Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Dilupakan, Jadikan Kesehatan Mental sebagai Resolusi Tahun Baru

Sering Dilupakan, Jadikan Kesehatan Mental sebagai Resolusi Tahun Baru

Sudah susun resolusi untuk tahun baru 2020? Jika sudah, apakah Anda telah memasukkan untuk tingkatkan kesehatan mental yang lebih baik di tahun baru?

Tahun baru 2020 tinggal menghitung hari. Biasanya banyak yang mengenang kembali apa yang sudah dicapai dan tercapai. Namun, sadarkah, kalau tahun 2019 ini belum mengutamakan pentingnya kesehatan mental bagi hidup Anda? Coba deh khusus tahun 2020, Anda tulis misi di agenda untuk tingkatkan kesehatan mental sebagai resolusi baru.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Kenapa perlu jadi resolusi? Sebab, menjaga kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Pasalnya, kesehatan mental adalah penopang kesehatan fisik. Dengan kesehatan mental yang baik, kesehatan fisik Anda juga akan ikut baik. Sebaliknya, apabila kesehatan mental Anda tidak dijaga, berdampak buruk pula pada kesehatan fisik.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menjaga kesehatan mental sebagai salah satu resolusi penting di tahun 2020. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental Anda di tahun yang baru nanti, antara lain sebagai berikut ini.

  1. Berperilaku Baik pada Diri Sendiri

Sering kan dengan ungkapan self love? Ya, kadang kita lupa memperhatikan diri sendiri. Sementara setiap manusia melakukan kesalahan, begitu pula dengan diri Anda.

Artikel Lainnya: 7 Cara Memperbaiki Kesehatan Mental

Namun, jangan sampai kesalahan tersebut menguasai dan mengendalikan diri Anda sehingga menjadi tidak memiliki arah. Akan lebih baik jika Anda menganggap kesalahan tersebut sebagai proses pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Penelitian menunjukkan bahwa tenggelam dalam kesalahan hingga memberikan kritik pedas pada diri sendiri secara terus menerus bisa meningkatkan stres dan menurunkan produktivitas. Kondisi tersebut juga bisa memicu penyakit mental seperti depresi.

Karenanya, maafkan segala kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. Jadikan sebagai batu loncatan untuk memperbaiki diri agar Anda bisa bersikap lebih bijak lagi sehingga tidak jatuh ke lubang yang sama. Maka, Anda harus terapkan self love, ya.

  1. Menetapkan Prioritas

Pastikan resolusi yang ada susun untuk tahun 2020 bersifat realistis dan tidak terlalu banyak atau rumit. Fokuskan tubuh dan pikiran Anda untuk mewujudkan resolusi tersebut. Jangan mudah terpengaruh, apalagi dengan hal-hal yang bisa membuat beban Anda dalam mewujudkan resolusi tersebut semakin jauh.

Artikel Lainnya: 7 Jenis Terapi yang Penting untuk Kesehatan Mental

Tetapkan batasan diri agar Anda tidak terlalu berkomitmen pada banyak target. Fokus pada satu hal dalam satu waktu bisa membuat beban pikiran Anda sedikit lebih rendah sehingga goal yang diinginkan juga lebih mungkin untuk dicapai.

  1. Bermeditasi

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa meditasi adalah cara paling baik untuk menjaga kesehatan mental. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa manfaat meditasi untuk kesehatan mental jauh lebih besar daripada pergi liburan.

Oleh sebab itu, cobalah untuk bermeditasi paling tidak selama 10 menit setiap pagi. Hal ini akan membuat stres Anda menghilang, meningkatkan mood, mempertajam memori, meningkatkan mood dan membuat kualitas tidur lebih baik. Pada akhirnya kesehatan mental dan fisik Anda akan lebih terjaga.

  1. Cukupi Waktu Tidur dan Rutin Olahraga

Apakah di tahun 2019 ini Anda sering begadang sehingga kekurangan waktu tidur? Jika iya, Anda sebaiknya berusaha memperbaiki perilaku tersebut di tahun mendatang. Anda disarankan untuk tidur di malam hari dengan durasi 7-9 jam.

Bukan hanya membantu mengembalikan energi tubuh, nyatanya cukup tidur juga bisa meningkatkan suasana hati, ingatan, kewaspadaan, kreativitas bahkan produktivitas Anda sehari-hari. Dengan cukup tidur setiap hari, Anda juga akan terhindar dari penyakit pembuluh darah dan depresi.

Tidak jauh berbeda, olahraga yang dilakukan secara rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Anda disarankan untuk berolahraga dengan durasi 30 menit sebanyak 5 kali dalam  seminggu. Pilih jenis olahraga yang paling Anda sukai, agar tidak membebani ketika harus melakukannya hampir setiap hari.

  1. Kontrol Rutin ke Dokter

Seperti diketahui bahwa penyakit tidak hanya membebani fisik, tapi juga kondisi mental Anda. Apalagi jika penyakit tersebut sudah mencapai tahap selanjutnya sehingga memberikan gejala yang membuat Anda kesulitan beraktivitas.

Maka dari itu, periksa ke dokter secara berkala juga tidak kalah penting dalam upaya meningkatkan kesehatan mental. Dengan memeriksakan diri ke dokter, penyakit bisa dideteksi sejak dini sehingga pengobatan juga akan lebih optimal.

Kesehatan yang sempurna berawal dari kondisi fisik dan mental yang terjaga. Oleh sebab itu, upayakan agar kesehatan mental Anda bisa lebih baik lagi di tahun 2020 nanti. Jika Anda kesulitan dalam meningkatkan kesehatan mental, berkonsultasi ke dokter atau psikiater adalah tindakan yang tepat.

[RPA/AYU]

1 Komentar