Sukses

Menikmati Manfaat Sehat Couscous yang Kaya Nutrisi

Bosan dengan nasi merah dan shirataki? Yuk coba konsumsi dan rasakan manfaat couscous. Cari tahu tentang makanan unik ini di sini.

Apakah Anda pernah mendengar menu couscous? Mungkin masih banyak orang di Indonesia yang belum familiar dengan makanan asli dari Afrika Utara ini. Couscous adalah makanan jenis pasta yang memiliki bentuk seperti bola kecil. Jika banyak makanan mempunyai sisi positifnya, lalu apa sih manfaat couscous ini?

1 dari 4 halaman

Mengenal Makanan Bernama Couscous

Sama seperti beberapa jenis pasta khas Italia, couscous terbuat dari tepung gandum semolina. Rasanya pun sama seperti rasa spageti yang biasa kita cicipi. Di supermarket, couscous umumnya dijual dalam keadaan sudah dibumbui dan dapat dimasak dengan instan.

Ada tiga jenis couscous, yaitu couscous yang berasal dari Maroko, Israel, dan Libanon. Couscous Maroko memiliki bentuk paling kecil, sementara couscous Libanon ukurannya paling besar dan menghabiskan waktu lebih lama saat dimasak. Sementara itu, couscous dari Israel memiliki ukuran sedang serta mempunyai tekstur yang lebih kenyal.

2 dari 4 halaman

Kaya Nutrisi

Sama seperti pasta lainnya, zat gizi yang ada dalam couscous sebagian besar terdiri dari karbohidrat. Selain itu, couscous juga mengandung protein, serat, kalsium,  zat besi dan selenium. Berikut penjelasan mengapa kelima kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh.

Artikel Lainnya: Fakta Seputar Gandum Utuh yang Perlu Diketahui

  • Karbohidrat 

Karbohidrat adalah zat gizi yang jadi sumber energi utama bagi tubuh untuk dapat beraktivitas dan menjalankan fungsinya.

  • Protein

Protein penting sebagai zat gizi untuk pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta berperan dalam metabolisme tubuh.

  • Serat

Karena couscous terbuat dari gandum utuh semolina, maka couscous pun kaya akan serat. Mengingat serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, antara lain untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, serat larut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

  • Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot. 

Artikel Lainnya: Membedakan Jenis dan Manfaat Gandum

  • Zat Besi 

Sementara itu, zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

  • Selenium

Selain itu, couscous juga kaya akan selenium. Selenium adalah antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh memperbaiki sel dan jaringan yang rusak akibat pengaruh radikal bebas dan inflamasi. 

Penurunan inflamasi dan aktivitas radikal bebas dapat menjaga kesehatan tubuh dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Lebih dari 60 persen kebutuhan selenium harian Anda dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 157 gram couscous. Tertarik mencobanya?

3 dari 4 halaman

Cara Memasak Couscous

Setelah tahu manfaat couscous, tentu Anda tak ingin melewatkan mencoba menyantapnya kan? Tenang saja, tidak repot kok, sebab memasak couscous mirip dengan memasak pasta. Berikut ini KlikDokter berikan tips cara memasak couscous.

  1. Rebus couscous di dalam air mendidih, lalu dinginkan.
  2. Sajikan couscous dengan lauk daging dan sayuran.
  3. Couscous juga dapat disajikan dengan buah kering, seperti raisin atau kacang-kacangan seperti kacang tanah dan almon.

Bahkan makanan asal Afrika Utara ini juga ternyata bisa dibuat menjadi bubur juga, lo. Begini cara mengolah couscous menjadi bubur.

  1. Rebus couscous dengan air atau susu yang lebih banyak hingga terbentuk menjadi bubur
  2. Cara alternatifnya, couscous juga bisa ditambahkan ke dalam menu sup atau salad.

  1. Agar couscous tahan lama, sebaiknya simpanlah couscous di wadah kering yang kedap udara. 
  2. Simpan di tempat yang kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari langsung. Dengan cara penyimpanan demikian, couscous dapat bertahan hingga dua bulan. Apabila dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer, couscous bahkan dapat bertahan sampai 6 hingga 12 bulan. 

Jadi apabila Anda bosan mengonsumsi nasi, bakmi, kentang, dan spageti, couscous bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menu masakan. Bingung membelinya di mana? Supaya bisa merasakan manfaat couscous, Anda bisa membelinya di berbagai e-commerce dan supermarket yang menjual makanan impor.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar