Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Disangka, Manfaat Popcorn Justru Bisa Turunkan Berat Badan!

Tak Disangka, Manfaat Popcorn Justru Bisa Turunkan Berat Badan!

Sebagai camilan yang sering dijadikan teman nonton bioskop, popcorn ternyata mengandung variasi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Cek di sini yuk!

Nonton bioskop terasa kurang berkesan tanpa kehadiran popcorn. Wanginya yang menggoda dan rasanya yang gurih, selalu berhasil membuat penonton di bioskop terhipnotis untuk membelinya. Lalu, memangnya benar manfaat popcorn tidak hanya sebagai ‘teman’ nonton saja? Adakah manfaat baiknya untuk kesehatan?

Apa Itu Sebenarnya Popcorn?

Camilan yang memiliki bahan dasar bulir jagung ini memang dapat dikonsumsi segala usia, mulai dari anak hingga orang dewasa. Varian rasanya pun beragam, mulai dari popcorn plain, asin, pedas, hingga manis dan karamel.

Proses pembuatan popcorn yang sedikit atau sama sekali tidak melibatkan minyak maupun mentega juga membuat camilan ini tergolong baik untuk kesehatan Anda. Benarkah demikian?

Faktanya, popcorn adalah jenis makanan yang terbuat dari gandum utuh. Ini berarti bahwa makanan yang punya sebutan berondong ini juga mengandung berbagai variasi nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa studi bahkan mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi pada popcorn bisa memberikan manfaat sehat bagi tubuh sebagai berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Karena terbuat dari gandum utuh, popcorn mengandung kadar serat yang tinggi. Seperti diketahui bahwa serat adalah senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna.

Dengan konsumsi popcorn, pergerakan usus akan menjadi lebih optimal sehingga masalah konstipasi atau sembelit bisa terbantu untuk teratasi. Selain itu, si berondong ini juga disinyalir dapat memperlambat metabolisme karbohidrat menjadi gula.

Artikel Lainnya: 7 Camilan Sehat untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Dengan adanya manfaat ini, popcorn juga dapat digolongkan sebagai makanan yang ramah dan bermanfaat untuk penderita diabetes.

2. Kaya Antioksidan

Tahukah Anda bahwa popcorn juga mengandung senyawa antioksidan polifenol? Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang menyebutkan bahwa popcorn mengandung senyawa polifenol dalam kadar yang tinggi.

Senyawa polifenol itu sendiri merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas. Selain itu, jenis antioksidan ini juga bisa memberikan ragam manfaat sehat.

Misalnya, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan saluran cerna, bahkan diduga dapat membantu menurunkan risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

1 dari 2 halaman

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Popcorn mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Studi menyebutkan bahwa kandungan kalori yang ada pada popcorn jauh lebih rendah dibandingkan kandungan kalori yang ada pada keripik kentang.

Dengan mengonsumsi berondong, Anda juga akan merasakan efek kenyang yang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Jika manfaat ini dikombinasikan dengan olahraga secara rutin, maka tentunya program penurunan berat badan Anda akan banyak terbantu.

Artikel Lainnya: 7 Makanan yang Tak Disangka Mengandung Lemak Trans

4. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Popcorn mengandung sejumlah protein yang dibutuhkan tubuh manusia untuk menjalankan berbagai proses dan fungsi tubuh. Mulai dari proses pembekuan darah, menjaga keseimbangan cairan, hingga respons sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, protein yang ada pada popcorn juga bisa membantu tubuh dalam membangun dan memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi popcorn. Agar manfaat tersebut lebih optimal dirasakan, pastikan untuk membatasi porsi popcorn yang Anda konsumsi agar tidak berlebihan. Selain itu, perhatikan pula metode memasak popcorn Anda.

Namun, agar manfaat popcorn di atas bisa Anda peroleh, disarankan untuk memasak popcorn dengan tidak menggunakan minyak atau mentega sama sekali. Jika tidak memungkinkan, minyak atau mentega yang digunakan harus sangat sedikit.

Selain itu, hindari juga menambahkan garam, gula atau karamel ke dalam popcorn. Apalagi dalam jumlah berlebihan, tindakan ini bisa membuat manfaat yang ada di dalam popcorn menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.

Jadi, manfaat popcorn untuk meningkatkan kesehatan bisa Anda rasakan jika diolah dengan tepat dan dikonsumsi pada porsi yang pas pula. Oleh karena itu, jangan sungkan apabila Anda ingin mengonsumsi camilan satu ini sebagai salah satu teman rekreasi menonton bioskop. Namun, pilih yang plain saja, ya!

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar