Sukses

Tips Mudik Natal Jalur Darat dengan Anak Down Syndrome

Liburan Natal kali ini, Anda ingin mengajak anak yang memiliki Down syndrome untuk mudik lewat jalur darat. Apa saja yang mesti dipersiapkan dengan matang?

Hari Natal tinggal menghitung hari. Bila Anda berencana untuk mengajak anak yang memiliki Down syndrome atau sindrom Down untuk mudik atau liburan lewat jalur darat, perencanaannya tentu harus ekstra matang.

Perlu diketahui, tubuh manusia dibentuk dari jutaan sel. Setiap sel terdiri dari 46 kromosom. DNA yang terdapat di dalam kromosom akan menentukan perkembangan tubuh manusia.

Pada anak dengan sindrom Down, terdapat kromosom tambahan, yaitu kromosom 21 (total menjadi 47 kromosom). Oleh karena itu down syndrome sering kali disebut dengan trisomi 21.

Tambahan kromosom itulah yang kemudian menyebabkan perubahan dalam tumbuh kembang seseorang dan menimbulkan berbagai kelainan yang khas, seperti kelainan struktur wajah, postur tubuh, dan sebagainya. Itu menjadikan anak-anak dengan sindrom Down terlihat berbeda dari anak-anak lainnya.

Artikel lainnya: Mengenal Down Syndrome Lebih Dekat

Gangguan fisik dan masalah kesehatan bervariasi pada masing-masing anak. Perlu digaris bawahi, sindrom Down bukanlah penyakit, karena ada keterlibatan mutasi genetik yang kompleks. Karenanya, meski anak terlahir dengan sindrom tersebut, bukan berarti mereka tak bisa menjalani hidup seperti anak-anak lainnya, termasuk saat mengajaknya liburan.

Tips Mengajak Anak dengan Down syndrome Liburan

Persiapan membawa anak Down syndrome liburan memang harus direncanakan dengan sempurna. Jangan sampai ada yang terlewat karena bisa mengganggu perjalanan liburan  Natal.

Dijelaskan oleh dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila mengajak anak dengan sindrom Down liburan dengan moda transportasi darat.

1. Pastikan Kondisi Fisik Anak Sehat 

Pastikan anak dalam kondisi fisik yang prima saat menjalani liburan. Hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan si Kecil tidur cukup dan mendapatkan asupan makanan yang bergizi sebelum ia liburan. Hal ini penting karena liburan dengan menggunakan jalur darat lebih melelahkan.

2. Survei Jalur Mudik

Meski umumnya lebih fleksibel, Anda tetap harus siap dengan berbagai “kejutan” yang mungkin terjadi, misalnya jalanan yang macet, jadwal kereta atau bus terlambat, dan sebagainya.

Anak dengan sindrom Down biasanya akan lebih rewel dan mudah bosan. Karena itu, survei dulu jalur yang akan dilewati. Sebisa mungkin, pilih jalan dengan tingkat kemacetan paling minimal dan tentukan waktu yang tepat untuk berangkat.

“Anda bisa memilih untuk jalan dari subuh atau malam hari, yang biasanya kondisi jalanan lebih tidak macet. Selain itu, pilihlah waktu yang memang bertepatan dengan waktu tidur anak, agar ia tidak mudah rewel dalam perjalanan,” dr. Nabila menerangkan.

3. Bawa Mainan Favoritnya

Setiap anak tentu punya mainan favorit. Karenanya, mainan tersebut jangan sampai tertinggal agar anak tidak rewel dan cemas ketika harus terjebak dengan kemacetan lalu lintas atau peristiwa tak diinginkan lainnya.

Artikel lainnya: 6 Masalah Kesehatan yang Menimpa Anak Down Syndrome

4. Bawa Obat-obatan dan Camilan

Jika anak memiliki penyakit tertentu, obat-obatannya jangan sampai ketinggalan. Umumnya, penyakit yang rentan dialami oleh anak dengan sindrom Down di antaranya adalah: sembelit, intoleransi terhadap gluten, gangguan saat makan, hipotermia, gangguan telinga, gangguan jantung, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk membawa camilan sehat yang disukai anak supaya ia tidak rewel atau mengamuk kelaparan.

5. Sedia plan B

Meski sudah berencana, tetapi kenyataannya tak seperti ekspektasi. Misalnya, anak kurang sehat atau cuaca terus-terusan hujan. Agar keceriaan masa liburan tak sirna karena hal-hal tak terduga, selalu siapkan alternatif rencana. Salah satu caranya adalah dengan membawa beberapa permainan kesukaan anak, membawa tontonan kesukaan anak, transit di tempat wisata, dan lain-lain.

6. Jangan lengah

Jangan sampai lengah dan melepaskan anak dari pandangan. Tetap waspadai tiap gerak-geriknya. Temani ia jika ingin ke kamar kecil, membeli camilan di warung atau mini market, atau pastikan mobil selalu terkunci selama perjalanan.

Mengajak anak dengan Down syndrome atau anak berkebutuhan khusus lainnya memang butuh persiapan ekstra sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Selain tips di atas, paling baiknya adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau psikolog yang tahu akan kondisi anak, atau bertanya dengan orang tua lainnya yang memiliki anak dengan sindrom Down. Selamat liburan Natal!

[RN/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar