Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yuk, Contoh Inggris yang Punya Resolusi Berhenti Merokok

Yuk, Contoh Inggris yang Punya Resolusi Berhenti Merokok

Masih bingung mau menuliskan resolusi sehat apa untuk tahun 2020 yang sebentar lagi tiba? Contoh saja Inggris yang punya resolusi berhenti merokok.

Tahun 2020 akan datang dalam hitungan hari. Apakah Anda saat ini sudah punya resolusi menyambut tahun yang baru? Jika belum, Anda bisa mencontoh Inggris yang bertekad agar masyarakat bisa berhenti merokok pada 2030.

Health Harms, lembaga kesehatan publik Inggris, mengampanyekan agar masyarakat di negeri Ratu Elizabeth itu bisa lepas dari kebiasaan merokok. Lembaga ini pun mendorong 6 juta perokok aktif di Inggris untuk berhenti merokok lewat berbagai cara, mulai dari memvisualisasikan bahaya merokok hingga menaikkan tarif cukai.

Seperti Anda tahu, kandungan nikotin, tar, tembakau, dan aneka senyawa kimia lainnya dalam sebatang rokok mampu merusak kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Salah satunya melalui terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung atau stroke.

Cara Berhenti Merokok

Itulah sebabnya, berhenti merokok bisa menjadi top list bagi para perokok sebagai resolusi tahun baru. Beberapa poin di bawah ini bisa membantu Anda merealisasikan keinginan Anda tersebut:

Artikel Lainnya: Mengungkap Bahaya Nikotin dan Tar pada Rokok

1. Buat Alasan Kuat Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok

Saat berencana berhenti merokok, carilah alasan terkuat sebagai landasan. Bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, anak bisa menjadi sebuah alasan yang sangat kuat. Misalnya, Anda tidak ingin si Kecil terpapar asap rokok yang berbahaya atau ingin punya umur panjang untuk melihat anak tumbuh besar.

"Apa pun itu, pastikan alasan tersebut ditanamkan kuat pada diri Anda. Apabila usaha sebelumnya gagal, jangan jadikan itu sebagai hambatan. Tuliskan alasan-alasan Anda ingin berhenti merokok. Bacalah daftar tersebut sebelum dan sesudah berhenti merokok," saran dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

2. Antisipasi Waktu Anda Sering Merokok

"Merokok tak hanya bagian dari adiksi terhadap nikotin, tetapi juga kecanduan karena alasan psikologis. Karena itu, ketahui alasan Anda merokok. Beberapa alasan seseorang merokok, misalnya saat menyetir mobil, acara sosial bersama teman, situasi penuh tekanan, 'teman' minum kopi, sesudah makan, dan masih banyak lagi," ujar dr. Nadia.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengantisipasi situasi tersebut. Misalnya, rencanakan minum kopi saat sudah tiba di kantor saat Anda sudah tidak bisa lagi merokok.

Artikel Lainnya: 5 Kondisi Buruk Akibat Rokok yang Merusak Penampilan

Jika Anda terbiasa merokok saat menyetir, ambillah rute baru sehingga pikiran Anda dibuat "sibuk" pada jalan yang asing dan teralihkan dari rokok.

1 dari 2 halaman

3. Pilih Tanggal untuk Berhenti Merokok

Tanggal berhenti merokok harus menjadi komitmen Anda terhadap diri sendiri. Pilih tanggal tertentu, tidak perlu harus tanggal spesial. Hindari tanggal di mana Anda memiliki segudang kesibukan, sedang stres, atau menghadiri acara tertentu.

Kalau tahun depan mau tanggal yang ikonik sebagai pengingat, Anda bisa mencoba berhenti merokok pada tanggal 2 Februari 2020 (02.02.2020). "Tuliskan tanggal kapan Anda akan berhenti merokok dan lihat setiap hari. Beri tahu teman-teman atau keluarga yang suportif yang bisa membantu Anda mengingatkan," kata dr. Nadia.

4. Hindari situasi "risiko tinggi"

Hindari situasi di mana Anda akan terdorong untuk kembali merokok, seperti menjauhi teman-teman yang merokok. Bagaimanapun juga, meski teman atau keluarga Anda yang perokok tidak menawarkan Anda untuk merokok, Anda bisa dengan mudah tergoda melihat orang lain merokok.

Jika tidak memungkinkan, buat tangan Anda sibuk seperti memegang pulpen atau bermain handphone. Selalu tanamkan dan tunjukkan pada orang lain bahwa Anda memang sudah berhenti merokok.

5. Jangan Bawa Rokok

Cara lain yang bisa Anda lakukan dengan tidak membawa rokok ke mana pun. Ini juga termasuk alat pendukung lainnya, seperti korek api. Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, tarik napas panjang, hitung hingga 10 dan buang napas.

"Hindari minuman beralkohol. Pilihlah air mineral, teh, atau jus buah. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Hindari juga makanan yang manis atau pedas karena akan membuat Anda ingin merokok. Minta dokter untuk meresepkan produk pengganti nikotin, misalnya dalam bentuk permen," saran dr. Nadia.

Resolusi tahun baru pemerintah Inggris untuk menekan angka perokok aktif patut diapresiasi. Anda pun bisa mencontoh resolusi itu untuk bisa berhenti merokok. Yuk, kumpulkan niat dan bulatkan tekad untuk bisa hidup lebih sehat di tahun yang baru!

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar