Pencernaan

Tips Jitu Mencegah Mabuk Udara Saat Naik Pesawat

dr. Dyah Novita Anggraini, 21 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Waktu liburan telah tiba! Bagaimana menjaga kesehatan selama liburan termasuk mencegah mabuk udara saat naik pesawat? Simak penjelasan berikut ini.

Tips Jitu Mencegah Mabuk Udara Saat Naik Pesawat

Akhirnya liburan akhir tahun telah tiba. Saatnya mengunjungi berbagai tempat wisata bersama orang-orang tercinta. Nah, salah satu moda transportasi yang paling digemari adalah pesawat. Namun, beberapa orang kurang nyaman saat naik pesawat akibat rasa mual yang kerap muncul selama penerbangan. Apa cara ampuh mencegah mabuk udara? 

Tentu keluhan tersebut membuat perjalanan liburan – baik saat pergi maupun pulang – menjadi kurang menyenangkan. Mabuk udara terjadi ketika koordinasi mata dan sistem vestibular di telinga dalam tidak bekerja secara seimbang dan sejalan dalam mengirimkan informasi ke otak. 

Ketidakcocokan kedua hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan mabuk udara saat naik pesawat. Gejala mabuk udara yang muncul dapat berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa yang sering dirasakan, antara lain mual, muntah, pusing, berkeringat, dan panas dingin.

Cara Mencegah Mabuk Udara

Apabila Anda sering mengalami hal-hal di atas saat penerbangan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi mabuk udara. 

  1. Jangan Lupa Makan Sebelum Berangkat  

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah makan dan tidak membiarkan perut Anda kosong agar rasa mual tidak muncul. Tidak perlu makan berat, cukup makanan ringan seperti buah, sayur, biskuit, atau sereal. 

Selain itu, hindari konsumsi kopi atau minuman bersoda sebelum berangkat. Sehingga, asam lambung tidak meningkat dan memperparah kondisi Anda. 

Artikel lainnya: Mengapa Kita Bisa Mabuk Udara?

  1. Jangan Membaca Saat di Pesawat 

Membaca dengan posisi kepala yang menunduk dapat memperburuk kondisi Anda. Apabila tetap ingin membaca, pastikan Anda sesekali melihat keluar jendela agar tidak mudah pusing

  1. Makan Permen  

Gerakan mengunyah akan merangsang sistem pencernaan dan membuat tubuh menjadi relaks. Permen bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu mencegah rasa mual. 

Selanjutnya

  1. Istirahat Selama Perjalanan 

Anda juga bisa mencoba tidur selama perjalanan. Tidur dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Keluhan mual dan pusing pun akan teratasi. 

  1. Konsumsi Obat Anti-Mual 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mengonsumsi obat anti-mual. Sebaiknya, konsumsi 30 menit sebelum pesawat lepas landas. 

Artikel lainnya: Kiat Cegah Mabuk Udara Saat Naik Pesawat

  1. Konsultasi ke Dokter Sebelum Berangkat 

Untuk mengetahui kondisi Anda sebelum berlibur, berkonsultasilah pada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Hal ini dapat menjadi langkah pencegahan yang tepat agar Anda tetap bugar selama liburan.

  1. Cukup Istirahat Sebelum Keberangkatan 

Pastikan Anda tidur cukup semalam sebelum waktu keberangkatan. Jadi, saat perjalanan dilakukan Anda tidak mudah lelah dan pusing. 

Selama penerbangan, sebaiknya siapkan camilan yang Anda sukai agar lebih praktis dan tidak perlu menunggu pramugari. Nikmati perjalanan Anda, bayangkan tempat liburan yang akan didatangi, serta buatlah diri Anda merasa relaks dan tenang.

Ketika ada rasa mual, coba alihkan pikiran Anda agar tidak menjadi muntah. Apabila keluhan mual dan pusing tetap tidak hilang, segera konsultasi lebih lanjut dengan dokter di bandara atau rumah sakit terdekat. Dengan begitu, penyebabnya dapat diketahui dan diberikan penanganan optimal. 

Cara-cara di atas dapat Anda coba untuk mencegah mabuk udara saat naik pesawat. Setelah sampai penginapan, jangan lupa istirahat yang cukup sebelum Anda mengunjungi tempat-tempat wisata. Selamat berlibur!

(FR/RPA)

Mabuk Udara

Konsultasi Dokter Terkait