Sukses

6 Tanda Kalau Anda Butuh Liburan

Mulai bosan, selalu terlihat lelah, dan tidak fokus dengan pekerjaan? Tampaknya, ini tanda-tanda Anda butuh liburan. Tak percaya? Coba cek beberapa gelagat ini.

Mendekati tahun baru, pastinya “hawa” liburan sudah mengisi lingkungan di sekitar Anda. Pastinya, ini membuat Anda jadi kurang termotivasi untuk bekerja. Ditambah lagi, Anda sudah jenuh dan stres dengan beban pekerjaan yang ada. Kalau sudah begini, tampaknya Anda memang butuh liburan. Ini beberapa tanda-tandanya.

1 dari 3 halaman

Mengapa Anda Membutuhkan Liburan?

Liburan sebagai bentuk refreshing terbukti dapat mengurangi tingkat stres, memulihkan kondisi tubuh dan pikiran (recovery), dan meningkatkan kesejahteraan Anda. Namun, liburan yang dimaksud bukan berarti yang mewah, seperti ke luar negeri. Bisa saja hanya melakukan staycation di tempat Anda tinggal.

Hal yang bisa paling penting dari liburan ialah Anda berkesempatan pergi ke suatu tempat. Di sana, Anda dapat berhenti sejenak dari rutinitas, bersenang-senang dengan keluarga atau sahabat, menenangkan diri, menikmati dan mensyukuri hidup. 

Hal ini tentunya membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Apalagi bisa bersama dengan orang yang dicintai selama beberapa waktu. Liburan juga bisa dijadikan cara untuk mendekatkan kembali antara Anda dan orang-orang yang dicintai. 

Artikel Lainnya: 5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi Saat Anda Tidak Pergi Liburan?

Perlu diketahui, jika Anda mengalami stres, maka tubuh akan mengeluarkan hormon stres yang disebut hormon kortisol. Hormon tersebut akan mengakibatkan beberapa perubahan sistem pada tubuh Anda.

Misalnya, meningkatkan asam lambung, tekanan darah, gula darah, kolesterol, denyut nadi, menurunkan daya tahan tubuh (sistem imun), daya ingat, konsentrasi dan mengalami insomnia (sulit tidur). Itu sebabnya, kenali tanda Anda mulai membutuhkan liburan berikut ini.

  • Insomnia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stres dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia. Gangguan kesehatan ini membuat Anda sulit memulai atau mempertahankan tidur.

Kedua hal ini kemudian akan menyebabkan Anda menjadi kurang istirahat. Jika mengalami insomnia, Anda perlu waspada bahwa tubuh sudah terlalu lelah dan membutuhkan liburan alias refreshing.

  • Badan Pegal dan Lelah

Karena Anda mengalami kurang tidur, maka tubuh terasa pegal dan lelah. Di satu sisi, meskipun Anda sudah tidur yang cukup (6-8 jam sehari), tubuh yang terasa selalu lelah, pegal, dan nyeri yang tidak jelas dari asalnya.

Apalagi jika Anda mudah sakit, maka bisa jadi pertanda bahwa tubuh juga sudah mengalami stres dan penyegaran kembali dibutuhkan. Tampaknya pijat juga tidak akan ampuh kalau sudah kondisinya seperti ini.

Artikel Lainnya: 3 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Liburan

  • Sering Terlambat Kerja

Apakah Anda merasa sulit sekali bangun pagi dari tempat tidur? Kesulitan ini membuat Anda jadi sering telat masuk kerja? Jika ya, bisa jadi Anda membutuhkan liburan.

Selain karena alasan di atas, hilangnya motivasi untuk bekerja merupakan tanda bahwa diri Anda sudah mumet dan membutuhkan liburan untuk refreshing. Rasanya sudah tidak ada keinginan atau motivasi bekerja padahal Anda menyukai pekerjaan tersebut.

  • Hilang Fokus

Saat bekerja, Anda jadi sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang sebenarnya tidak penting. Selain itu, pekerjaan jadi tidak cepat selesai. Bahkan, Anda lambat menanggapi pembicaraan dan pikiran jadi mudah terdistraksi. Ini merupakan tanda hilangnya fokus dan konsentrasi.

  • Selalu Memikirkan Pekerjaan

Tidak salah memikirkan pekerjaan karena memang tanggung jawab Anda. Ketika hal ini merupakan satu-satunya yang berada di pikiran Anda walau sedang weekend atau hari libur, artinya Anda perlu berhenti sejenak dan memikirkan hal yang lain. 

Tentunya ini merupakan tanda Anda terlalu banyak bekerja dan bisa diatasi dengan liburan. Bila diteruskan, Anda bisa mengalami stres berat ataupun depresi.

  • Pelarian

Tekanan, tuntutan, dan tanggung jawab yang perlu Anda penuhi selama ini menyebabkan Anda stres sehingga membutuhkan penyegaran segera. Jika penyegaran tersebut dijadikan pelarian dari stres dengan cara yang tidak sehat.

Misalnya, mengonsumsi alkohol, makan makanan manis secara berlebihan, dan mengisi waktu kosong hanya dengan berbaring dan menonton televisi. Itu tandanya Anda membutuhkan liburan sebagai jawabannya.

Liburan diperlukan sebagai suatu momen untuk menyegarkan tubuh dan pikiran Anda dari rutinitas. Apalagi jika sudah mengalami tanda seperti di atas. Berlibur juga tidak perlu yang mewah melainkan lebih mengedepankan waktu berkualitas untuk diri Anda bersama keluarga dan sahabat. Ada pepatah yang mengatakan,”bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja.” Selamat berlibur!

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar