Sukses

Makanan Saat Natal yang Aman bagi Penderita Diabetes

Banyaknya hidangan Natal yang menggugah selera, pola makan tetap harus dijaga. Sebagai inspirasi, berikut ini makanan saat Natal yang aman bagi penderita diabetes.

Salah satu hal penting dalam perayaan Natal adalah menikmati hidangan khasnya bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Penderita diabetes tetap bisa menikmati sajian Natal, asalkan tetap mempertahankan aturan tertentu. Ada beberapa contoh makanan saat Natal yang aman bagi penderita diabetes.

Meski ada banyak pantangan, tetapi bukan penderita diabetes dilarang menyantapnya. Walaupun begitu, tetap pertimbangkan pilihan sehat, bila perlu merancang menunya. Pastikan menu makanannya bernutrisi lengkap dan seimbang, rendah lemak, dan punya banyak variasi buah dan sayur. Ini penting agar kadar gula darah tetap terkontrol.

1 dari 4 halaman

Makanan Saat Natal yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa contoh hidangan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes:

  • Daging Kalkun Panggang

Makanan tinggi protein seperti daging kalkun dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Artinya, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama, sehingga membuat Anda terus-terusan menyendok makanan ke piring.

Asupan protein yang cukup dapat menjaga massa otot tanpa lemak dan membuat kadar insulin tetap stabil setelah makan. Saat menyantap daging kalkun, pilih bagian dada dan hindari kulitnya karena mengandung lemak tinggi.

  • Salad dengan Minyak Zaitun

Salad dapat memastikan asupan sayuran penderita diabetes. Alih-alih mayones atau saus thousand island, pilih minyak zaitun sebagai dressing. Untuk menambah rasa, beberapa jenis cuka, perasan lemon, atau keju juga bisa dicampurkan.

Sayuran dalam salad dan minyak zaitun dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat polusi udara, serta dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Kentang

Cara terbaik menyajikan kentang adalah dengan memanggang, merebus, atau mengukusnya. Sebagai contoh, kentang rebus kaya akan vitamin, mineral, dan serat, dan sebaliknya rendah lemak, gula, dan garam.

Masaklah kentang dengan rempah alami, misalnya ketumbar, oregano, parsley, thyme, rosemary, dan lain-lain. Anda juga bisa makan kentang bersama kulitnya karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

  • Konsumsi Dessert dengan Bijak

Bila mungkin, pilih hidangan penutup yang mengandung kacang-kacangan, atau hidangan yang dapat dicampurkan dengan potongan. Misalnya es krim rendah lemak atau frozen yoghurt dengan potongan buah seperti stroberi, blueberry, atau kiwi.

Lebih amannya lagi, bila Anda menghadiri jamuan Natal, Anda bisa membawa makanan sendiri, jaga-jaga pada perjamuan tersebut minim makanan yang “ramah” bagi penderita diabetes.

2 dari 4 halaman

Batasi Konsumsi Alkohol

Pilihan terbaik tentu saja air putih, atau bisa juga jus buah tanpa tambahan pemanis. Bila ada minuman beralkohol, batasi asupannya. Bila minum wine, pilih yang kadar alkoholnya rendah. Organisasi Diabetes UK merekomendasikan asupan alkohol pria adalah 3-4 unit dan wanita sebanyak 2-3 unit.

Risiko hipoglikemia pada penderita diabetes yang minum minuman beralkohol jadi lebih berbahaya, karena organ hati harus bekerja untuk mengeluarkan alkohol dari darah, alih-alih melakukan pekerjaan utamanya untuk mengatur gula darah.

Artikel lainnya: Ini Tips Rayakan Natal dengan Cara yang Sehat

Setelah beberapa menit minum alkohol dan sampai 12 jam sesudahnya, kadar glukosa darah akan turun. Efek ini bisa makin parah bila penderita diabetes menggunakan insulin atau obat-obatan diabetes yang punya efek samping menurunkan kadar gula darah dengan merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin.

Satu lagi yang perlu diingat, jangan minum beralkohol saat perut kosong. Makanlah makanan berat atau camilan berkarbohidrat sebelumnya. Itu dapat membantu memperlambat tingkat penyerapan alkohol ke dalam aliran darah, serta membentuk karbohidrat simpanan (glikogen) yang mudah dilepaskan oleh hati.

Terakhir, ingatlah bahwa alkohol dapat merusak kemampuan hati untuk memproduksi glukosa. Jadi, pastikan untuk cek gula darah sebelum, selama, dan sesudah minum alkohol. Cek juga kadar gula darah Anda sesaat sebelum tidur untuk memantau perkembangan gejala diabetes Anda.

3 dari 4 halaman

Tips Tetap Sehat untuk Penderita Diabetes Lainnya

Untuk membantu mengendalikan diabetes pada momen kegembiraan Natal, lakukan tips ini agar tetap sehat:

  • Tetap Aktif

Jangan duduk di sofa terlalu lama. Berusahalah untuk tetap aktif. Misalnya bermain dengan keponakan, menari, jalan-jalan sejenak, atau aktivitas lainnya yang membuat tubuh bergerak.

  • Prioritaskan Sajian yang Banyak Mengandung Sayur

Isi setidaknya 2/5 piring dengan sayuran. Sayuran mengandung kalori yang rendah dan dapat membantu rasa kenyang tahan lebih lama. Namun, waspada sayuran yang dimasak dengan menggunakan santan.

  • Perhatikan Porsi

Menjaga porsi makan agar tidak berlebihan adalah salah satu kunci manajemen diabetes.

Itulah makanan saat Natal yang aman bagi penderita diabetes beserta tips agar tetap sehat. Tetap prioritaskan pilihan menu yang paling sehat, tidak makan atau minum berlebihan, usahakan untuk tetap aktif, dan cek kadar gula darah secara rutin. Selamat menikmati hidangan Natal!

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar