Sukses

Ini Cara Tepat Membersihkan Bulu Mata dari Maskara

Sisa maskara sering bikin bulu mata jadi menggumpal dan area bawah mata jadi hitam. Ketahui cara bersihkan bulu mata yang benar di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Merias mata rasanya tidak lengkap jika tidak memakai maskara. Salah satu keunggulan maskara adalah mampu buat mata Anda terlihat lebih besar dan ‘hidup’. Tidak heran bila Anda tidak bisa lepas dari pemakaiannya setiap hari. Namun, maskara kerap sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, cara tepat membersihkan maskara di bulu mata perlu diketahui.

Meski mudah digunakan, membersihkan maskara memang terkadang tidak semudah itu. Agar tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan, maskara harus dibersihkan secara total dengan alat dan pembersih yang aman bagi kulit dan mata.

Ada banyak jenis maskara yang beredar di pasaran. Mulai dari jenis yang bisa melentikkan, melebatkan, sampai yang tahan air atau waterproof. Apapun jenisnya, maskara memang tidak terlalu mudah untuk dibersihkan. Apa lagi jika maskara yang Anda gunakan adalah maskara waterproof.

Cara Bersihkan Bulu Mata dari Maskara

Dijelaskan oleh dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, membersihkan bulu mata dari maskara sebenarnya sama seperti Anda membersihkan riasan pada mata. Hanya saja, membersihkan bulu mata memang harus dilakukan berkali-kali agar tidak ada sisa maskara yang menempel dan menggumpal di mata.

Berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bulu mata dari sisa maskara:

1. Gunakan Pembersih dengan Kandungan Minyak

Ada dua jenis pembersih riasan mata atau eye makeup remover yang dijual di pasaran. Jenisnya yaitu pembersih tanpa minyak dan yang mengandung minyak. Dokter Sara menjelaskan, bulu mata yang dilapisi maskara sebaiknya dibersihkan dengan pembersih yang mengandung minyak. Hal ini berguna untuk melunakan bahan maskara yang menempel pada bulu mata.

Artikel lainnya: Bulu Mata Tumbuh ke Dalam, Pertanda Apa?

“Anda bisa menggunakan kapas yang sebelumnya sudah diberikan oil eye makeup remover. Lalu, bersihkan bulu mata dengan cara mengusap bulu mata dari atas ke bawah dengan lembut. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali (bisa lebih) dan lihat sisa maskara yang menempel pada kapas,” ujar dr. Sara Elise.

2. Gunakan Cotton Bud

Setelah membersihkannya dengan kapas, ambil 1-2 cotton bud lalu teteskan lagi oil eye makeup remover. Bersihkan kembali bulu mata Anda dengan cotton bud, lalu usapkan juga pada pinggiran mata. Sehingga, sisa maskara benar-benar hilang dan tidak menempel.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Cuci Muka dengan Sabun

Setelah membersihkan bulu mata, sebaiknya segera mencuci muka sebagai tahap akhir. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit, lalu bilas dengan menggunakan air sejuk.

Saat mencuci muka, pastikan Anda mengusap area mata dengan halus khususnya bulu mata. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi sisa bakteri maupun maskara yang tertinggal di bulu mata. 

Jika sudah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kain lembut. Lalu, sisir dengan menggunakan spoolie.  Alat yang dikenal sebagai sikat bulu mata atau alis ini bisa membantu Anda merapikan bulu mata yang kusut. Jadi, bulu mata Anda akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan.

Artikel lainnya: Waspada Bahaya Bulu Mata Palsu

Dampak Bila Tidak Membersihkan Maskara

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, mata merupakan area yang paling sering terlewat untuk dibersihkan. Apalagi jika Anda tidak menggunakan riasan mata sama sekali. Padahal, baik menggunakan riasan atau tidak, area mata tetap harus dibersihkan. Sebab, residu makeup di bagian wajah lainnya tetap bisa menempel dan menyebabkan mata menjadi kotor.

Jika terus dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan beberapa dampak yang merugikan mata. Berikut penjelasannya:

1. Iritasi Mata

Riasan pada mata yang tidak dibersihkan bisa berdampak pada iritasi. Hal ini diakibatkan karena produk makeup mengandung bahan kimia dari yang ringan hingga berat. Kandungan tersebut bisa terserap dalam kulit.

“Iritasi yang muncul biasanya berupa ruam merah dan terasa gatal. Kondisi ini juga disertai kulit kering dan timbul bintik-bintik kecil. Kalau Anda biarkan terus, bisa-bisa kondisi ini semakin memburuk,” ujar dr. Theresia Rina pada KlikDokter.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Infeksi Mata

Selain iritasi, mata Anda juga bisa terkena infeksi di bagian dalam maupun di kulit. Infeksi di mata biasanya menyebabkan mata lebih sering berair, berubah kemerahan, dan perih saat membukanya. Bahkan, bukan tidak mungkin bila mata Anda sulit untuk dibuka karena terasa lengket.

3. Mata Bintitan

Tidur dengan wajah masih memakai riasan akan membuat pori-pori wajah tersumbat oleh bahan kimia, debu, dan bakteri. Kalau sudah begitu, kelopak mata menjadi rentan bintitan. Oleh karena itu, selalu ingat untuk membersihkan riasan mata. Terapkan juga cara double cleansing (membersihkan muka dengan dua jenis pembersih) sebelum Anda tidur di malam hari.

Penggunaan maskara memang bisa mempercantik mata Anda. Tapi, membersihkan maskara dengan benar juga perlu dilakukan agar mata Anda selalu sehat dan terhindar dari dampak negatif di atas. Selamat mencoba!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar