Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 6 Jenis Ikan yang Sehat untuk Dikonsumsi dan Rekomendasi Mengolahnya

6 Jenis Ikan yang Sehat untuk Dikonsumsi dan Rekomendasi Mengolahnya

Ada beberapa jenis ikan yang sehat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Selain itu, ketahui cara mengolah seafood satu ini dengan.

Anda suka mengonsumsi seafood, terutama ikan? Ada baiknya hal ini ditularkan kepada buah hati. Pasalnya, sejumlah ikan diketahui dapat membantu tumbuh kembang otak. Kira-kira, jenis ikan apa yang sehat dikonsumsi dan cara mengolahnya yang aman?

1 dari 3 halaman

Benarkah Ikan Bermanfaat untuk Otak?

Ya, ikan sejak lama digadang-gadang bagus untuk otak. Ini diperlukan oleh anak-anak sejak mereka masih sangat kecil. Bahkan, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sangat gencar mengkampanyekan makan ikan setiap hari karena memang khasiatnya yang luar biasa.

Beberapa jenis ikan dipercaya memiliki kandungan omega-3, DHA, dan EPA. Menurut dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dari KlikDokter, kombinasi zat gizi tersebut membuat asupan ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak anak.

Anda bisa memberikan anak dua porsi ikan setiap minggunya untuk pertumbuhan otak yang optimal. Namun, hindari memberi ikan secara berlebih karena berpotensi mengandung merkuri yang dapat merusak sel dan jaringan di dalam tubuh anak.

Artikel Lainnya: Pro Kontra Manfaat Ikan Asin bagi Kesehatan Tubuh

Bukan hanya untuk anak-anak, ikan juga perlu dikonsumsi oleh orang dewasa. Ikan bisa membantu kesehatan kardiovaskular makin sehat, menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko kanker.

Jenis Ikan yang Sehat untuk Dikonsumsi

Menurut Seafood Watch, berikut adalah enam ikan yang sehat untuk Anda konsumsi. Apa saja? Cek beberapa jenis ikan yang direkomendasikan di bawah ini.

  1. Albacore Tuna 

Banyak tuna menyerap dan mengandung kadar merkuri yang tinggi. Tuna jenis ini berwarna putih dan biasanya dibuat menjadi produk makanan kaleng. Tuna Albacore mendapat peringkat tertinggi untuk urusan kandungan omega-3. Selain itu, kadar merkuri dan penyerapan senyawa lainnya jauh lebih rendah.

  1. Salmon 

Tidak perlu diragukan lagi, salmon memang punya khasiat luar biasa bagi tubuh manusia. Jenis ikan ini mudah ditemui juga karena sering dijadikan olahan sushi.

Artikel Lainnya: Ikan Asin, Adakah Manfaatnya bagi Kesehatan?

Salmon memiliki kandungan omega-3 tinggi yang berfungsi meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D dan selenium mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah penyakit ADHD.

  1. Tiram 

Tiram yang dibudidayakan cocok untuk Anda. Ini karena 3 ons tiram mengandung lebih dari 300 mg omega-3. Jumlah ini sekitar sepertiga dari nilai harian zat besi yang disarankan untuk dikonsumsi

  1. Sarden 

Ikan sarden yang mungil dan murah ini masuk ke banyak daftar superfood. Ini karena sarden memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Ikan ini mengandung omega-3 yang tinggi sekitar 1.950 mg per 3 ons. Kandungan ini lebih tinggi daripada salmon, tuna, atau hampir semua jenis ikan lainnya.

  1. Rainbow Trout 

Meskipun trout danau mengandung kadar penyerap senyawa yang lebih tinggi, Anda akan lebih mudah menemukannya di pasaran. Ini karena ikan jenis rainbow trout atau ikan trout pelangi banyak dibudidayakan. Jadi, bisa mengurangi kontaminasi senyawa lain di dalam tubuhnya. Anda bisa mendapatkan ikan trout pelangi di supermarket besar.

Di Amerika Serikat contohnya, ikan trout pelangi diternakkan terutama di kolam air tawar di mana mereka lebih terlindungi dan diberi makan makanan ikan yang telah disesuaikan untuk menghemat sumber daya. Ikan jenis ini yang sudah diternakan juga kaya akan manfaat untuk perkembangan otak.

2 dari 3 halaman

Mengolah Ikan dengan Tepat

Percuma kalau ikan sehat yang dibeli jika Anda salah mengolahnya. Bisa jadi pengolahannya yang justru menghilangkan manfaat ikan itu sendiri.

"Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari ikan, Anda perlu mengolahnya dengan cara yang tepat, seperti dikukus atau direbus. Anda dapat membuat sup ikan atau mengukus ikan dengan tambahan berbagai rempah yang menambah kelezatan ikan Anda," ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

Di sisi lain, dr. Alvin menyarankan Anda untuk menghindari menggoreng, apalagi dengan menggunakan banyak minyak. Ikan yang diolah dengan cara digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Anda sekarang sudah tahu beberapa jenis ikan yang baik untuk kesehatan Anda dan anak-anak Anda. Ketahui juga cara mengolahnya agar tetap bisa mendapatkan manfaat sehat dari ikan tersebut.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar