Sukses

Tips Make Up untuk Kulit Mudah Berkeringat

Mengaplikasikan make up di kulit yang mudah berkeringat akan sia-sia karena cepat luntur! Untuk mencegahnya, lakukanlah tips make up berikut.

Bagi Anda pemilik wajah yang sering berkeringat atau kulit berminyak, mengaplikasikan make up mungkin akan merasa sulit. Hasil make up akan menjadi cepat luntur dan membuat penampilan menjadi kacau.

Kulit yang mudah berkeringat sendiri dapat disebabkan oleh metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Selain itu, banyaknya kelenjar keringat juga memengaruhi kondisi tersebut.

Mudah berkeringat sebenarnya merupakan tanda bahwa kelenjar keringat berfungsi dengan baik, lho. Jadi, jangan khawatir berlebihan.

Bagi pemilik kulit wajah tipe ini, Anda masih bisa kok menggunakan make up tanpa takut cepat luntur! Ikuti cara make up untuk wajah yang sering berkeringat berikut:

1. Menggunakan Es Batu

Sebagai langkah awal, Anda dapat menggunakan es batu pada wajah sebelum mengaplikasikan make up.

Es batu ini berguna menutup pori-pori wajah dan membuat make up lebih tahan lama.

1 dari 5 halaman

2. Menggunakan BB Cream dan CC Cream

Beberapa orang yang mudah berkeringat mungkin mengaplikasikan make up lebih tebal dengan harapan agar tidak cepat luntur. Jadi, make up dianggap masih ada yang menempel walaupun telah digunakan seharian.

Padahal, ketika Anda mengaplikasikan make up tebal menggunakan alas bedak yang high coverage pada kulit yang mulai berkeringat, riasan tersebut akan masuk dan terperangkap dalam pori-pori kulit.

Artikel Lainnya: Bahaya Memakai Make Up saat Olahraga

Hasilnya, komedo dapat terbentuk. Komedo yang tidak langsung dibersihkan tersebut akan membentuk jerawat.

Oleh karena itu, salah satu cara make up untuk pemilik wajah yang sering berkeringat adalah menggunakan BB cream atau CC cream ketimbang foundation yang ‘berat’.

Bila kondisinya memang tidak perlu terlalu menutupi kekurangan, Anda bahkan disarankan hanya menggunakan concealer pada bagian-bagian tertentu.

3. Menekan Foundation

Jika kondisi mengharuskan Anda menggunakan foundation, perhatikan cara mengaplikasikannya. Ingatlah untuk tidak mengoleskan foundation di seluruh wajah. Cukup tekan-tekan foundation menggunakan beauty blender.

Cara ini akan cocok untuk wajah yang sering berkeringat, karena membuat make up tetap berada pada tempatnya. Selain itu, wajah pun akan terlihat lebih segar.

2 dari 5 halaman

4. Menekan Bedak Tabur

Sebelum menggunakan make up, pastikan bedak yang digunakan cocok untuk kulit berminyak dan berkeringat. Selain itu, perhatikan pula cara untuk mengaplikasikannya.

Untuk membuat make up tahan lebih lama, sebaiknya Anda menekan, bukan menggesek make up saat mengaplikasikannya. Tidak hanya menjaga make up dasar, cara ini juga akan membentuk lapisan pelindung.

Artikel Lainnya: Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing, Perlukah?

5. Pilih Kosmetik yang Non-comedogenic

Selain memilih kosmetik yang lebih ringan, Anda juga disarankan untuk memakai produk make up yang bersifat non-comedogenic.

Kosmetik jenis tersebut dapat menurunkan risiko penyumbatan pori dan munculnya jerawat.

3 dari 5 halaman

6. Membawa Kipas Elektrik dan Menghindari Hal yang Memicu Keringat Muncul

Setelah mengaplikasikan make up, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang membuat Anda mudah berkeringat, seperti jalan cepat, duduk atau berdiri di tempat yang terik dan panas, menggunakan pakaian berbahan tebal, menggerai rambut, serta mengonsumsi makanan pedas atau panas.

Anda juga dapat membawa kipas elektrik yang dapat diarahkan langsung pada wajah. Jangan lupa menggunakan tisu bersih untuk menepuk lembut bagian wajah yang berkeringat, ya.

7. Bersihkan Wajah Jika Ingin Touch Up

Meski cukup merepotkan, cara ini jauh lebih baik ketimbang Anda langsung melapisi kembali wajah dengan riasan yang lebih tebal. Pemilik wajah yang mudah berkeringat harus menghindari hal ini.

Bersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah atau make up remover. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka jika ingin touch up.

4 dari 5 halaman

8. Gunakan Setting Spray

Penggunaan setting spray menjadi bagian dari cara make up untuk wajah yang sering berkeringat. Ini bertujuan untuk mempertahankan riasan Anda.

Bila perlu, pilih produk setting spray yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa aplikasikan pada seluruh bagian wajah setelah penggunaan primer.

9. Gunakan Produk Make Up yang Tahan Air

Salah satu hal yang paling penting untuk membuat make up tahan lama adalah memastikan bahwa produk yang Anda gunakan tahan air atau setidaknya dapat bertahan selama 10 jam. Dengan produk ini, Anda tidak perlu bersusah payah touch up kembali.

Demikian beberapa cara make up untuk pemilik wajah yang sering berkeringat. Semoga semua tips di atas mampu membantu Anda. Apabila Anda telah benar-benar terganggu dengan kondisi keringat berlebih, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan guna mengontrol kelenjar keringat Anda.

Konsultasi kepada dokter kulit bisa dengan mudah dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar