dan lemas, kurang tidur ternyata bisa menjadi penyebab kenapa ibu hamil sering kedinginan. 

Sebenarnya, semua keluhan kehamilan pada dasarnya bisa membuat ibu hamil sulit tidur. Nah, ketika bumil sulit tidur, suhu tubuh akan semakin rendah. 

Usahakan untuk memiliki waktu dan kualitas tidur yang cukup agar tidak sering kedinginan atau meriang saat hamil, ya.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau tiroid yang kurang aktif adalah kondisi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Kondisi ini bisa terjadi jika kamu memiliki penyakit autoimun tertentu (disebut penyakit Hashimoto).

Hipotiroidisme juga terjadi saat ada kerusakan pada tiroid, misalnya akibat radiasi. Lalu, kekurangan nutrisi terutama yodium juga bisa menyebabkan hal serupa. 

Artikel lainnya: Gangguan Gigi dan Mulut yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Banyak wanita yang terkena hipotiroidisme ringan tanpa disadari saat memasuki masa kehamilan. Jangan diabaikan, karena hormon tiroid sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. 

Hormon tiroid juga mampu meningkatkan metabolisme serta membantu mengendalikan detak jantung dan suhu tubuh. Tanpa cukup hormon ini, tubuh bumil dan bayi yang dikandung akan mengalami masalah.

6. Gangguan Cemas

Kehamilan dapat menimbulkan perubahan emosi dan menyebabkan gangguan cemas. Salah satu gejala gangguan cemas adalah kedinginan. Selain itu, gejala lain seperti mual, berkeringat, dan dada berdebar juga bisa menyertai gangguan cemas. 

Berdasarkan penelitian dalam The British Journal of Psychiatry tahun 2019, hampir seperempat wanita hamil mengalami gangguan cemas. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil memperoleh dukungan emosional saat hamil. 

Kondisi kedinginan saat hamil bisa menjadi hal normal maupun akibat kondisi tertentu. Jika gejala kedinginan saat hamil berlangsung terus, sebaiknya jangan disepelekan dan segera konsultasi dengan dokter kandungan

#JagaSehatmu selama kehamilan agar tubuh dan bayi yang dikandung tetap dalam kondisi prima! Download aplikasi KlikDokter untuk tahu segala tips kesehatan ibu hamil yang penting.

(FR)

KehamilanKedinginan

Konsultasi Dokter Terkait