Sukses

Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Terdapat beberapa tindakan sederhana yang dapat membantu menurunkan berat badan apabila dilakukan sebelum tidur. Apa saja?

Tahukah Anda bahwa memiliki tubuh yang ideal tidak hanya bisa diraih dengan pergi ke pusat kebugaran? Ya, Anda juga bisa menurunkan berat badan hingga menyentuh rentang ideal dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu sebelum tidur.

Berikut ini adalah hal yang bisa Anda jadikan kebiasaan sebelum tidur supaya bisa menurunkan berat badan hingga mencapai rentang ideal.

  1. Minum Secangkir Teh

Penelitian membuktikan bahwa 102 partisipan yang minum teh sebelum tidur selama 6 minggu berturut-turut mengalami penurunan berat badan yang lumayan signifikan. Salah satu jenis teh yang disebut dalam penelitian ini adalah teh oolong.

  1. Konsumsi Asam Amino Triptofan

Sebuah paha ayam yang kurang lebih mengandung 1/4 gram triptofan dapat membuat Anda lebih nyenyak tertidur. Dengan mengonsumsinya 3 atau 4 jam sebelum tidur, durasi Anda tertidur akan meningkat. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi proses pembakaran lemak

Selain paha ayam, Anda juga bisa menemukan asam amino triptofan pada daging sapi, ikan salmon dan tuna.

Artike lainnya: Agar Terkontrol, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal 

  1. Peregangan Otot

Peregangan otot dilakukan setidaknya satu jam sebelum tidur dapat menjadi pemicu rasa kantuk. Karena itu, agar kualitas tidur lebih baik sehingga proses pembakaran lemak lebih optimal, peregangan otot sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas sebelum Anda memejamkan mata.

Beberapa rutinitas lain yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya membaca novel, menulis dalam sleep diary, meditasi atau hal lain yang membuat tubuh relaks.

  1. Dinginkan Suhu Ruangan

Gunakan pendingin udara di dalam kamar dan atur suhunya hingga menyentuh 18 derajat celcius. Hal ini bisa membantu proses pembakaran lemak di perut saat tidur, khususnya jika dilakukan dalam 4 minggu.

Jika suhu dirasa kurang dingin, tanggalkan beberapa pakaian Anda dan gunakan selimut tipis untuk menutupi tubuh agar tidak menggigil.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mandi sebelum tidur untuk membantu menurunkan suhu tubuh sehingga proses pembakaran lemak saat tidur menjadi lebih optimal.

Artike lainnya: Kiat Mudah Meningkatkan Berat Badan Secara Alami

  1. Bercinta

Bagi pasangan suami istri, bercinta alias melakukan hubungan seksual merupakan hal yang sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur. Selain bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga, hubungan seksual juga bisa membantu menurunkan berat badan, lo!

Pasalnya, berhubungan seksual dengan rasa senang dapat memicu munculnya perasaan relaks. Karena itu, rasa cemas akan berkurang, dan rasa bahagia bisa meningkat.

Pada dasarnya, tidur malam merupakan waktu yang penting untuk mengatur dan mengoptimalkan seluruh fungsi tubuh, termasuk dengan bagaimana tubuh menggunakan dan menyimpan kalori.

Karena itu, kebiasaan apa pun yang Anda pilih sebagai metode menurunkan berat badan tetap harus dilakukan pada ‘porsi’ yang tepat agar tidak mengganggu waktu tidur malam.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan teratur, agar berat badan ideal bukan hanya impian belaka. Selamat mencoba!

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar