Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Aktivitas Outdoor Bisa Memperkuat Ikatan dengan Si Kecil

Aktivitas Outdoor Bisa Memperkuat Ikatan dengan Si Kecil

Tidak hanya memicu perkembangan Si Kecil, aktivitas outdoor juga bisa memperkuat ikatan Ayah dan Bunda dengan Si Kecil. Benarkah begitu?

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan ini, sering kali terdengar kampanye mengenai aktivitas outdoor atau di luar ruangan untuk memperkuat ikatan Ayah dan Bunda dengan Si Kecil. Ayah dan Bunda tentu sudah mengetahui manfaat aktivitas outdoor bagi perkembangan Si Kecil, tapi benarkah memang bisa memperkuat ikatan dengan Si Kecil?

Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi juga semakin pesat dan tidak sedikit orang tua yang memanfaatkan gadget sebagai sarana untuk merangsang tumbuh kembang Si Kecil. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, aktivitas outdoor tetap memiliki peranan penting yang tidak dapat digantikan dengan penggunaan gadget.

Manfaat Aktivitas Outdoor

Aktivitas outdoor kini sudah mulai sedikit ditinggalkan dengan berbagai alasan. Seperti kurangnya waktu untuk membawa Si Kecil bermain di luar ruangan, fasilitas yang tidak mendukung, atau kondisi lingkungan luar yang saat ini dianggap tidak aman bagi Si Kecil.

Selain itu, tidak sedikit juga Ayah dan Bunda yang enggan membawa Si Kecil beraktivitas outdoor dengan berbagai alasan. Salah satunya karena takut Si Kecil menjadi kotor dan akhirnya malah sakit.

Namun, kekhawatiran seperti itu sebaiknya dipertimbangkan kembali. Sebab, mengajak Si Kecil beraktivitas outdoor telah terbukti memiliki segudang manfaat, antara lain:

  • Memperoleh paparan sinar matahari yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Mengenal alam dan lingkungan sekitarnya.
  • Membantu meningkatkan kekuatan otot dan koordinasi.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan keluar dari zona nyaman.
  • Meningkatkan kelenturan, keterampilan motorik halus dan kasar, serta kemampuan olahraga.
  • Melatih kemampuan interaksi sosial, seperti komunikasi dengan teman sebaya dan orang tua.
  • Melatih kemampuan kognitif, termasuk dalam menyelesaikan masalah.

Dengan mengajak Si Kecil beraktivitas outdoor, ia juga akan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Pada fase ini, Ayah dan Bunda memiliki peranan yang penting untuk menemaninya.

Untuk tetap merasa aman, sering kali Si Kecil juga akan berusaha berada di dekat Ayah dan Bunda. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk dapat memperkuat ikatan dengan Si Kecil.

Caranya dengan memberikan dukungan positif, sehingga ia akan merasa percaya diri dan mau berinteraksi dengan lingkungan dan orang di sekitarnya.

1 dari 2 halaman

Aktivitas Outdoor yang Dapat Menjadi Pilihan

Secara umum, terdapat dua jenis kegiatan yang dapat Ayah dan Bunda lakukan untuk melakukan aktivitas outdoor. Pertama kegiatan terstruktur dan yang kedua tidak terstruktur.

Kegiatan terstruktur yang dimaksud adalah dengan menyiapkan segala fasilitas yang ada dan kemungkinan aktivitas yang akan dilakukan selama berada di luar ruangan. Contoh kegiatan yang dapat Ayah dan Bunda lakukan bersama Si Kecil, antara lain adalah:

  • berkemah
  • mengunjungi wisata taman bermain
  • bermain sepeda

Dalam memilih aktivitas outdoor, sebaiknya libatkan Si Kecil secara langsung. Pertimbangkan juga hal yang disukainya, terlebih jika dilakukan di lingkungan baru atau punya kemungkinan untuk bertemu dengan banyak orang baru.

Selain kegiatan terstruktur, Ayah dan Bunda juga dapat memanfaatkan aktivitas luar ruangan yang tidak terstruktur. Misalnya, dengan membawa Si Kecil ke taman di sekitar rumah dan menikmati alam yang ada.

Kreativitas Si Kecil dapat dirangsang dengan bermain menggunakan fasilitas yang terbatas. Misalnya bermain masak-masakan menggunakan daun atau bernyanyi seolah-olah berada di tengah panggung pertunjukkan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya imajinasi dan kepercayaan diri Si Kecil.

Siapkan Ini Sebelum Si Kecil Beraktivitas Outdoor

Saat akan mengajak beraktivitas outdoor, Ayah dan Bunda tentu harus menyiapkan kondisi Si Kecil sebaik mungkin. Dengan demikian, ia akan merasa nyaman selama berada di luar ruangan.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Ayah dan Bunda siapkan:

  • Memberikan Si Kecil makanan bergizi.
  • Memastikan Si Kecil tidur cukup.
  • Menyiapkan pakaian yang nyaman untuk Si Kecil.
  • Memakaikan losion anti nyamuk dan tabir surya bila diperlukan.
  • Menyiapkan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan Si Kecil.

Agar nutrisi Si Kecil tetap dapat tercukupi selama beraktivitas dan daya tahan tubuhnya terjaga dengan baik, siapkan bekal yang sehat, praktis, dan tentu saja enak. Salah satu yang dapat dibawa adalah Morinaga Chil*Go!, susu steril dalam bentuk cair yang Enak Bernutrisi, sehingga praktis untuk dibawa menemani aktivitas outdoor Si Kecil.

Dengan kandungan seperti kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! bisa turut mendukung pertumbuhan kecerdasan multitalenta Si Kecil. Selain itu, kandungan serat pangan inulin 1700 mg, kalsium, zinc, vitamin A, C, dan E akan menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaannya.

Hadir dengan varian rasa cokelat, vanila, stroberi, pisang dan melon madu, susu cair Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi pasti disukai oleh Si Kecil. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi harian Si Kecil akan terus terpenuhi saat melakukan aktivitas outdoor.

Jadi, kini Ayah dan Bunda dapat memanfaatkan aktivitas outdoor bersama Si Kecil untuk memperkuat ikatan dengannya. Untuk menjaga kondisi Si Kecil selama beraktivitas, jangan lupa juga untuk membawakan bekal yang sehat, lezat, dan praktis seperti Morinaga Chil*Go!.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar