HomeInfo SehatKesehatan UmumIni Tips Rayakan Natal dengan Cara yang Sehat
Kesehatan Umum

Ini Tips Rayakan Natal dengan Cara yang Sehat

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 25 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di tengah serbuan makanan lezat saat Natal, penting untuk tetap menahan diri dan menjaga kesehatan. Inilah tips rayakan Natal dengan sehat bersama keluarga.

Ini Tips Rayakan Natal dengan Cara yang Sehat

Tanggal 25 Desember memang selalu dinanti seluruh umat Kristiani untuk merayakan hari bahagia yaitu Natal. Berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta sambil menyantap beragam hidangan lezat khas Natal menjadi momen yang ditunggu. Namun, jangan sampai kamu menjadi kalap. Ketahuilah tips rayakan Natal dengan cara yang sehat.

Biasanya, selama masa liburan banyak orang yang kompromi soal kesehatan. Akibatnya, timbul berbagai penyakit setelah perayaan Natal. Hal ini pun telah ditelaah oleh banyak peneliti. Sebagian besar orang mengalami kenaikan berat badan pasca liburan sebesar 0,4-2 kg.

Kenaikan berat badan yang tidak terkontrol tersebut dapat berujung pada timbulnya aneka komplikasi, seperti obesitas (kegemukan), penyakit jantung, dan sebagainya. Selain itu, pola makan tidak sehat seperti makan dalam porsi besar, terlalu banyak makan makanan dan minuman manis, konsumsi alkohol berlebih, dan kurang serat juga menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit pasca perayaan hari raya atau liburan.

Dilansir dari Scientific American, sebuah penelitian di Selandia Baru menemukan kasus kematian selama liburan lebih tinggi dibanding waktu lain dalam setahun. Hal tersebut berhubungan dengan kebiasaan buruk yang dilakukan selama liburan.

Tips Rayakan Natal dengan Sehat

Namun, kamu tetap dapat menikmati dan merayakan Natal dengan cara yang sehat kok. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

1. Tetap Aktif Bergerak

Hari Natal memang waktu yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga di dalam rumah. Namun, jangan lewatkan waktu olahraga kamu meski sedang liburan. Kamu dapat bangun lebih pagi untuk jalan kaki atau bersepeda keliling rumah.

Selain itu, kamu juga dapat mengajak anggota keluarga yang lain untuk berolahraga bersama di pagi atau sore hari. Usahakan agar tetap aktif bergerak karena aktivitas fisik dapat menjaga kondisi tubuh tetap prima.

2. Penuhi Meja Makan dengan Buah-Buahan

Alih-alih menaruh kue kering, roti manis, donat, permen, atau sirup, penuhi meja makan kamu dengan buah-buahan. Dengan demikian, buah akan selalu menjadi pilihan untuk menjadi camilan sehat dan tinggi serat.

3. Jaga Mata, Tangan, dan Mulut

Saat Natal, kamu akan berkunjung ke rumah sanak keluarga dan dihadapkan dengan beragam hidangan. Sayangnya, seringkali hidangan tersebut tinggi lemak jenuh, gula, dan garam, serta rendah serat. Karena itu, kamu perlu menjaga mata, tangan, dan mulut kamu.

Bijaklah dalam memilih makanan. Kurangi makanan yang tinggi lemak jenuh. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran. Saat mengonsumsi karbohidrat, pilih yang sifatnya kompleks seperti roti gandum atau nasi merah.

4. Istirahat Cukup

Menghabiskan waktu dengan mengobrol dan bermain hingga larut malam bersama keluarga adalah hal yang sering dilakukan selama perayaan atau liburan. Hal ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun karena tubuh kurang istirahat. Karena itu, pastikan kamu selalu tidur setidaknya 6-9 jam setiap harinya.

5, Berbagi dengan Sesama

Sehat tak hanya soal fisik, tetapi juga jiwa. Berbagi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jiwa. Momen Natal merupakan waktu yang tepat untuk berbagi dengan sesama terutama mereka yang membutuhkan.

Gunakanlah kesempatan ini untuk menyalurkan waktu, tenaga, dan materi kamu untuk melayani orang lain yang membutuhkan.

6. Atur Porsi Makanan

Tips yang terakhir adalah kamu perlu atur porsi makanan kamu dengan bijak. Karena mengatur porsi makanan adalah salah satu langkah yang penting dalam menjaga kesehatan di hari perayaan.

Apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat mengakibatkan asupan kalori berlebih dan mengganggu kesimbangan nutrisi.

Jika memungkinkan, kamu bisa berbagi hidangan dengan keluarga, apalagi hal ini bisa menjaga kehangatan suasana. Selain itu cara ini dapat membantu kamu mengurangi kalori yang akan dikonsumsi.

Itulah beberapa tips rayakan Natal dengan cara yang sehat. Selamat menikmati waktu yang hangat bersama keluarga dan jangan lupa tetap terapkan hidup sehat selama merayakan nya. Selamat Natal!

Untuk dapatkan informasi atau tips lainnya, kamu bisa unduh aplikasi KlikDokter, ya.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu Selalu! 

Hari NatalHidangan NatalKiat Hidup Sehat

Konsultasi Dokter Terkait