Sukses

Tips Make Up untuk Kulit Mudah Berkeringat

Mengaplikasikan make up di kulit yang mudah berkeringat akan sia-sia karena cepat luntur! Untuk mencegahnya, lakukanlah tips make up berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Pemilik kulit “basah”—dalam hal ini kulit berminyak dan mudah berkeringat—kerap merasa rugi saat mengaplikasikan make up. Itu karena, hasil riasan mereka akan jadi cepat luntur dan membuat penampilan kacau. Agar penampilan tak malu-maluin karena alas bedak luntur dan bikin belang, adakah tips make up untuk kulit mudah berkeringat yang bisa diikuti?

Jawabannya, ada! Namun, sebelum mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa Anda ambil, ada baiknya ketahui dulu penyebab kulit mudah berkeringat.

Penyebab Kulit Mudah Berkeringat

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, mudah berkeringat dapat disebabkan adanya metabolisme yang lebih tinggi ketimbang orang lain. Selain itu, banyaknya kelenjar keringat juga memengaruhi kondisi tersebut. 

Mudah berkeringat sebenarnya merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna.

“Lagipula, pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa garam dan racun dari tubuh. Keringat pun berfungsi menurunkan panas, sehingga suhu di permukaan kulit senantiasa terjaga pada tingkatan normal,” jelas dr. Sara. 

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat kulit mudah berkeringat. Meski berada di dalam rumah, kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap bisa membuat Anda berkeringat. 

Tak cuma itu, keringat juga akan banyak keluar ketika tubuh memproses makanan yang telah Anda santap untuk digunakan sebagai pasokan energi. Karena proses mengubah makanan menjadi protein membutuhkan kalori, terjadi peningkatan panas dalam tubuh yang kemudian akan dibuang dalam bentuk keringat.

Artikel Lainnya Make-up Permanen, Amankah?

Di sisi lain, apabila kulit mudah berkeringat, padahal sedang tidak beraktivitas, cuaca tidak panas, dan tidak habis makan, Anda patut waspada. Sebab, penyakit hiperhidrosis dapat mengintai Anda. 

Hiperhidrosis sendiri adalah kondisi di mana produksi keringat berlebihan yang tidak ada kaitannya dengan aktivitas fisik ataupun suhu udara. Penderita gangguan ini kerap merasa bajunya cepat basah dan telapak tangan sering berkeringat.

1 dari 2 halaman

Anti-luntur dengan Tips Make Up Ini

Nah, bila Anda kebetulan akan mengunjungi tempat yang terbilang panas, tapi mesti tetap dalam keadaan rapi, seperti pergi ke pernikahan outdoor, ada sejumlah hal yang mesti dilakukan. Misalnya saja:

  • Gunakan BB Cream dan CC cream daripada Alas Bedak

Segelintir orang yang kulitnya mudah berkeringat akan mengaplikasikan make up tebal ke wajah supaya tidak cepat luntur dan masih ada yang menempel. Akan tetapi, pola pikir seperti itu ternyata kurang tepat!

Saat Anda mengaplikasikan make up tebal, dalam hal ini pakai alas bedak yang high coverage, lalu kulit mulai berkeringat, riasan tersebut akan masuk dan terperangkap ke dalam pori-pori dan membentuk komedo. Apabila komedo tersebut tak langsung dibersihkan, akan muncul jerawat!

Artikel Lainnya Kenali Bahayanya Anak Memakai Kosmetik

Seorang dokter kulit asal New York, Debra Jaliman, MD mengatakan, pemilik kulit yang mudah berkeringat lebih baik memilih BB cream atau CC cream ketimbang foundation “berat”. Bila kondisinya memang tidak perlu terlalu menutupi kekurangan, bahkan Anda disarankan hanya pakai concealer di bagian-bagian tertentu.

  • Pilih Kosmetik yang Non-Comedogenic

Selain memilih kosmetik yang lebih ringan, Anda juga sangat disarankan untuk memiliki produk make up yang bersifat non-comedogenic. Itu karena, kosmetik jenis tersebut mampu menurunkan risiko penyumbatan pori dan munculnya jerawat. 

  • Bawa Kipas Elektrik dan Hindari Hal yang Membuat Anda Berkeringat

Setelah mengatur make up, kini saatnya Anda menghindari hal-hal yang membuat Anda berkeringat. Misalnya, jalan cepat, duduk atau berdiri di tempat yang terik dan panas, pakai baju berbahan tebal, menggerai rambut, serta konsumsi makanan pedas atau panas.

Untuk mencegah derasnya keringat yang mengucur, disarankan Anda membawa kipas elektrik yang bisa Anda arahkan langsung ke wajah. Jangan lupakan tisu bersih (bukan untuk digosok, tetap ditepuk lembut). Kipas manual sebenarnya juga bisa dipakai, tetapi menggerakkan tangan berlebih hanya akan membuat Anda lelah sendiri. 

  • Ingin Touch Up? Bersihkan Dulu Wajah, Bukan Ditiban!

Meski cukup merepotkan, cara ini jauh lebih baik ketimbang Anda langsung meniban wajah dengan pulasan yang lebih tebal. Selalu bawa tisu basah yang perannya khusus sebagai make up remover agar praktis. Jika kondisinya memungkinkan, Anda bisa mencuci wajah dengan air dan sabun cuci muka. 

Setelah dibersihkan, barulah Anda dapat mengaplikasikan riasan kembali. Demi mencegah touch up terus-menerus, ada baiknya sejak awal Anda memakai setting spray yang bisa mempertahankan riasan hingga belasan jam. Ingat, pilih setting spray sesuai jenis kulit, ya!

Semoga tips make up untuk kulit mudah berkeringat di atas dapat membantu Anda. Apabila Anda benar-benar terganggu dengan kondisi keringat berlebih, tak ada salahnya mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang dapat mengontrol kelenjar keringat.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar