Sukses

Punya Gigi Maju alias Tonggos? Ini Solusi Menurut Medis

Bagi beberapa orang, punya gigi tonggos membuat kepercayaan diri turun. Jika memilikinya, ada solusi medis yang bisa dilakukan untuk merapikannya.

Bagi Anda yang punya masalah dengan gigi maju alias tonggos, pasti ingin melakukan berbagai upaya demi membuatnya terlihat normal. Namun tenang, ada beberapa solusi medis bagi Anda yang ingin mengatasi gigi dengan ukuran yang berbeda.

Punya gigi tonggos biasanya terjadi karena faktor genetik. Namun, mungkin bisa juga karena kecelakaan kecil yang dialami. Selain itu, tonggos juga bisa terjadi karena faktor kebiasaan sewaktu kecil. Gigi yang dianggap tonggos biasanya, posisinya lebih maju pada bagian atas.

Tonggos dalam bahasa medisnya disebut dengan maloklusi. Banyak orang yang sangat malu ketika punya masalah gigi maju. Paling sering, orang dengan gigi tonggos akan menjadi bahan olok-olokan rekan-rekannya.

Pastinya tidak ada yang mau dilahirkan dengan kondisi tersebut. Akan tetapi, kalau sudah terjadi, Anda jangan khawatir. Ada beberapa solusi medis yang bisa membantu gigi menjadi dalam bentuk normal.

Artikel Lainnya Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gigi Tonggos

1 dari 2 halaman

Solusi Medis untuk Gigi Maju

Anda bisa meratakan gigi tonggos lewat berbagai cara sesuai anjuran medis, yakni sebagai berikut.

  1. Pasang Behel

Pasang behel atau kawat gigi sudah awam dilakukan bagi orang yang mengalami gigi tonggos. Sebelum memulai perawatan kawat gigi, terlebih dahulu dilakukan perawatan untuk koreksi rahang.

"Koreksi rahang atau memperbaiki posisi rahang bisa dilakukan dengan penggunaan alat khusus untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan rahang. Paling baik dilakukan pada saat perkembangan dan pertumbuhan rahang, yaitu usia 13-15 tahun," ujar drg. Callista Argentina dari KlikDokter.

"Namun, pada kasus yang ekstrem dan sudah terlambat ditangani, memerlukan tindakan bedah korektif. Dokter bedah gigi dan mulut akan membuang sebagian tulang. Kemudian, rahang ditempatkan pada posisi yang benar. Sebaliknya, rahang pendek dapat diperpanjang atau dipendekkan untuk mendapatkan estetika dan fungsi wajah yang lebih baik," sambungnya.

Jika sudah melakukan koreksi rahang, pemasangan behel sudah bisa dilakukan. Behel atau dalam bahasa medisnya ortodontik ada dua jenis, yaitu yang lepasan dan cekat.

Artikel Lainnya Mengisap Jempol Sebabkan Gigi Tonggos pada Anak?

Alat ortodontik lepasan ini dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien dan hanya dapat digunakan untuk merawat kasus ringan. Sedangkan alat ortodontik cekat tidak dapat dilepas pasang oleh pasien. Biasanya, waktu pemasangan lebih lama bergantung pada masing-masing kasus.

"Penentuan jenis mana yang dipakai bergantung pada pemeriksaan dokter gigi. Setelah pemeriksaan hubungan gigi geligi atas dan bawah biasanya akan ada pencetakan rahang. Dokter akan membuat model rahang (dari gips) untuk analisis kebutuhan ruang. Selain itu, dilihat juga dari pemeriksaan foto rontgen," tutur drg. Callista.

Perlu diingat, perawatan ortodontik ada aturannya, ada standar operasionalnya. Tidak dapat dikatakan behel ada kriteria baik atau buruk. Ini karena semua jenis memiliki fungsi masing-masing dan kembali lagi bergantung pada kasus masing-masing pasien.

  1. Crown Gigi

Solusi gigi tonggos bisa juga dengan perawatan crown gigi. Perawatan ini biasanya adalah mengikis atau gigi Anda dipotong. Perawatan ini juga memerlukan perawatan saraf-saraf di sekitar gigi. Setelah dikikis, gigi akan dilapisi lagi supaya gigi terlindungi dengan baik.

  1. Dicabut dan Diganti Gigi Palsu

Satu lagi cara ekstrem yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut gigi yang terlihat tonggos. "Setelah mencabut gigi, biasanya akan diganti gigi palsu," ujar drg. Callista.

Itu adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk solusi memperbaiki gigi tonggos. Untuk semua perawatan gigi, jangan sekalipun Anda melakukannya di tukang gigi. Sebaiknya Anda pergi ke ahlinya, baik sejak konsultasi sampai melakukan perawatan.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar