Sukses

Makanan Ini Resep agar Anda Awet Muda

Awet muda tidak hanya bisa diraih dengan segudang perawatan mahal di klinik kecantikan. Anda bisa awet muda dengan cara alami asalkan mengkonsumsi makanan berikut ini.

Tampaknya, tampil awet muda merupakan harapan bagi banyak wanita. Itu sebabnya, tak jarang Anda rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan kecantikan dan tubuh. Padahal, resep awet muda bisa saja dari makanan yang dikonsumsi, lo. Coba cek beberapa penjelasannya di sini.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ya, beberapa makanan terbukti dapat membuat tubuh dan wajah Anda lebih awet muda.

Apa Itu Awet Muda?

Perlu diketahui bahwa awet muda berarti kondisi kulit yang mulus, bebas kerutan, cerah dan bercahaya. Selain itu, kondisi tubuh Anda juga mesti terlihat “utuh”, baik gigi yang utuh, tulang yang kuat, serta otot yang tampak ideal meski usia biologis tidak lagi muda.

Tentunya, hal seperti ini diinginkan oleh Anda yang usianya tidak lagi remaja. Pernahkah Anda mendengar istilah, “you are what you eat.” Dilansir dari Healthline, istilah ini sebenarnya merujuk pada fakta kalau makanan yang dikonsumsi sebenarnya memengaruhi kesehatan Anda.

Bahkan, Anda bisa tampak lebih tua dari usia sesungguhnya hanya karena salah kebiasaan mengonsumsi jenis makanan. Dari hasil studi yang diterbitkan di jurnal Circulation pada tahun 2000, ditemukan bahwa remaja yang menumpuk kolesterol di arteri akan tampak menua lebih cepat.

Menurut Profesor dari Tufts University, Amerika Serikat, Robert Rusell, MD, masalah penuaan sebenarnya berhubungan dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Bila pola makan tidak sehat, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit jantung dan osteoporosis ketika memasuki masa usia dewasa.

Artikel Lainnya: Ingin Awet Muda, Hindari 9 Makanan Ini

1 dari 3 halaman

Bagaimana Resep Awet Muda?

Sebenarnya, karena proses penuaan berkaitan dengan nutrisi, itu berarti Anda harus mulai mengonsumsi makanan sehat. Untuk mencapai awet muda, Anda harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda mewujudkan penampilan tubuh dan wajah yang awet muda. Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Lemon dan Jeruk

Lemon dan jeruk merupakan jenis buah-buahan citrus yang kaya akan vitamin C. Jenis nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum.

Pasalnya, vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Selain itu, vitamin C yang ada pada lemon dan jeruk juga dapat menunjang pembentukan kolagen.

Kolagen adalah komponen penting dalam regenerasi kulit dan bisa menjaga kulit tetap kenyal serta lembut. Vitamin C yang ada dalam kadar tinggi pada jeruk dan lemon ini juga penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

2. Alpukat

Buah alpukat juga terbukti dapat membuat tubuh dan wajah Anda tetap awet muda. Ini karena alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang justru menyehatkan tubuh Anda.

Fakta menyebutkan bahwa lemak pada alpukat dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu tubuh mengoptimalkan proses penyerapan vitamin. Selain itu, alpukat juga mengandung senyawa yang dapat melawan proses peradangan.

Dengan adanya manfaat ini alpukat berarti bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini dan menjaga fungsi tubuh Anda tetap optimal. Alpukat sangat baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan campuran salad. Anda juga bisa menjadikan alpukat sebagai bahan masker alami, lo!

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam terbuat dari kakao murni tanpa campuran gula atau susu kaya akan senyawa flavonoid. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini agar Wajah Awet Muda

Menurut penelitian, flavonoid dalam kakao juga dapat mengoptimalkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Dengan adanya manfaat ini, senyawa flavonoid dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar selalu tampil sehat dan awet muda.

Senyawa flavonoid bahkan telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghalau pajanan sinar ultraviolet, yang dapat merusak kulit dan menyebabkan timbulnya penuaan dini.

2 dari 3 halaman

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan kulit Anda.

Beberapa jenis kacang bahkan mengandung vitamin E yang terbukti dapat mencegah penuaan dini. Ini karena kemampuannya dalam mempertahankan fungsi sel-sel tubuh.

Beberapa jenis kacang yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dikonsumsi  secara rutin dan teratur sebagai upaya untuk tampil awet muda adalah kacang almon, walnut, mete, kapri, pistachio dan lainnya.

5. Ikan Berlemak

Tubuh dan wajah yang awet muda dapat Anda wujudkan dengan makan ikan secara rutin dan teratur. Beberapa jenis ikan yang dianjurkan adalah yang mengandung lemak tidak jenuh dan omega 3, seperti salmon, tuna, makarel, hering dan sarden.

Ikan-ikanan tersebut bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Menurut American Heart Association (AHA), Anda dianjurkan untuk makan ikan setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.

Supaya manfaat awet muda yang ditawarkan makanan tersebut bisa Anda rasakan dengan lebih optimal, jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi makanan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga teratur, tidak merokok atau minum alkohol, cukup tidur, dan mengendalikan stres. Itu dia resep agar Anda semakin awet muda.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar