Sukses

Si Kecil Punya Kesukaan pada Alam? Ajak Lakukan Ini

Kesukaan pada alam membuat Si Kecil betah bermain di alam bebas. Yuk Bunda, cari tahu cara untuk mendukung kegemaran Si Kecil yang satu ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Bunda pernah merasa khawatir akan kesukaannya Si Kecil bermain di luar rumah. Bunda mungkin khawatir kegemarannya akan berdampak negatif pada kesehatan mereka. Padahal, banyak penelitian yang menjelaskan bahwa bermain di luar rumah sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Menurut beberapa penelitian, rutin menyatu dengan alam memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan

Dari sisi kesehatan, Si Kecil yang menyukai kegiatan luar memiliki efek luar biasa bagi kesehatan. Mulai dari mencegah obesitas, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan indeks massa tubuh, membantu perkembangan otak, hingga mencegah kekurangan vitamin D.

Si Kecil juga menjadi lebih mudah berkonsentrasi serta kekebalan tubuhnya bertambah. Dari sisi psikologis, gemar beraktivitas yang dekat dengan alam akan meningkatkan rasa percaya diri.

  • Meningkatkan kecerdasan anak

Si Kecil yang memiliki minat berlebih pada alam mampu meningkatkan kecerdasan naturalisnya. Kecerdasan naturalis adalah ketertarikan tinggi Si Kecil untuk menghargai segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan lingkungan.

Si Kecil dengan kecerdasan naturalis akan mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Suka mengamati dan berinteraksi dengan tanaman atau hewan.
  • Tertarik untuk berpetualang menjelajahi lingkungan alam.
  • Tertarik mempelajari siklus kehidupan flora dan fauna, senang memelihara tanaman atau hewan, dan sangat senang bertanya tentang alam.
1 dari 2 halaman

Tips untuk Si Kecil yang Suka Alam

Alam terbuka, seperti gunung, pantai, dan kebun, adalah tempat yang baik untuk Si Kecil belajar hal baru. Nah, agar Si Kecil tertarik terhadap alam sekitarnya, ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan, yaitu:

  • Sering-seringlah mengajak Si Kecil berwisata di alam terbuka. Sebut saja gunung, pantai, atau sekadar taman di tengah kota. Jangan lupa untuk bercerita mengenai isi alam kepada mereka.
  • Mengajak Si Kecil bermain bersama di lingkungan luar. Misalnya, bermain pasir atau mengumpulkan tanaman dengan warna yang sama.
  • Mengajarkan Si Kecil untuk menanam tanaman di sekitar rumah. Ajak Si Kecil bersama-sama menyiram tanaman tersebut secara teratur. Ceritakan pula mengapa tanaman harus dirawat dan dijaga sebaik mungkin.
  • Memelihara hewan peliharaan di rumah. Contohnya ikan, kucing, atau anjing. Sesekali biarkan Si Kecil yang memberi makan atau memandikan binatang peliharaan tersebut untuk mengajarkan rasa peduli.

Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan saat mendampingi Si Kecil mengeksplorasi alam sebenarnya tergantung pada tempat. Misalnya saat ingin mendatangi lokasi gunung yang cenderung dingin, siapkan jaket, topi, atau baju hangat lainnya.

Bila ingin ke pantai, sebaiknya jangan lewatkan mengoleskan tabir surya khusus Si Kecil agar kulitnya tetap terjaga. Jika Si Kecil hanya ingin mengamati serangga atau bunga-bunga di taman kota, Bunda bisa mengoleskan salep anti-serangga pada kulitnya. Penting untuk memastikan Si Kecil merasa nyaman dan tetap aman saat berkegiatan luar ruangan.

Hal yang tak kalah penting, Bunda juga perlu mempersiapkan asupan nutrisi Si Kecil agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga selama melakukan kegiatan di luar rumah. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah susu Morinaga Chil*Go!

Tersedia dalam lima rasa, yakni cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu, Morinaga Chil*Go! adalah susu cair yang Enak Bernutrisi. Morinaga Chil*Go! baik untuk mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda Si Kecil.

Susu ini mengandung sederet nutrisi penting untuk Si Kecil, yaitu kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks untuk mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil. Selain itu, dilengkapi juga dengan serat pangan inulin 1700 mg, kalsium, zinc, vitamin A, C, dan E untuk mendukung pertahanan tubuh ganda dan pencernaan sehat.

Susu cair steril ini diproses dengan memperhatikan keamanan pangan dan higienis (bebas dari bakteri merugikan), serta tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi Bunda tidak perlu khawatir dengan adanya efek samping negatif pada Si Kecil.

Yuk, Bunda dukung kesukaan Si Kecil pada alam. Bunda bisa mendampingi sambil menjelaskan selagi ia bereksplorasi dan belajar banyak hal baru di alam. Jangan lupa, siapkan juga bekal susu Morinaga Chil*go! yang praktis dibawa Si Kecil saat melakukan aktivitas luar rumah.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar