Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Nyaman dan Sehat Saat Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Tips Nyaman dan Sehat Saat Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Saat naik pesawat, terutama pada penerbangan jarak jauh, kenyemanan merupakan hal penting. Simak cara agar tetap nyaman saat naik pesawat di sini.

Anda berniat liburan akhir tahun dengan mengunjungi tempat jauh menggunakan pesawat terbang? Kalau iya perlu diingat, selain potensi alami bosan dan pegal, berlama-lama di pesawat juga bisa bikin gangguan kesehatan.

Salah satunya adalah bekuan darah dalam pembuluh darah yang dikenal dengan istilah deep vein thrombosis (DVT).

Pada kondisi ini, terjadi pembentukan pembekuan darah (thrombus) pada pembuluh darah vena dalam. DVT sering ditemukan adalah pembuluh vena pada paha atau kaki, walaupun bisa ditemukan pada bagian tubuh lain.

DVT biasanya dikaitkan dengan kondisi tidak bergerak (imobilisasi) dalam waktu yang lama. Salah satunya saat berada di perjalanan jauh. Untuk mencegahnya, ini beberapa tips naik pesawat yang dapat dilakukan.

1 dari 6 halaman

1. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Jika Anda berencana menggunakan pesawat untuk bepergian, persiapkanlah jenis pakaian yang Anda gunakan. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat membuat Anda tidak nyaman naik pesawat.

Menggunakan baju atau celana yang terlalu ketat selama perjalanan, bahkan dapat mengganggu aliran darah pada daerah tertentu. Pilihlah pakaian yang longgar dengan bahan yang adem agar sirkulasi udara tetap baik.

Artikel lainnya: 5 Kondisi Kesehatan yang Dilarang Naik Pesawat

2. Berjalan secara Berkala

Tips naik pesawat berikutnya adalah berjalan secara berkala di kabin pesawat. Untuk melepas rasa penat, Anda dapat berdiri dan berjalan pada lorong pesawat secara berkala.

Berjalan secara berkala akan merangsang aliran darah untuk berjalan sehingga menghindari keadaan aliran darah yang tidak lancar.

Aliran darah yang tidak optimal dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah.

2 dari 6 halaman

3. Olahraga Ringan

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan selama penerbangan? Bahkan, terdapat beberapa jenis latihan yang bisa Anda coba saat duduk.

Melakukan latihan ini dapat membantu menjaga aliran darah Anda dan mengurangi risiko pembekuan darah. Gerakan yang patut dicoba itu adalah:

  • Rentangkan kaki lurus ke depan dan tekuk pergelangan kaki. Tekuklah pergelangan kaki ke atas dan ke bawah. Anda juga dapat menekan lantai ke bawah dengan jari kaki. Ulangi sebanyak 10 kali.
  • Lepaskan sepatu Anda jika perlu. Jika tidak ada ruang untuk meluruskan kaki, mulailah dengan telapak kaki dipijakkan pada lantai. Lalu tekan ke bawah dan gerakkan jari-jari kaki sambil mengangkat tumit dari lantai.

Selanjutnya, letakkan tumit Anda kembali ke lantai. Ulangi gerakan ini 10 kali.

Artikel lainnya: Naik Pesawat setelah Operasi, Boleh atau Tidak?

4. Pastikan Anda Minum Cukup

Asupan cairan yang cukup diperlukan setiap orang yang bepergian. Jadi, pastikan asupan cairan cukup agar menjaga stamina tetap baik. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi sehingga badan terasa lemas.

Bahkan, jika kebutuhan cairan tidak dicukupi terus-menerus, Anda dapat menderita gangguan ginjal dan peningkatan risiko batu ginjal.

3 dari 6 halaman

5. Makan Secukupnya

Tips penerbangan jarak jauh selanjutnya adalah dengan makan tidak terlalu kenyang. Selama penerbangan jarak jauh, Anda biasanya disuguhi berbagai jenis kudapan dan makanan berat.

Untuk menghindari perut terasa penuh dan mual, hindari makan secara berlebihan selama penerbangan.

Asupan makanan yang berlebihan selama penerbangan dapat meningkatkan keluhan kembung, dan perut terasa begah. Hal ini khususnya mudah dialami oleh penderita gangguan asam lambung.

6. Hindari Konsumsi Camilan Terlalu Banyak

Selain dapat membuat mual, camilan yang disediakan di pesawat—khususnya makanan ringan—mengandung garam yang cukup tinggi. Hal itu bisa membuat Anda merasa lebih cepat haus.

Terlebih jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya hal ini dihindari.

Artikel lainnya: Cara Mudah Mencegah DVT Saat Naik Pesawat

4 dari 6 halaman

7. Gunakan Krim Pelembap

Selain kesehatan dan metabolisme tubuh harus diperhatikan, kesehatan kulit juga harus menjadi perhatian. Kelembapan udara di kabin pesawat cukup berbeda dengan di darat. Risiko kekeringan kulit pun meningkat.

Sangat disarankan untuk menggunakan pelembap pada tangan dan wajah agar terhindar dari keluhan kulit kering.

8. Hindari Menggunakan Make-up

Ketika berada di dalam perjalanan yang cukup panjang menggunakan pesawat, sebaiknya hindari penggunaan make-up.

Alasannya, riasan wajah bisa meningkatkan risiko kulit berjerawat jika tidak dibersihkan dalam jangka waktu panjang.

5 dari 6 halaman

9. Sesuaikan Jam Tidur

Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya akan terjadi jet lag karena perbedaan waktu antara tempat asal dengan tujuan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur pola tidur saat berada di pesawat. Ketika tiba di tempat tujuan Anda dapat langsung beraktivitas tanpa mengalami jet lag yang berarti.

10. Siapkan Bantal Leher

Mungkin tidak semua maskapai menyediakan bantal leher bagi setiap penumpang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membawanya dari rumah dengan memilih ukuran yang tepat serta bahan yang nyaman.

Penggunaan bantal leher dapat membantu Anda tidur lebih nyaman dan terhindar dari keluhan nyeri pada otot leher.

Setelah tahu tips naik pesawat di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi melakukan penerbangan jarak jauh. Ketika sampai tempat tujuan berlibur pun tubuh Anda akan terasa nyaman dan segar.

Bila masih ada pertanyaan seputar menjaga kesehatan selama liburan, konsultasikan kepada dokter lewat fitur Live Chat.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar