Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Melatonin untuk Kualitas Tidur hingga Kurangi Depresi

Manfaat Melatonin untuk Kualitas Tidur hingga Kurangi Depresi

Banyak yang tak terlalu mengenal melatonin. Padahal, banyak manfaatnya bagi tubuh yang tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Padahal, sudah melakukan segala macam cara untuk mengatasinya. Tampaknya, Anda harus mencoba menambah kadar melatonin melalui konsumsi suplemen. Apa saja manfaat melatonin? Berikut ini penjelasannya.

Melatonin adalah hormon dalam tubuh Anda yang berperan dalam aktivitas tidur. Produksi dan pelepasan melatonin di otak berkaitan dengan pergantian hari. Biasanya, meningkat ketika malam hari dan berkurang ketika pagi hari. Produksi melatonin juga menurun dengan bertambahnya usia. 

Melatonin juga tersedia sebagai suplemen tambahan, biasanya dalam bentuk tablet atau oral. Orang biasanya menggunakan melatonin untuk gangguan tidur, seperti insomnia ataupun jet lag

Berbeda dengan banyak obat tidur, Anda tidak mungkin menjadi ketergantungan pada melatonin. Bahkan Anda akan memiliki respons yang berkurang setelah penggunaan berulang (pembiasaan) atau mengalami efek mabuk. 

Menurut hasil penelitian, ini manfaat penggunaan melatonin dalam beberapa kondisi tertentu.

  • Gangguan Ritme Sirkadian Gangguan Tidur 

Melatonin dapat membantu memperbaiki gangguan ini pada orang dewasa dan anak-anak. 

  • Gangguan Fase Tidur

Dalam gangguan ini, pola tidur Anda tertunda dua jam atau lebih, sehingga menyebabkan pola tidur berantakan. Penelitian menunjukkan bahwa melatonin dapat mengurangi lamanya waktu yang diperlukan untuk memulai tertidur.

Lalu, mempercepat dimulainya tidur pada orang dewasa muda dan anak-anak dengan kondisi ini. Bicaralah dengan dokter anak Anda sebelum memberikan melatonin kepada seorang anak. 

  • Insomnia

Penelitian menunjukkan bahwa melatonin dapat memberikan bantuan masalah ketidakmampuan untuk tertidur dan tetap tertidur (insomnia) dengan sedikit meningkatkan total waktu tidur Anda, kualitas tidur dan berapa lama Anda tertidur.

Artikel Lainnya: Konsumsi Suplemen Melatonin Picu Mimpi Buruk?

  • Jet lag 

Bukti menunjukkan bahwa melatonin dapat meringankan gejala jet lag, seperti kewaspadaan.

  • Gangguan Kerja Pola Shift

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melatonin dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur siang hari pada orang yang pekerjaannya mengharuskan mereka bekerja di luar jadwal orang bekerja pada umumnya yaitu pagi hingga sore hari. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Lain dari Melatonin

Selain bermanfaat untuk meningkatkan pola tidur, melatonin juga punya manfaat lain seperti di bawah ini.

  • Mendukung Kesehatan Mata 

Kadar melatonin yang ideal dapat mendukung kesehatan mata. Ini karena hormon ini memiliki manfaat antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD).  

Dalam satu studi, para ilmuwan  menyimpulkan bahwa konsumsi melatonin setiap hari membantu melindungi retina dan menunda kerusakan dari AMD. Tentunya, ini tanpa efek samping yang signifikan. 

  • Memperbaiki Luka di Lambung 

Sifat antioksidan melatonin dapat membantu mengobati peradangan lambung dan mengurangi ketidaknyamanan di bagian perut. Sebuah studi menemukan konsumsi melatonin, triptofan, dan obat lambung golongan PPI dapat membantu menyembuhkan sakit mag yang disebabkan oleh bakteri H. pylori lebih cepat.  

Dalam studi lain, pasien dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) diberikan melatonin, omeprazole (contoh obat golongan PPI) atau kombinasi keduanya, terbukti dapat mengurangi ketidaknyamanan perut dan bahkan lebih efektif dengan kombinasi.

  • Mengurangi Gejala Tinnitus

Tinnitus adalah suatu kondisi yang ditandai dengan terdengarnya bunyi mendengung secara konstan di telinga. Seringkali menjadi lebih buruk ketika kebisingan di sekitar Anda berkurang.

Artikel Lainnya: 10 Tanda Anda Mengalami Depresi

Contohnya, ketika Anda mencoba untuk tertidur. Yang menarik, mengonsumsi melatonin dapat membantu mengurangi gejala tinnitus dan membantu Anda memulai  tertidur serta meningkatkan kualitas tidur. 

  • Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Pria 

Hormon pertumbuhan manusia secara alami dilepaskan saat tidur. Pada pria muda yang sehat, mengonsumsi melatonin dapat membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. 

Studi telah menunjukkan bahwa melatonin dapat membuat kelenjar hipofisis pada otak yakni kelenjar yang menghasilkan hormon atau zat yang masuk ke aliran darah dan membantu mengendalikan banyak proses dan fungsi pada tubuh Anda. 

  • Mengurangi Depresi

Beberapa bukti menunjukkan bahwa depresi pada sebagian besar orang yang aktif bekerja, dipengaruhi oleh perubahan siklus cahaya dan pola tidur. 

Melatonin diklaim dapat membantu mengurangi gejala depresi dengan membantu siklus tidur lebih teratur. Namun, buktinya tidak sepenuhnya jelas sehingga butuh penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi dari hipotesis tersebut.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Ideal Mengonsumsi Melatonin?

Jika Anda ingin mencoba asupan melatonin, mulailah dengan suplementasi dosis rendah. Misalnya, mulailah dengan 0,5 mg (500 mcg) atau 1 mg 30 menit sebelum tidur. Jika dosis tersebut tampaknya tidak membantu Anda tertidur, cobalah tingkatkan dosis Anda menjadi 3-5 mg. 

Mengonsumsi lebih banyak melatonin sebenarnya tidak akan membantu Anda tertidur lebih cepat. Namun tetaplah ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk dan optimalisasi fungsi pada dosis rendah.

Melatonin merupakan suplemen efektif yang dapat membantu Anda tertidur, terutama jika Anda menderita insomnia ataupun jet lag. Kabar baiknya, melatonin memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. 

Jika Anda ingin memulai mencoba melatonin untuk merasakan manfaatnya, mulailah dengan dosis terendah. Suplemen ini diminum 30 menit sebelum tidur. Jika keluhan gangguan tidur terus berlanjut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar