Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Mengatasi Sariawan dengan Resep Alami dari Dapur Anda

Cara Mengatasi Sariawan dengan Resep Alami dari Dapur Anda

Tidak perlu repot-repot mengatasi sariawan. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di dapur Anda sendiri!

Memiliki sariawan di dalam mulut memang sungguh menjengkelkan, terutama jika kondisi ini terus muncul berulang kali. Pasalnya, rasa sakit yang yang dialami akan mengganggu berbagai aktivitas Anda sehari-hari, seperti makan, menelan, hingga berbicara. Anda pun ingin buru-buru mengatasi sariawan yang mengganggu ini.

Dalam istilah medis, sariawan dikenal dengan stomatitis aphthous recurrent. Umumnya, kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita dibanding pria. Bintik putih menyakitkan di dalam mulut ini juga biasanya muncul di bagian dalam bibir atau samping lidah, meski bisa juga di bagian dalam pipi atau gusi.

Munculnya sariawan dapat dipicu oleh berbagai hal. Menyikat gigi secara agresif dapat menjadi salah satu penyebabnya. Begitu juga dengan cedera olahraga atau gigitan di bagian dalam pipi saat makan atau tidur.

Selain itu, faktor risiko sariawan yang berulang dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi stres, alergi terhadap suatu makanan tertentu, hingga perubahan hormon. Hal ini umumnya banyak dialami ketika seorang wanita mengalami masa menstruasi.

1 dari 2 halaman

Atasi Sariawan dengan Bahan Dapur

Luka sariawan umumnya dapat sembuh sendiri. Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk meredakan rasa sakit, mempercepat penyembuhan, dan mencegah infeksi. Bahan-bahan ini dapat ditemukan di dapur Anda, yaitu:

  1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam merupakan desinfektan alami. Ini merupakan bahan alami yang selalu tersedia di dapur Anda. Garam bisa menjadi obat yang bagus untuk mengatasi sariawan. Berkumur dengan menggunakan air garam hangat bisa membantu meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam dapur dalam setengah cangkir air hangat. Kemudian, berkumurlah selama 30 detik dan buang. Lalu, bilas mulut Anda dengan air segar.

  1. Baking Soda

Atau soda kue merupakan basa alkali di mana kandungannya dapat menetralkan asam di mulut Anda. Berkumur dengan soda kue juga akan membunuh bakteri di dalam mulut serta menyembuhkan sariawan lebih cepat. 

Campurkan 1 sendok teh soda kue dalam setengah cangkir air hangat. Kemudian aduk dan kumur selama 15 hingga 30 detik lalu buang. Ulangi setiap beberapa jam sesuai dengan kebutuhan.

Artikel lainnya: Kenali Cairan Terbaik untuk Atasi Sariawan

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki banyak manfaat sebagai obat segala hal, termasuk sariawan. Ini sumber asam asetat yang membantu membunuh bakteri yang mengiritasi luka dan mempertahankan flora normal mulut.

Anda dapat mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air kemudian kumur selama 30 detik hingga 1 menit dan buang. Lalu, bilas mulut hingga bersih. Penting untuk membilas dengan air bersih setelah menggunakan cuka sari apel untuk mencegah kerusakan pada enamel gigi.

  1. Minyak Cengkih

Banyak orang telah menggunakan minyak cengkih sebagai obat tradisional untuk menangani masalah mulut selama berabad-abad. Bahan tersebut masih digunakan dalam kedokteran gigi hingga ini sebagai antiseptik dan pereda nyeri.

Minyak cengkih adalah obat alami untuk mengatasi sariawan. Bahan aktifnya adalah eugenol yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Minyak ini dapat dioleskan langsung ke daerah yang terkena sariawan untuk meredakan nyeri.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat ditemukan di dapur untuk mengatasi sariawan. Bila saat ini Anda sedang mengalaminya, tak ada salahnya untuk mengikuti cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Namun, jika sariawan tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, ada baiknya segera langsung memeriksakannya ke dokter.

[HNS/RPA]

1 Komentar