Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Libido Wanita Sebenarnya Lebih Tinggi Daripada Pria, Benar atau Tidak

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Libido Wanita Sebenarnya Lebih Tinggi Daripada Pria, Benar atau Tidak

Kalau bukan karena menahan diri akibat nilai sosial, katanya, libido wanita lebih tinggi daripada pria. Benar atau tidaknya hal itu, ini kata dokter.

Bicara soal libido ataupun gairah seksual, pasti tak akan jauh-jauh dari kaum Adam. Selama ini, pria memang dinilai lebih punya andil dalam hubungan seks dan punya libido yang lebih tinggi ketimbang wanita. Kendati begitu, ada juga beberapa pihak yang mengatakan hal sebaliknya. Ya, sebenarnya, libido wanita itu lebih tinggi daripada pria!

1 dari 3 halaman

Libido Tiap Orang Berbeda-Beda

Menanggapi hal tersebut, begini jawaban dari dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter. Menurutnya, memukul rata bahwa kaum A lebih tinggi libidonya dan kaum B lebih rendah gairah seksnya merupakan hal yang kurang tepat. Sebab, pada kenyataannya libido tiap orang, baik itu wanita maupun pria, berbeda-beda.

“Libido wanita dan pria itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, faktor genetik, pola hidup, dan status gizi. Bahkan, meluapnya gairah seks juga bisa dipengaruhi oleh perilaku dan pola pikir seseorang,” jelas dokter yang kerap disapa dr. Deri tersebut. 

Bisa saja seorang wanita A lebih tinggi libidonya ketimbang pria A. Atau, pria B lebih tinggi libidonya daripada wanita B. Dengan kata lain, segala kemungkinan dapat terjadi. 

Lalu, bagaimana dengan adat ketimuran yang membuat wanita menahan keinginannya, terutama dalam berhubungan seks? Memang, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa nilai yang membatasi wanita atau membuat wanita merasa tidak nyaman jika mereka terlalu ekspresif untuk meluapkan gairahnya. 

Namun, itu tidak berkaitan langsung dengan gairah seksual seseorang. Kembali lagi, libido seseorang bisa dipengaruhi berbagai hal. Akan lebih baik apabila Anda tidak membuat stereotipe bahwa prialah yang lebih nafsuan atau wanitalah yang sebenarnya lebih mudah terangsang. Sebab, keduanya dapat memiliki kondisi yang sama. 

2 dari 3 halaman

Cara Alami Tingkatkan Libido untuk Pria dan Wanita

Terlepas dari itu semua, sepertinya akan lebih menyenangkan jika sepasang suami istri sama-sama memiliki libido yang pas. Sehingga, ‘permainan’ di ranjang menjadi ‘panas’ dan berkesan. Untuk mewujudkan hal tersebut, cobalah lakukan beberapa langkah yang disarankan dokter, misalnya:

  • Konsumsi Tiram 

Dokter Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter mengatakan, tiram mengandung zinc dan zat besi yang diyakini bersifat afrodisiak atau dapat merangsang daya seksual pria maupun wanita.

“Selain dapat meningkatkan hasrat seksual, untuk pria tiram juga dapat mempertahankan kualitas sperma dan mencegah terjadinya disfungsi ereksi,” pungkas dr. Nitish. 

Artikel lainnya: Masalah Libido pada Pria dan Wanita dengan Diabetes

  • Konsumsi Pisang dan Alpukat

Selain itu, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter mengungkapkan pisang merupakan buah yang dapat meningkatkan produksi testosteron pada pria. Peningkatan hormon testosteron ini berdampak pada peningkatan hasrat seks. 

Nah, bagi wanita yang ingin meningkatkan gairah seksual sekaligus ingin mempercantik kulit, buah alpukat bisa jadi solusinya. Karena, alpukat memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk keduanya.

  • Pertahankan Berat Badan Ideal

Ilmuwan menghubungkan obesitas dengan dorongan seks yang rendah. Hal ini terkait dengan faktor hormonal, misalnya konsentrasi testosteron yang rendah dan efek psikologis (seperti rasa percaya diri) yang rendah. 

Pola makan sehat dan berolahraga teratur dapat membantu mencapai libido yang ideal sekaligus meningkatkan energi.

  • Hindari Stres Berlebih

Stres dan kecemasan akan membuat libido wanita dan gairah seksual pria menurun. Lebih buruknya lagi, kondisi tersebut mampu membuat Anda susah mencapai orgasme atau ejakulasi. 

Ereksi yang dialami pria pun biasanya tidak akan bertahan lama bila sedang kalut. Sementara pada wanita, vagina akan selalu kering. 

  • Cukupi Waktu Tidur dan Rutin Olahraga

Dua hal ini dapat membuat tubuh lebih kuat, tak terkecuali saat berhubungan seks. Apabila tubuh selalu dalam keadaan lelah dan lemas, tentu Anda tak akan mampu melakukan hubungan seksual dengan maksimal dan memuaskan pasangan.

Wanita dan pria memiliki libido yang berbeda-beda. Jadi, kurang tepat bila selalu menyamaratakan libido pria lebih tinggi daripada wanita ataupun sebaliknya. Ketimbang menuduh mana yang tinggi atau rendah, tingkatkan saja gairah tersebut bersama-sama. Toh, hasilnya bisa membahagiakan kedua belah pihak, bukan? 

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar