Sukses

Deretan Makanan Khas Natal yang Enak dan Sehat

Ingin merayakan Natal dengan khidmat? Jangan lupa konsumsi manana khas Natal yang sehat dan bernutrisi. Ini deretan makanan natal yang direkomendasikan.

Hari Natal sebentar lagi datang. Pada hari tersebut, umat Kristiani akan akan dipenuhi dengan sukacita dan kegembiraan karena berbagai alasan

Layaknya hari besar lainnya, perayaan Natal pun identik dengan kumpul bersama keluarga dan diwarnai dengan berbagai sajian makanan. 

Sayangnya, selama masa masa natal hingga pergantian tahun, banyak orang kompromi dengan kesehatan dan abai untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Sebagian besar orang mengalami kenaikan berat badan setelah selesai masa libur Natal dan tahun baru. Agar Anda tidak demikian, pilihlah makanan Natal yang sehat dan bergizi. 

Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat Natal yang dapat Anda buat dan konsumsi bersama keluarga:

1 dari 4 halaman

1. Daging Panggang

Tentu sulit untuk menolak hidangan ini di meja makan. Daging merah yang rendah lemak dapat meningkatkan hemoglobin sehingga menjadi pilihan makanan sehat Natal bagi Anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. 

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu garam, lada hitam, dan rempah lainnya sesuai selera. Kemudian, panggang dalam oven atau dibakar dalam bentuk sate. 

Tak perlu menambahkan mentega pada daging, agar kadar lemak jenuh tidak melonjak. Hindari pula memanggang dengan suhu sangat tinggi.

Sebagai kombinasi, hidangkan pula sayur-sayuran; seperti wortel, buncis, asparagus, tomat, brokoli, paprika, jagung, kentang, atau lainnya sesuai selera Anda. 

Setelah siap disajikan, Anda dapat menambahkan sumber lemak yang sehat seperti minyak zaitun. 

Artikel Lainnya: Jelang Natal, Ini Tips Membawa Bayi ke Gereja

2. Ayam Panggang Saus Asam Manis 

Makanan natal lain yang juga sehat adalah ayam panggang dengan tambahan saus asam manis. 

Caranya, rendam ayam dalam bumbu yang terdiri dari cuka beras, kecap asin, gula, saus tomat, cuka apel, bawang putih bubuk, lada, dan garam sesuai selera. Biarkan bumbu rendaman meresap ke dalam potongan ayam. 

Tusuk potongan ayam, paprika, serta bawang bombai secara bergantian membentuk kebab, dan bakar di atas arang. Sesekali, olesi dengan bumbu rendaman secara berkala. 

Setelah matang, sajikan ayam panggang dengan nasi merah atau sumber karbohidrat kompleks lainnya. Jangan lupa sertakan sayuran juga, ya! 

2 dari 4 halaman

3. Kue Bayam dengan Keju

Anda juga dapat membuat kue bayam sebagai pilihan makanan pembuka yang sehat di hari Natal. 

Bahannya terbilang mudah, yakni bayam, keju ricotta, keju parut, bawang putih, garam, dan lada. 

Cara membuatnya mulai dengan mengocok telur di dalam mangkuk, masukkan potongan bayam yang dicacah, bawang putih yang dihaluskan, serta garam dan lada secukupnya. Aduk hingga rata. 

Masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan, dan kukus selama 20 hingga 30 menit. Setelah matang, adonan akan lebih kokoh seperti kue. 

Artikel Lainnya: Manfaat Merayakan Natal Bersama Keluarga Bagi Kesehatan Mental

4. Puding Roti Buah 

Sebagai makanan penutup, puding roti buah dapat Anda sajikan sebagai makanan natal. 

Bahannya adalah roti tawar; buah-buahan, seperti strawberry, kiwi, jeruk, dan anggur; telur; putih telur; susu cair rendah lemak; krim; madu; dan garam secukupnya. 

Letakkan satu lapis roti hingga menutupi dasar loyang, kemudian selingi dengan buah di atasnya. Iringi dengan lapisan roti dan buah setelahnya. Ulangi terus hingga buah dan roti habis. 

Setelah itu, kocok telur, putih telur, krim, susu, madu dan garam dalam mangkuk hingga tercampur rata. Tuangkan campuran tersebut ke atas loyang dan biarkan selama satu jam. 

Setelah itu, panggang selama 30 menit dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Jangan lupa tutup dengan alumunium foil sebelumnya. 

Setelah 30 menit, lepaskan alumunium foil dan panggang kembali adonan selama satu jam hingga tekstur puding tampak kokoh. 

Artikel Lainnya: Kiat Menjaga Kolesterol Tetap Aman di Hari Natal

3 dari 4 halaman

5. Aneka Salad

Anda dapat menyajikan salad rendah karbohidrat selama hari Natal. Campurkan alpukat, telur, tomat, lemon, garam, dan lada secukupnya. 

Anda bisa mengombinasikannya dengan keju atau sumber protein lain, seperti daging, untuk melengkapi salad sehat tersebut.

6. Es Matcha Latte

Matcha sudah dikenal dengan banyak manfaatnya bagi kesehatan, di antaranya adalah mengandung antioksidan tinggi dan meningkatkan metabolisme, sehingga tak bikin berat badan cepat naik. 

Pastikan Anda memilih bubuk matcha yang tidak mengandung pemanis buatan. Selain itu, tambahkan susu rendah lemak agar matcha latte lebih rendah kalori. Sajikan dingin untuk rasa yang lebih nikmat. 

Ada banyak pilihan makanan sehat Natal yang dapat Anda eksplorasi dan sajikan untuk keluarga. 

Jangan lupa untuk tetap aktif bergerak dan cukup istirahat. Dengan demikian, Anda dapat menikmati waktu bersama keluarga dalam kondisi yang sehat dan bugar. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai makanan khas Natal yang menyehatkan? Punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan lainnya? 

Konsultasikan secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar