Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 5 Perkataan Ini Jangan Dikatakan pada Ibu dengan Anak Sindrom Down

5 Perkataan Ini Jangan Dikatakan pada Ibu dengan Anak Sindrom Down

Menunjukan rasa empati boleh saja, asal Anda tahu bahwa ada perkataan yang seharusnya dihindari ketika ngobrol bersama ibu yang dikaruniai anak sindrom down.

Rahayu Saraswati, yang dikenal sebagai seorang presenter sekaligus keponakan Prabowo Subianto belum lama ini membagikan pengalamannya mempunyai buah hati berkebutuhan khusus, yakni Down Syndrom atau sindrom Down. Kisahnya membuat hati para ibu terenyuh.

Bagaimana tidak tersentuh, sebab mengandung dan melahirkan bayi yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap ibu. Namun, masalah bisa datang kapan saja, termasuk ketika mendapati bahwa Anda mengandung dan melahirkan anak dengan sindrom Down. 

Jika Anda atau kerabat baru saja melahirkan anak berkebutuhan khusus, ada beberapa kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan atau dihindari terlebih dahulu. Ini karena bisa buat orang tua anak spesial tersebut semakin sedih. 

1 dari 2 halaman

Jangan Ucapkan Kalimat Ini!

Down Syndrom atau sindrom Down (trisomi 21) merupakan sebuah kelainan genetik pada anak karena munculnya kromosom ekstra pada kromosom 21. Jika normalnya seseorang hanya memiliki 46 kromosom, pada penderita sindrom down terdapat 47 kromosom karena adanya kromosom ekstra.

Artikel Lainnya: Tips Mudik Natal Jalur Darat dengan Anak Down Syndrome

Kromosom ekstra inilah yang nantinya bisa memengaruhi karakteristik fisik dan kemampuan belajar anak sindrom down. Dalam beberapa kasus, anak dengan kondisi tersebut juga mungkin memiliki masalah dengan jantung, sistem pernapasan atau saluran pencernaannya. 

Perlu Anda pahami bahwa sindrom down merupakan sebuah kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Itu sebabnya, orang tua dengan anak spesial ini harus bekerja lebih ekstra untuk membantu merawat dan meningkatkan kualitas hidupnya.  Karena itulah juga, Anda perlu berhati-hati dalam berbicara pada orang tuanya. 

Dilansir Woman’s Day, berikut beberapa kalimat yang sebaiknya tidak Anda ucapkan pada orang tua yang dikaruniai anak sindrom down: 

“Jangan khawatir, ini semua adalah berkat dari Tuhan”

Setiap orang tua pasti tahu bahwa anak adalah berkat paling terindah dari Tuhan. Namun perasaan sedih, dan shock pasti akan dialami oleh siapapun yang melahirkan anak dengan sindrom down. 

Semua butuh waktu untuk bersikap ‘biasa saja’. Anda tidak pernah tahu apa yang dirasakan oleh orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Mengatakan kalimat di atas justru membuat orang tua dengan anak sindrom Down jadi tertuduh bahwa dirinya tidak bisa menerima keadaan. 

“Saya pasti tidak akan bisa menghadapi apa yang kamu hadapi sekarang” 

Beberapa orang suka menunjukan rasa empatinya pada orang yang sedang dilanda masalah, termasuk pada orang tua dengan anak sindrom down. Anda tidak pernah tahu seberapa berat dan seberapa sulit bagi seorang ibu untuk menerima kenyataan bahwa dirinya melahirkan anak spesial tersebut. 

Namun, seberat apapun masalah yang dihadapi, kasih sayang seorang ibu jauh lebih besar ketimbang rasa sedih yang dialami. Seorang ibu pasti akan berusaha untuk tegar dan kuat demi bayi tercintanya. 

Ibu yang mendengar kalimat tersebut bisa jadi merasa jengkel dan geram karena menganggap Anda mudah menyerah dengan keadaan yang sedang dihadapi, termasuk ketika menghadapi anak dengan sindrom down. 

Artikel Lainnya: Cara Melatih Kemampuan Mengingat Anak Down Syndrome

“Memangnya saat hamil, kamu tidak tes genetik?”

Kalimat yang satu ini merupakan kalimat yang paling dianggap menghakimi ibu hamil. Memang seharusnya setiap ibu hamil melakukan tes genetik. Namun, ingin atau tidak melakukan tes adalah pilihan setiap pasangan suami-istri. 

Jika orang tua sudah melakukan tes genetik dan hasil menunjukan bahwa ibu kemungkinan melahirkan anak sindrom down, langkah selanjutnya yang bisa ibu lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan bayi yang akan dilahirkannya nanti. 

Jadi, baik itu melakukan tes atau tidak, tujuannya adalah untuk mengetahui lebih awal dan menjadikan acuan orang tua untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sampai bayi dilahirkan ke dunia. 

“Anakmu sama, kok, sama seperti anak lainnya, sangat terlihat normal”

Anak yang terlahir normal dan terlahir sebagai anak sindrom down memang  memiliki perbedaan yang sangat terlihat jelas, mulai dari fisik sampai perilakunya. Mengatakan kalimat di atas justru buat beberapa orang tua jadi tersinggung dan marah. 

Anda mungkin tidak bermaksud menyinggung perasaan orang tua dari anak berkebutuhan khusus, tapi mau mengerti dengan kondisi sang anak, mungkin akan lebih baik ketimbang harus berpura-pura menganggap bahwa anak spesial ini sama dengan anak normal lainnya.

“Semua terjadi pasti karena ada alasannya. Jadi cobalah untuk menerimanya”

Segala sesuatunya memang terjadi karena suatu alasan. Namun, orang tua anak sindrom down tidak perlu mendengar kalimat tersebut dari mulut Anda. Seperti yang dikatakan sebelumnya, setiap orang tua membutuhkan waktu untuk menerima keadaan yang menimpanya. Jadi, jangan mengatur orang lain untuk langsung berlapang dada, dan bersikap biasa saja dengan keadaan yang ada. 

Itulah beberapa kalimat yang sebaiknya tidak dikatakan pada orang tua dengan anak sindrom down. Cobalah untuk lebih mengerti keadaan yang sedang dialami orang tua anak berkebutuhan khusus ini dan hormatilah privasinya. 

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar