Sukses

Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Terdapat beberapa tindakan sederhana yang dapat membantu menurunkan berat badan apabila dilakukan sebelum tidur. Apa saja?

Tahukah Anda bahwa memiliki tubuh yang ideal tidak hanya bisa diraih dengan pergi ke pusat kebugaran? Ya, Anda juga bisa menurunkan berat badan hingga menyentuh rentang ideal dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu sebelum tidur.

Berikut ini adalah hal yang bisa Anda jadikan kebiasaan sebelum tidur supaya bisa menurunkan berat badan hingga mencapai rentang ideal.

1 dari 6 halaman

1. Minum Secangkir Teh

Penelitian membuktikan bahwa 102 partisipan yang minum teh sebelum tidur selama 6 minggu berturut-turut mengalami penurunan berat badan yang lumayan signifikan. Salah satu jenis teh yang disebut dalam penelitian ini adalah teh oolong.

Saat sedang berusaha untuk terlelap, sering kali pikiran terbebani oleh banyaknya masalah yang dihadapi. Hal ini dapat memengaruhi tidur Anda di malam hari. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menurunkan berat badan.

Nah, mengonsumsi teh sebelum tidur dapat membantu membuat pikiran Anda menjadi rileks sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selain karena wanginya yang menenangkan, mengonsumsi teh herbal juga bisa menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Oleh karena itu, teh herbal sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

2. Konsumsi Asam Amino Triptofan

Sebuah paha ayam yang kurang lebih mengandung 1/4 gram triptofan dapat membuat Anda lebih nyenyak tertidur. Dengan mengonsumsinya 3 atau 4 jam sebelum tidur, durasi Anda tertidur akan meningkat. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi proses pembakaran lemak

Selain paha ayam, Anda juga bisa menemukan asam amino triptofan pada daging sapi, ikan salmon dan tuna.

Artike lainnya: Agar Terkontrol, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

2 dari 6 halaman

3. Peregangan Otot

Peregangan otot dilakukan setidaknya satu jam sebelum tidur dapat menjadi pemicu rasa kantuk. Karena itu, agar kualitas tidur lebih baik sehingga proses pembakaran lemak lebih optimal, peregangan otot sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas sebelum Anda memejamkan mata.

Beberapa rutinitas lain yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya membaca novel, menulis dalam sleep diary, meditasi atau hal lain yang membuat tubuh relaks.

4. Dinginkan Suhu Ruangan

Gunakan pendingin udara di dalam kamar dan atur suhunya hingga menyentuh 18 derajat celcius. Hal ini bisa membantu proses pembakaran lemak di perut saat tidur, khususnya jika dilakukan dalam 4 minggu.

Jika suhu dirasa kurang dingin, tanggalkan beberapa pakaian Anda dan gunakan selimut tipis untuk menutupi tubuh agar tidak menggigil.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mandi sebelum tidur untuk membantu menurunkan suhu tubuh sehingga proses pembakaran lemak saat tidur menjadi lebih optimal.

Artike lainnya: Aktivitas Malam Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

3 dari 6 halaman

5. Bercinta

Bagi pasangan suami istri, bercinta alias melakukan hubungan seksual merupakan hal yang sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur. Selain bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga, hubungan seksual juga bisa membantu menurunkan berat badan, lo!

Pasalnya, berhubungan seksual dengan rasa senang dapat memicu munculnya perasaan relaks. Karena itu, rasa cemas akan berkurang, dan rasa bahagia bisa meningkat.

6. Tidur Cukup

Siapa sangka, kebiasaan tidur sekalipun dapat menjadi cara menurunkan berat badan di malam hari. Namun ingat, tidur di sini maksudnya adalah tidur yang cukup.

Menurut studi dari Annals of Internal Medicine, tidur selama 8,5 jam setiap malam akan mengikis lemak tubuh dua kali lipat lebih banyak ketimbang tidur hanya 5,5 jam. Hal ini bahkan tetap berlaku walau mereka membakar jumlah kalori yang sama pada siang harinya.

Tidur yang cukup memengaruhi hormon leptin dan ghrelin. Hormon leptin meregulasi kadar energi dan menekan nafsu makan. Sementara, hormon ghrelin menstimulasi rasa lapar.

Apa hubungan antara kedua hormon ini dengan berat badan? Orang-orang yang tidur lebih banyak memiliki tingkat hormon leptin yang tinggi dan hormon ghrelin yang rendah sehingga nafsu makan terjaga setiap harinya.

Artikel Lainnya: Kegiatan Rumahan yang Efektif Bakar Kalori

4 dari 6 halaman

7. Olahraga

Ada mitos yang berkata: “Olahraga malam membuat seseorang terjaga sepanjang malam”. Hal ini tidaklah benar. Faktanya, olahraga sebelum tidur berguna untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, orang yang lebih aktif akan memiliki 56-67 persen kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini tidak bergantung pada waktu berolahraga.

Baik olahraga yang sifatnya kardio maupun beban, keduanya merupakan cara membakar lemak sebelum tidur. Orang yang sering melakukan latihan angkat beban memiliki laju metabolisme yang tinggi dibanding yang tidak berolahraga. Jadi, jangan takut olahraga di malam hari untuk membantu diet Anda.

Artikel Lainnya: Olahraga Sebelum Sarapan Bakar Lebih Banyak Lemak

8. Matikan Lampu Saat Tidur

Tidak semua orang bisa tidur dengan kondisi ruangan yang sangat gelap. Orang-orang cenderung menyalakan lampu tidur di samping tempat tidur. Padahal, hormon melatonin dapat berkurang banyak walaupun hanya sedikit lampu yang menyala.

Hormon melatonin ini adalah hormon penting untuk membakar lemak. Faktanya, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap.

Artikel Lainnya: Tips Membakar Kalori Lebih Banyak Meski Sedang Tidur

Studi dari University of Oxford menemukan, wanita yang tidur di ruangan sangat gelap memiliki kesempatan 21 persen lebih rendah untuk menjadi obesitas dari wanita yang tidur di ruangan terang.

5 dari 6 halaman

9. Mandi Sebelum tidur

Setelah beraktivitas seharian, mandi adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi rasa penat dan lelah. Jangan salah, mandi juga termasuk cara untuk menurunkan berat badan di malam hari.

Mandi sebelum tidur dapat membuat tubuh rileks sehingga membantu Anda untuk tidur dengan cepat. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

10. Makan Malam Lebih Awal

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah menghindari makan malam terlalu larut. Saat dalam program diet, ketimbang mengurangi jatah makan kurang dari tiga kali sehari, Anda lebih baik mengatur jadwal makan.

Pasalnya, produksi insulin—hormon yang mengubah gula darah menjadi energi dan lemak—tidak begitu efektif di malam hari. Oleh karena itu, makan saat larut malam dalam porsi besar malah akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, lebih baik jadwalkan makan malam Anda lebih awal. Anda dapat makan sebelum jam 8 malam dengan porsi makan yang tidak berlebih.

Pada dasarnya, tidur malam merupakan waktu yang penting untuk mengatur dan mengoptimalkan seluruh fungsi tubuh, termasuk dengan bagaimana tubuh menggunakan dan menyimpan kalori.

Karena itu, kebiasaan apa pun yang Anda pilih sebagai metode menurunkan berat badan tetap harus dilakukan pada ‘porsi’ yang tepat agar tidak mengganggu waktu tidur malam.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan teratur, agar berat badan ideal bukan hanya impian belaka. Selamat mencoba!

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar