HomeInfo SehatJantungMengenal Takikardia, Penyakit Gangguan Irama Jantung
Jantung

Mengenal Takikardia, Penyakit Gangguan Irama Jantung

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 24 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Takikardia adalah salah satu penyebab kematian akibat gangguan irama jantung. Kenali dan waspadai, agar penyakit ini tidak menyerang Anda!

Mengenal Takikardia, Penyakit Gangguan Irama Jantung

Jantung berdebar tanpa sebab yang jelas? Jangan buru-buru mengira bahwa Anda sedang jatuh cinta. Faktanya, jantung berdebar tanpa sebab juga dapat menjadi tanda dari penyakit takikardia.

Takikardia adalah gangguan irama jantung. Pada kondisi ini, jantung akan berdebar-berdebar dengan sangat cepat tanpa sebab yang jelas.

Perlu Anda tahu, detak jantung manusia normal berada pada kisaran 60 hingga 100 kali per menit saat istirahat. Nah, pada penderita takikardia, detak jantung saat penderitanya istirahat bisa lebih dari kisaran tersebut.

Mengenal Tipe Takikardia Jantung

Takikardia digolongkan menurut asal dan penyebab terjadinya kelainan jantung. Adapun jenis takikardia yang umum ditemui, yaitu:

  • Fibrilasi Atrium

Fibrilasi atrium atau atrial fibrillation adalah detak jantung cepat yang disebabkan oleh rangsangan impuls listrik tidak teratur pada ruang atas jantung (atria). Ini adalah kondisi takikardia yang paling umum ditemukan. 

Beberapa hal yang dapat menyebabkan fibrilasi atrium adalah gangguan katup jantung, hipertiroidisme atau penggunaan alkohol berat. Kondisi ini bisa bersifat sementara atau permanen, tergantung pengobatan dan gaya hidup yang dilakukan pasien.

Artikel Lainnya: Perlukah Waspada Saat Detak Jantung Terlalu Cepat? 

  • Atrial Flutter

Pada atrial flutter, ruang atrium jantung berdetak sangat cepat. Kelainan detak jantung akibat kondisi ini terjadi secara teratur, sehingga menghasilkan kontraksi atrium yang lemah.

Atrial flutter disebabkan oleh sirkuit listrik yang tidak teratur di dalam atrium. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya atau memerlukan perawatan dari dokter yang ahli.

  • Takikardia Ventrikel

Takikardia ventrikel adalah denyut jantung cepat yang terjadi akibat sinyal listrik abnormal di ruang bawah jantung (ventrikel). Detak jantung cepat tidak memungkinkan ventrikel mengisi dan berkontraksi secara efisien untuk memompa cukup darah ke seluruh tubuh.

Pada keadaan tertentu, serangan takikardia ventrikel dapat terjadi singkat dan berlangsung beberapa detik tanpa menyebabkan kerusakan. Tetapi, serangan yang berlangsung lama dapat menyebabkan kondisi gawat darurat yang mengancam nyawa.

Artikel Lainnya: Gangguan Kesehatan Ini Bikin Detak Jantung Tak Normal

  • Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi ventrikel adalah kondisi yang terjadi ketika impuls listrik cepat dan tidak teratur menyebabkan ventrikel bergetar dengan tidak efektif. Kondisi ini bisa terjadi selama atau setelah seseorang mengalami serangan jantung.

Pada fibrilasi ventrikel, jantung tidak bisa memompa darah, melainkan hanya bergetar tidak beraturan. Hal ini bisa berakibat fatal, karena dapat menyebabkan kerusakan organ vital apabila tidak segera diobati.

Pada dasarnya, takikardia adalah kelainan jantung yang bisa mengancam nyawa apabila dibiarkan tanpa pengobatan. Oleh karena itu, apa pun jenis takikardia yang dialami, penderita mesti segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Jangan lupa untuk ubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Jaga juga berat badan agar tetap ideal, hindari rokok, kontrol tekanan darah dan kolesterol dengan mengelola pola makan sehari-hari. 

Jika  mengalami keluhan jantung berdebar tanpa sebab, sesak dan nyeri dada, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi itu merupakan gejala awal takikardia yang mesti ditangani segera. Jangan anggap sepele, karena kelainan jantung ini sangat bisa mengancam nyawa.

(NB/RPA)

TakikardiaPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait