Sukses

Ini Alasan Rhinos SR Tak Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Ketika sedang mengalami pilek, Rhinos SR kerap menjadi andalan. Namun, kini obat favorit Anda tersebut tidak bisa dibeli bebas. Berikut alasannya.

Pada musim pancaroba, Anda akan lebih rentan sakit, terutama saat imun tubuh buruk. Salah satunya adalah common cold, yang ditandai dengan demam, batuk, dan pilek. Dalam kondisi ini, Rhinos SR kerap menjadi senjata utama karena dapat dengan cepat meredakan gejala tersebut, terlebih dalam mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Akan tetapi, sekarang ini Rhinos SR tidak bisa lagi dibeli secara bebas. Anda yang ingin mendapatkannya di apotek atau toko obat terdekat harus membawa serta resep dokter. 

Banyak yang bertanya-tanya soal Rhinos SR yang sulit didapatkan. Bahkan, ada orang yang berpikir produk obat ini mengandung zat yang berbahaya. Sebenarnya, masalah bukan terdapat dalam kandungan obatnya. 

Ini karena pastinya produsen Rhinos SR sudah menakar dengan baik kandungan tersebut sehingga baik untuk kesehatan. Sebenarnya, produk obat flu ini tidak dijual bebas karena adanya risiko penyalahgunaan yang bukan untuk kepentingan kesehatan.

Artikel Lainnya: Apa Bahaya Konsumsi Obat Hipertensi Tanpa Resep Dokter?

Selain itu, Rhinos juga tidak bisa digunakan oleh orang-orang yang mengidap penyakit tertentu. Itu sebabnya, Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi obat ini. 

Kandungan Rhinos SR

Rhinos SR mengandung loratadin dan pseudoephedrine HCl. Zat-zat ini sering digunakan untuk mengatasi gejala hidung tersumbat, bersin, hidung berair atau rinore, gatal atau pruritus, dan mata berair. 

Satu kapsul Rhinos SR sendiri mengandung 5 mg loratadin dan 60 mg pseudoephedrine HCl. Obat ini biasanya dikonsumsi dua kali sehari. 

Namun, sebaiknya dosis penggunaan Rhinos SR harus Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum digunakan. Pasalnya, dosis penggunaannya dapat berbeda-beda setiap pasien, tergantung pada berat dan tidaknya penyakit yang diderita.

1 dari 3 halaman

Mengapa Rhinos SR tergolong dalam Obat Keras?

Seperti disinggung di atas, Anda tidak bisa lagi memperoleh obat ini secara bebas. Salah satu alasannya adalah karena Rhinos SR tergolong ke dalam obat keras. Itulah sebabnya, Anda sangat tidak disarankan mengonsumsinya tanpa petunjuk dokter.

Obat jenis ini tergolong ke dalam dekongestan sehingga dikenal ampuh untuk meredakan flu. Kandungan zat di dalamnya dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan gejala flu.

Akan tetapi, dalam kondisi kesehatan tertentu, Rhinos SR dapat menimbulkan beberapa efek samping saat dikonsumsi, yakni sebagai berikut ini.

  • Gangguan saluran pencernaan.
  • Jantung berdebar.
  • Laju jantung meningkat atau takikardia (lebih dari 100x/menit).

Artikel Lainnya: Perlukah Menghabiskan Antibiotik dari Resep Dokter?

Selanjutnya, obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner dan gangguan irama jantung, glaukoma sudut tertutup, serta juga riwayat hipertensi

Orang-orang yang punya riwayat alergi atau hipersensitif terhadap agen adrenergik yang ada di dalam Rhinos SR juga tidak diperbolehkan mengonsumsinya. 

Selain itu, ketika saat ini sedang mengonsumsi obat lain, sebaiknya Anda memberitahukannya terlebih dahulu dengan dokter. Dikhawatirkan, Rhinos SR bisa menimbulkan interaksi terhadap obat tertentu.

2 dari 3 halaman

Kandungan Prekursor Narkotika

Selain tergolong obat keras, Rhinos SR juga tidak bisa dibeli bebas karena kandungan pseudoephedrine yang ada di dalam obat ini tergolong dalam prekursor narkotika. Lantas, apakah prekursor narkotika itu?

Berdasarkan pasal 1 ayat 2 UU Narkotika, prekursor narkotika adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan narkotika. Itulah sebabnya, penggunaan Rhinos SR saat ini dibatasi dan harus melalui resep dokter.

Peraturan penggunaan prekursor saat ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2010 tentang Prekursor. Pasal 129 UU Narkotika juga sudah memaparkan hukuman penjara dan denda bagi orang-orang yang melanggarnya.

Selain itu, membatasi pembelian bahan prekursor narkotika ini secara bebas juga sekaligus membantu membatasi penyalahgunaan zat ini untuk produksi narkotika. Karena dikhawatirkan ada orang yang menggunakannya bukan untuk kesehatan.

Keluhan batuk dan pilek paling sering disebabkan infeksi virus dan turunnya daya tahan tubuh. Itu sebabnya, yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga baik. Jika Anda ingin menggunakan Rhinos SR, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar