Sukses

4 Camilan Sehat untuk Teman Nonton di Bioskop

Apakah Anda suka ngemil popcorn saat nonton di bioskop? Jika ya, yuk sekarang coba makan camilan yang lebih sehat seperti berikut!

Siapa yang tidak suka ngemil? Menonton film di bioskop tentunya kurang asyik jika tidak ditemani camilan. Jangan kira semua camilan itu tidak baik untuk kesehatan, lho. Masih banyak pilihan camilan yang lebih sehat dan baik untuk kesehatan Anda.

Mau makan camilan sambil menonton namun tidak menambah ukuran lingkar perut Anda? Kini sudah tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa pilihan camilan sehat yang dapat Anda pilih sebagai ‘teman nonton’ di bioskop yang tidak akan membuat Anda merasa bersalah.

Berikut jenis camilan yang baik untuk kesehatan.

1. Cokelat Hitam

Apakah Anda pencinta cokelat? Jika ya, ada kabar baik untuk Anda! Para peneliti menyimpulkan, makan cokelat hitam yang kaya flavanol dalam jumlah yang sedang, baik untuk kesehatan jantung. Rasanya yang manis pahit membuat cokelat hitam menjadi camilan yang terasa ringan dan tidak membuat enek.

Selain itu, camilan ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Senyawa dalam kakao yang disebut epicatechin dikatakan dapat meningkatkan nitric oxide, yaitu zat yang berperan untuk kesehatan pembuluh darah. Namun, jangan sembarangan memilih cokelat. Pastikan pilih cokelat hitam dengan kadar kakao 70%. Hindari asupan cokelat susu yang berlebihan karena kandungan gula dan lemaknya tinggi.

2. Yoghurt

Penelitian menunjukkan, yoghurt menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Yoghurt rendah lemak bisa menjadi pilihan Anda untuk camilan selama menonton film di bioskop. Produk olahan susu ini baik untuk kesehatan karena mengandung bakteri baik yang dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan Anda.

Artikel lainnya: Resep Mudah Membuat Camilan Sehat untuk Anak

Dalam memilih yoghurt, pastikan Anda mengonsumsi yoghurt rendah lemak tanpa tambahan gula atau pemanis. Untuk menambah kenikmatannya, Anda dapat menambah beberapa potong buah segar favorit seperti stroberi dan mangga. Bisa juga ditambahkan kacang-kacangan tanpa bumbu atau granola.

1 dari 2 halaman

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin, mineral, dan kadar lemak jenuhnya rendah. Penelitian menunjukkan, orang yang makan kacang seperti kenari, almond, hazelnut, dan pistachio sebanyak 2-4 kali per minggu memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibanding orang yang makan lebih sedikit.

Namun, hindari camilan kacang yang diberikan perasa asin dan gula. Kandungan garam yang tinggi tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Jadi, pilih kacang yang direbus atau dipanggang sebagai pilihan camilan selama menonton film di bioskop. Ketika membeli camilan kacang di pasaran, teliti dan perhatikan kadar garam atau gula di dalamnya.

4. Apel

Ada pernyataan populer yang berbunyi “makan satu buah apel per hari membuat Anda jauh dari dokter”. Ternyata ucapan ini bukan isapan jempol belaka. Asupan apel yang rutin baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi apel secara teratur, risiko stroke akan menjadi lebih rendah.

Apel adalah buah yang dapat ditemukan dengan mudah dan terjangkau. Buah ini juga praktis dan dapat dibawa ke mana-mana, termasuk ke dalam bioskop. Jadi, buah apel dapat Anda jadikan salah satu kudapan saat menonton film favorit Anda. Pastikan apel yang Anda bawa sudah dicuci bersih agar terhindar dari kuman.

Bila Anda ingin tetap bisa ngemil dan menjaga kesehatan tubuh, pilihlah beberapa camilan sehat di atas saat menonton di bioskop. Tapi, terdapat beberapa hal penting yang perlu Anda ingat. Pola hidup sehat tidak hanya melibatkan pola makan yang baik, namun juga memerlukan pola olahraga teratur, istirahat cukup, dan kelola stres yang baik!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar