Sukses

Punya Masalah dengan Rambut Kering? Ini Solusinya

Rambut kering mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda? Ini yang bisa dilakukan sebagai solusi rambut kering! Ayo, segera mencobanya!

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Tidak heran, kaum hawa berlomba-lomba untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala sebagai upaya mencegah rambut kering. Tentu saja, rambut yang kering dapat sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, kondisi itu bisa membuat penampilan rambut menjadi kaku, kusam dan mudah patah.

Lantas, apakah ada hal yang bisa dilakukan sebagai solusi rambut kering? Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering.

1. Selalu Jaga Kelembapan Rambut

Ada dua cara paling mudah untuk menjaga kelembapan rambut, yakni menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut kering dan menggunakan conditioner sehabis keramas.

Sampo khusus rambut kering akan menjaga kelembapan rambut lebih baik, karena memiliki pH yang lebih rendah dibanding sampo jenis lain. Sedangkan conditioner berfungsi untuk mengembalikan minyak rambut yang hilang sehabis keramas.

Selain itu, conditioner juga bisa menutup kutikula rambut yang terbuka saat keramas, sehingga mencegah rambut mengalami kerapuhan, bercabang dan kering.

2. Gunakan Masker Rambut

Perawatan lain yang dapat digunakan untuk mencegah rambut kering adalah masker rambut. Pilihlah masker rambut yang memang dikhususkan untuk tipe rambut kering.

Artikel Lainnya: Kenali Arti Kondisi Rambut bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa membuat masker rambut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya, lidah buaya, alpukat, minyak zaitun dan minyak kelapa.

1 dari 3 halaman

3. Jangan Terlalu Sering Keramas

Jika Anda keramas setiap hari, minyak alami yang ada di rambut akan hilang. Hal ini akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Oleh karena itu, keramas sebaiknya hanya dilakukan setiap dua hari sekali. Gunakan air dingin saat keramas, dengan sampo yang tidak terlalu banyak.

4. Kurangi Penggunaan Hair Dryer dan Catokan Rambut

Hair dryer dan catokan rambut adalah dua alat penata rambut yang mengandalkan suhu panas. Nah, panas yang dihasilkan dari alat tersebut bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.

Jadi, jangan terlalu sering menggunakan kedua alat ini pada rambut Anda. Jika memang benar-benar ingin menggunakannya, pastikan untuk mengaplikasikan vitamin rambut sebelumnya.

5. Hindari Mewarnai Rambut

Jika rambut Anda mudah kering, sebaiknya urungkan niat untuk mewarnai rambut. Sebab, tindakan ini akan memperparah kondisi rambut Anda yang sedari awal sudah kering.

Artikel Lainnya: Inilah Fakta Menarik Seputar Rambut

6. Lindungi Rambut dari Polusi dan Cahaya Matahari

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan topi untuk menutupi dan melindungi rambut dari paparan polusi maupun cahaya matahari.

Selain melindungi dari polusi dan cahaya matahari, memakai topi juga bisa melindungi rambut Anda dari debu dan kotoran yang juga bisa menyebabkan kekeringan pada ‘mahkota’ di kepala.

2 dari 3 halaman

7. Perbanyak Minum Air Putih

Sama halnya dengan jaringan tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan asupan air yang cukup agar tetap lembap dan terhidrasi.

Dengan minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas dalam sehari, rambut akan tumbuh sehat dengan akar yang kuat. Batang rambut juga yang tidak bercabang.

8. Potong Rambut Secara Teratur

Potong rambut Anda secara berkala. Tidak perlu banyak-banyak, cukup potong ujung rambut saja agar nantinya bisa tumbuh dengan sehat dan tidak bercabang.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda jadikan sebagai solusi rambut kering. Apabila dengan cara tersebut rambut kering masih saja terjadi, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli kecantikan.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar