Sukses

7 Makanan yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya baik untuk kesehatan, tujuh makanan ini juga baik untuk kesehatan jantung. Apa saja, Anda bisa mencobanya dan menerapkan menu makanan ini.

Jantung adalah salah satu organ di dalam tubuh manusia yang punya peran vital. Pasalnya, jantung bertugas untuk menyuplai darah ke seluruh organ di dalam tubuh agar bisa berfungsi maksimal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan hanya melalui pola hidup, tapi juga makanan sehat dan bernutrisi seimbang. 

Salah satu masalah jantung yang kerap dialami itu adalah penyakit jantung koroner. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, jantung koroner terjadi akibat adanya plak pada pembuluh darah. Plak ini terbentuk dari kolesterol jahat dari makanan yang mengendap dalam jangka waktu panjang.

1 dari 2 halaman

Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Jadi, apa saja, sih, makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  • Ikan

Ikan mengandung lemak sehat yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dijelaskan dr. Alvin Nursalin, Sp.PD dari KlikDokter, Anda dapat memilih ikan dengan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Misalnya, ikan salmon, ikan haring dan ikan trout.

Artikel lainnya: 7 Fakta tentang Penyakit Jantung yang Wajib Diketahui

Selain itu, dilansir Cleveland Clinic, ikan berlemak seperti ikan tuna mengandung protein yang cukup untuk melindungi kesehatan jantung. Jika Anda tidak suka makan ikan utuh, Anda bisa mencampurkannya dalam salad atau sandwich sebagai menu camilan sehari-hari.

  • Alpukat

Tidak hanya ikan, buah alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk melindungi jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung elektrolit bernama potasium yang bisa membantu mencegah penyakit jantung dan pengapuran pembuluh darah.

Tidak berhenti di situ, alpukat juga mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi jantung dan bagian tubuh lainnya.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memang sudah terbukti secara medis mampu meningkatkan kesehatan tubuh manusia, termasuk kesehatan jantung. Secara alami, kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tidak jenuh, rendah kalori, serat, dan juga antioksidan yang tinggi.

Kacang-kacangan, seperti almon, kedelai, dan kacang mede, merupakan pilihan kacang paling baik yang bisa Anda makan setiap harinya sebagai camilan sehat. 

Artikel lainnya: 4 Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

  • Gandum Utuh 

Dikutip dari KlikDokter, gandum utuh memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang mampu menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Nutrition menemukan bahwa gandum jenis oat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Meski demikian, hindari menambahkan pemanis yang berlebihan ke dalam gandum Anda.

  • Tomat 

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, tomat mengandung antioksidan likopen tinggi, yang berguna untuk melindungi jantung Anda.

“Selain membantu menjaga kesehatan jantung, tomat juga bisa mencegah berbagai jenis kanker yang mungkin bisa berkembang dalam tubuh Anda,” dr. Nadia menjelaskan.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat yang memiliki efek protektif terhadap kesehatan pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, minyak ini sangat baik untuk dijadikan sebagai campuran salad atau untuk menumis makanan.

  • Produk Susu Rendah Lemak

Jika Anda ingin menggunakan produk susu, gunakanlah produk susu dengan kandungan lemak yang rendah. Dengan begitu, Anda akan mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Makanan sehat dibarengi dengan pola hidup yang baik adalah senjata terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi, agar jantung tetap prima, lakukan juga gaya hidup aktif. Salah satunya adalah dengan rutin olahraga. Usahakan setidaknya berolahraga selama 150 menit per minggu dengan melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, seperti joging, berlari, dan berenang.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar