Sukses

Jelang Natal, Ini Tips Membawa Bayi ke Gereja

Ini kali pertama Anda merayakan Natal bersama dengan sang bayi? Kalau iya, ada beberapa tips membawa bayi agar Anda tetap bisa khusyuk beribadah.

Tidak terasa, sebentar lagi umat Nasrani akan merayakan Natal. Tentunya, momen bahagia ini ingin Anda rayakan bersama dengan keluarga tercinta, termasuk bayi Anda. Nah, agar kegiatan ibadah di gereja berjalan dengan “tentram”, ada beberapa tips membawa bayi yang bisa Anda lakukan.

Mengapa hal ini penting? Ada banyak sekali kemungkinan bayi rewel dan menangis selama ibadah yang berpotensi menimbulkan kegaduhan. Belum lagi kalau si Kecil merasa bosan atau asing dengan lingkungan dan orang-orang di sekitar.

Tapi jangan khawatir dulu! Dokter Theresia Rina Yunita dari KlikDokter memberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin membawa bayi ke gereja di hari Natal. Berikut tips-tipsnya: 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Pastikan Bayi Sudah Kenyang

Sebelum pergi ke gereja, pastikan Anda telah memberikan bayi makanan yang cukup agar perutnya terasa kenyang. Sama halnya dengan Anda, saat perut kosong dan lapar tentu rasanya tidak nyaman, kan? 

Oleh karena itu, susui bayi Anda atau berikan MPASI yang cukup sebelum berangkat beribadah ke gereja. 

Artikel lainnya: Ikut Ibadah Natal Ternyata Bisa Hilangkan Beban Mental 

  1. Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Tidak perlu semua barang bayi Anda bawa. Bawalah barang-barang yang mungkin diperlukan oleh bayi. Misalnya, popok bayi, baju ganti, tisu basah, tisu kering, mainan favorit, dan juga handuk kecil.

Anda bisa melebihkan persediaan popok dan baju ganti bayi untuk berjaga-jaga saat ada kejadian tak terduga. Misalnya, bayi BAB atau baju basah karena keringat. Anda bisa memasukan semua keperluan bayi ini ke dalam satu tas agar tidak tercecer di dalam mobil. 

Siapkan 1-2 botol ASI perah dan masukan ke dalam boks pendingin yang di dalamnya ada ice gel agar ASI perah tetap terjaga nutrisi dan ketahanannya. 

  1. Pilih Tempat Duduk yang Tepat 

Memilih tempat duduk yang tepat juga penting untuk dilakukan agar sesi ibadah bisa berjalan dengan nyaman dan tentram. Dokter Theresia menyarankan agar Anda memilih tempat duduk di belakang dan terletak sedekat mungkin dengan pintu keluar.

Artikel lainnya: Bakar Kalori Setelah Natal dengan 5 Olahraga Ini 

Saat si bayi mulai menangis, Anda bisa buru-buru “mengevakuasinya” untuk menghindari kegaduhan saat ibadah. 

“Ketika bayi Anda menangis dan rewel, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke pintu keluar,” ujar dr. Theresia pada KlikDokter

2 dari 3 halaman

Selanjutnya(2)

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman untuk Bayi

“Mengenakan bayi baju yang nyaman juga perlu Anda perhatikan. Jika ruangan ibadah yang biasa Anda kunjungi memiliki suhu dingin atau berpendingin ruangan, pakaikanlah baju yang membuatnya tetap terasa hangat selama sesi ibadah berlangsung,” ujar dr. Theresia. 

Namun, jika ruangan ibadah tidak menggunakan AC, pakaikan baju berbahan katun yang adem. Bayi pun tidak merasa kepanasan dan sulit untuk bergerak.

  1. Pilih Waktu Ibadah yang Tepat 

Ibadah Natal biasanya dilakukan 1-3 kali dalam sehari. Nah, Anda bisa memilih waktu yang bertepatan dengan jam tidur anak.

Menurut dr. Theresia, ibadah siang atau sore hari biasanya menjadi waktu yang paling tepat untuk membawa bayi beribadah. Umumnya kedua waktu ini menjadi waktu di mana bayi terlelap dalam tidurnya. Saat si Kecil terlelap, Anda pun akan lebih tenang menikmati ibadah Natal.

Itulah beberapa tips membawa bayi saat mengikuti ibadah Natal untuk pertama kalinya. Kuncinya adalah tetap tenang dan mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Selamat menyongsong Natal bagi Anda yang merayakan!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar