Saraf

Sakit Kepala saat Tahun Baru, Ini Cara Mengatasinya

Tamara Anastasia, 29 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit kepala bisa muncul saat kurang tidur setelah perayaan tahun baru. Agar tak lama-lama mengganggu Anda, cari tahu cara mengatasinya di sini!

Sakit Kepala saat Tahun Baru, Ini Cara Mengatasinya

Setiap orang dan keluarga punya cara masing-masing untuk merayakan malam tahun baru. Ada yang kumpul-kumpul hingga larut malam bersama keluarga, begadang dengan teman-teman, atau ikut pawai sepanjang malam keliling kota bersama komunitas. Hal-hal ini dapat memunculkan keluhan sakit kepala di keesokan harinya.

Hal ini pun turut dibenarkan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Menurut dia, selain kurangnya waktu tidur, biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh stres, pola makan tidak teratur, serta kelelahan.

Pada umumnya, sakit kepala memang akan sembuh dengan sendirinya setelah penyebabnya diatasi. Namun, jika sakit kepala terjadi terus-menerus, maka perlu penanganan khusus untuk mengobatinya.

Tips Atasi Sakit Kepala

Akan tetapi, sebelum Anda buru-buru mengambil obat pereda sakit kepala, ada beberapa cara alami untuk meredakan sakit kepala usai perayaan tahun baru. Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi dan olah napas, dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Tidak perlu sampai ikut kelas meditasi atau yoga, Anda bisa menggunakan kamar atau lokasi yang tenang di rumah.

Duduk dan pejamkan mata Anda sambil menarik napas selama lima detik dan buang selama lima detik juga. Selain itu, berendam air panas juga bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih santai. Pada akhirnya, ini akan membuat kepala jadi terasa lebih enteng dan tidak pusing lagi.

  1. Hindari Makanan yang Memicu Sakit Kepala 

Dijelaskan dr. Anita Amalia Sari kepada KlikDokter, beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu timbulnya sakit kepala.

“Hindari makanan yang mengandung monosodium glutamate (MSG), nitrat (seperti hotdog dan sosis), dan tyramine (seperti piza dan keju jenis tertentu). Selain itu, minuman beralkohol juga bisa memicu sakit kepala,” tutur dr. Anita.

Artikel Lainnya: Apakah Sering Sakit Kepala Tanda Adanya Kanker Otak?

  1. Kompres dengan Air Hangat atau Dingin

Jika Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan ketegangan otot, kompres hangat atau dingin dapat membantu mengurangi keluhan. Dr. Anita mengatakan apabila Anda mengalami migrain, cobalah mengaplikasikan kompres dingin di dahi Anda selama tidak lebih dari 15 menit. 

Jika Anda sakit kepala akibat otot tegang (tension headache), menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, Anda membutuhkan kompres hangat di area leher atau belakang kepala.

“Terapi ini dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang sakit, dan melemaskan otot yang tegang,” tutur dr.Alvin.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum sakit kepala. Ketika Anda tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh, volume darah akan menurun secara keseluruhan. Anda dapat meredakan sakit kepala akibat kurang minum dengan mengoonsumsi air minimal 8 gelas atau 2 liter per hari.

Artikel Lainnya:

  1. Batasi Minuman Alkohol 

Menurut dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, minum minuman beralkohol memang bisa jadi satu pemicu yang paling kuat penyebab sakit kepala. Saat diminum secara berlebihan, alkohol bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, mual, dehidrasi, dan gangguan pencernaan.

Karena itu, untuk sementara waktu hindari minum alkohol saat sedang pusing. Lebih baik, perbanyak konsumsi air putih.

  1. Istirahat yang Cukup

Setelah begadang semalaman, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setelahnya. Anda tetap diminta tidur sekitar 7-8 jam setelah begadang semalaman.

Pastikan juga Anda konsumsi makanan yang bernutrisi dan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Misalnya, makanan cepat saji dan makanan yang dibakar dalam suhu tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala setelah malam tahun baru. Jika sakit kepala tidak kunjung membaik dan semakin parah, Anda disarankan untuk memeriksakan hal ini ke dokter. Selamat merayakan tahun baru! 

[HNS/AYU]

Tahun BaruSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait