Sukses

Pasca Melahirkan Harus Tetap Semangat, Yuk Senam Nifas!

Setelah melahirkan sangat penting untuk tetap berolahraga. Anda bisa mencoba senam nifas yang memiliki banyak manfaat untuk kondisi tubuh usai persalinan.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah melewati proses persalinan yang melelahkan, Ibu kerap kali tidak dapat beristirahat karena harus mengasuh bayi yang baru dilahirkan. Padahal, Ibu juga harus merawat diri dan kesehatan tubuh supaya tetap bugar. Sebetulnya, Ibu disarankan melakukan senam nifas. Apa manfaat dan bagaimana caranya? Ini penjelasannya.

Aktivitas Fisik Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Ibu memasuki masa nifas yang merupakan satu hari pertama melahirkan hingga 40 hari ke depan. Saat inilah, Ibu mengalami perdarahan sisa-sisa proses persalinan.

Sebetulnya, Bunda perlu aktif agar tubuh tetap sehat dan bugar. Jika Ibu memiliki kehamilan yang sehat dan melahirkan secara normal, maka Ibu dapat segera melakukan aktivitas fisik seperti berjalan atau senam. 

Bunda dapat mulai berolahraga selama 10 menit dalam sehari. Kemudian meningkatkannya menjadi 20 menit sehari. Lalu lanjut 30 menit agar tercapai 150 menit aktivitas fisik dalam 1 hari. 

Artikel Lainnya: Jangan Lakukan 6 Olahraga Ini saat Hamil

Jika memilih olahraga aerobik—olahraga yang melibatkan otot-otot besar bergerak secara ritmik—sebagai awal, Ibu dapat mulai berjalan ringan selama 10 menit dan berhenti kapanpun saat Ibu merasakan sakit. 

Jika Bunda melahirkan dengan operasi caesar atau terdapat masalah kesehatan selama kehamilan dan setelah persalinan, maka Bunda perlu berkonsultasi dengan Dokter Kebidanan dan Kandungan Ibu. 

Ini untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa berolahraga. Tenang saja, Bunda tidak perlu takut olahraga akan mempengaruhi produksi ASI atau membuat bayi jadi tidak mau menyusu, pasalnya menurut penelitian olahraga sama sekali tidak mempengaruhi proses menyusui.

1 dari 2 halaman

Manfaat Aktivitas Fisik Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, aktivitas fisik seperti berjalan atau senam dapat membantu Bunda untuk kembali bugar dan menguatkan kembali otot-otot perut yang sempat merenggang dan mengalami relaksasi. Selain itu, olahraga atau aktivitas fisik juga dapat meningkatkan energi dan membantu cegah depresi pasca melahirkan. 

Artikel Lainnya: Kiat Menjaga Kesehatan Tulang bagi Ibu Hamil 

Jika Bunda sudah mengalami stres hingga depresi pasca melahirkan, maka olahraga dapat membantu meredakan gejalanya. Olahraga atau aktivitas fisik pula membantu Bunda untuk dapat tidur lebih baik dan juga meredakan stres ketika harus menghadapi berbagai tantangan sebagai Ibu baru. 

Terlebih lagi, olahraga dan aktivitas fisik juga dapat membantu Bunda untuk dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Olahraga pada saat nifas juga membantu untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Selain berjalan dan senam, setelah melahirkan, Bunda juga dapat mengikuti kelas olahraga sehingga bisa bersosialisasi dan mendapatkan teman baru dari kelas yang Anda ambil. Berbagi pengalaman seputar merawat anak pun akan terasa seru.

Persiapan untuk Berolahraga

Jika Anda memutuskan untuk berjalan atau senam, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Bisa juga Bunda menyusui bayi terlebih dahulu sebelum berolahraga agar merasa nyaman pada saat mulai beraktivitas.

Bunda juga perlu menggunakan pakaian dalam dan pakaian olahraga yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Ini supaya payudara Bunda terlindung dengan baik dan Ibu dapat tetap merasa sejuk. 

Jangan lupa untuk membawa botol air minum agar lebih mudah ketika merasa haus di sela-sela olahraga. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga inti. Selalu memulai senam nifas dengan santai dan perlahan tingkatkan intensitas olah tubuh.

Setelah melahirkan dan harus mengurus bayi baru lahir, Bunda memang dapat mengalami kesulitan untuk mencari waktu berolahraga. Apalagi dengan adanya perubahan hormon. Jangan menyerah! Dengan konsisten melakukan senam nifas, Bunda dapat merasakan manfaatnya. Tubuh bugar untuk jangka waktu yang lebih lama pun didapat. Selamat berolahraga ya Bunda!

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar