Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Minuman yang Dilarang dan Dianjurkan untuk Kualitas Tidur saat Liburan

Minuman yang Dilarang dan Dianjurkan untuk Kualitas Tidur saat Liburan

Ke mana pun destinasinya, Anda butuh tidur cukup agar liburan lebih menyenangkan. Tapi, ada beberapa minuman yang perlu dihindari agar kualitas tidur terjaga.

Melancong ke berbagai destinasi untuk berwisata tentunya sangat menyenangkan. Apalagi bila Anda bisa wisata kuliner mencicipi berbagai makanan dan minuman di sana. Dengan banyaknya santapan yang dicicipi dan energi yang terkuras saat liburan, tubuh tetap butuh asupan sehat dan istirahat cukup. Perlu diingat, menjaga kualitas tidur saat liburan adalah hal yang penting.

Ketika tubuh lelah, Anda cenderung menginginkan asupan makanan maupun minuman yang dapat mengganti energi yang digunakan. Tapi, minuman yang Anda konsumsi tidak boleh sembarangan, lho! Terdapat beberapa jenis yang patut dipertimbangkan saat liburan demi menjaga kualitas dan durasi tidur.

Penting untuk memperhatikan berbagai minuman yang dikonsumsi selama Anda berlibur. Karena, hal itu dapat berisiko merusak kualitas serta durasi tidur Anda di malam hari.

Jenis Minuman yang Perlu Dihindari Saat Liburan

Dilansir dari National Sleep Foundation, berikut beberapa minuman yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Artikel lainnya: Liburan Sehat dengan Ibu, Sebaiknya ke Mana?

1. Kafein

Secangkir kopi, teh, maupun soda dapat memberikan efek stimulan secepat 15 menit setelah sesapan pertama. Hal ini akan menguntungkan jika Anda mulai mengantuk namun berencana untuk wisata keliling kota.

Kafein memiliki paruh waktu sekitar enam jam. Jika Anda mengonsumsinya pada jam 4 sore, setengah dari kafein masih akan berada di dalam tubuh hingga jam 10 malam. Jadi, bila Anda merasa kesulitan tidur setelah mengonsumi kafein di sore hari, sebaiknya minumlah teh tanpa kafein seperti teh chamomile, teh daun mint dan teh jahe.

2. Alkohol

Walau minuman beralkohol contohnya anggur terkesan dapat menimbulkan rasa kantuk, namun tidak akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Bahkan, alkohol dapat mengganggu ritme sirkadian dengan memengaruhi kadar zat kimiawi yang memberi sinyal pada tubuh bahwa sebetulnya di waktu tertentu merupakan waktu untuk terbangun maupun tidur.

Inilah sebabnya setelah meminum 1-2 gelas alkohol Anda akan tertidur, lalu terbangun di tengah malam dengan kewaspadaan tinggi. Tidur yang terganggu akibat alkohol akan mengganggu kualitas tidur di mana pun Anda berada, terlebih jika sedang liburan jauh. Anda yang tengah mengalami kondisi jet lag akan semakin terkuras tenaganya di siang hari.

Artikel lainnya: Kiat Liburan Sehat untuk Penderita Asam Urat

1 dari 2 halaman

3. Soda

Mungkin soda tanpa kafein terkesan dapat menjadi opsi yang tak akan mengganggu tidur. Namun, dengan kafein atau tidak, soda tetap dapat membuat Anda terjaga di malam hari.

Mengapa? Minuman berkarbonasi atau mengandung karbon dioksida memicu perut kembung dan meningkatkan tekanan di dalam perut. Hal ini pun dapat memicu mag, bahkan GERD (gastroesophageal reflux disease). Tentu tidur Anda menjadi mudah terganggu, sampai menyebabkan rasa letih keesokan harinya.

Minuman yang Aman untuk Dikonsumsi Saat Liburan

Inilah beberapa yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

  • Teh herbal tanpa kafein. Dengan berbagai varian rasa, seperti teh chamomile, teh daun mint dan teh jahe yang tidak mengandung kafein ini dapat menjadi favorit dan mudah ditemukan di mana saja. Bisa juga Anda manfaatkan sebagai oleh-oleh!
  • Susu hangat dengan madu. Susu kaya akan triptofan atau asam amino yang dapat membantu kepulasan tidur. Minuman ini mampu mengatur siklus tidur dan bangun, serta kandungan serotoninnya bisa memicu relaksasi dan rasa kantuk. Diduga juga, campuran ini berhubungan dengan kondisi psikis seseorang sehingga membuat rasa nyaman dan membuat mudah tertidur.

  • Air putih. Dengan tetap terhidrasi, Anda akan terlindungi dari gangguan tidur. Konsumsilah 3,7 liter air putih per hari untuk pria, dan 2,7 liter untuk wanita. Jumlah ini disarankan bila Anda tidak memiliki gangguan kesehatan apapun terutama penyakit jantung dan ginjal.

Menjaga kualitas tidur saat liburan tak hanya penting untuk menjaga kelancaran perjalanan, namun juga menjaga tenaga dan stamina agar liburan tetap sesuai rencana. Perhatikan beberapa minuman yang perlu dihindari di atas, terutama jika sudah di atas jam 3 sore. Selamat berlibur!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar