Sukses

Tips Alami Mengatasi Kulit Kepala Kering, Coba, Yuk!

Kulit kepala yang kering, kerap kali menjadi sumber masalah bagi sebagian besar orang. Berikut ini adalah beberapa tips alami untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Tanda-tanda kulit kepala kering adalah gatal-gatal yang menetap. Namun, bisa disertai dengan ketombe, rasa sakit, ataupun rambut rontok. Kulit kepala kering dapat memiliki sejumlah penyebab meskipun yang paling umum adalah reaksi terhadap perubahan cuaca atau bahan keras dalam sebuah produk perawatan rambut. 

Dilansir dari Medical News Today, kulit kepala kering disebabkan kurangnya minyak di bagian tersebut. Kondisi seperti ini membuat gatal-gatal, kulit mengelupas, dan iritasi. Bisa juga ini membuat rambut Anda tampak kering dan kusam.

Terkadang, sesuatu yang sederhana seperti tidak minum cukup air atau mencuci rambut setiap hari bisa menjadi penyebabnya. Namun, kondisi medis seperti eksim atau psoriasis juga bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa tips alami untuk mengatasi kulit kepala yang kering.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami

Sebenarnya, Anda bisa mengatasi kulit kepala kering dari bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa bahan yang bisa digunakan Anda. 

1 dari 5 halaman

Minyak Kelapa 

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk kesehatan kulit ataupun kulit kepala kering. Jenis minyak ini dapat melembapkan kulit kepala. Ini karena memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Bahkan dapat membantu mengobati dermatitis atopik. 

Cara menggunakannya dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa langsung ke kulit kepala Anda. Lalu, pijat perlahan ke kulit. Biarkan selama 10 menit sebelum mencuci rambut. Minyak ini tak hanya akan membantu kulit kepala Anda yang kering. Namun,  juga akan membuat rambut lebih halus.

Artikel Lainnya: 4 Jenis Ketombe yang Harus Anda Tahu 

2 dari 5 halaman

Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik, anti-jamur, dan antibiotik yang kuat. Bahan alami ini dapat meringankan kulit kepala kering dan gejalanya. Itulah sebabnya banyak sampo anti-ketombe yang mengandung minyak tea tree

Anda bisa  menggunakan salah satu produk yang mengandung zat tersebut. Bisa juga mencampur beberapa tetes minyak tea tree, minyak kelapa atau minyak zaitun, dan memijatnya ke kulit kepala Anda. Kemudian, biarkan selama 10 menit sebelum cuci rambut.

3 dari 5 halaman

Lidah Buaya 

Lidah buaya memiliki sejumlah khasiat yang dapat membantu kulit kepala kering. Bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan juga pelembap yang efektif.

Anda dapat membeli produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya atau membeli gel lidah buaya murni yang dijual bebas. Cara menggunakannya dengan mengoleskan pada kulit kepala Anda.

Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen lidah buaya atau dengan rutin mengonsumsi jus lidah buaya.

Artikel Lainnya: Rajin Keramas tapi Kepala Sering Gatal, Ini Penyebabnya

4 dari 5 halaman

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki beberapa manfaat kesehatan besar yang dapat mengurangi gejala kulit kepala kering. Ini merupakan agen anti-mikroba. Maksudnya, bahan alami ini menghilangkan bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal. 

Sari cuka apel juga anti-inflamasi dan dapat membantu eksfoliasi kulit kepala.  Anda bisa menggunakannya dengan mencampurkan sari cuka apel dengan air biasa sebanyak 1:2. Oleskan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama lima menit sebelum mencucinya dengan sampo lembut.

Campuran Minyak Zaitun dan Soda Kue

Minyak zaitun memiliki sifat melembapkan, sedangkan soda kue memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Keduanya sama-sama dapat mengeksfoliasi kulit kepala Anda. Kombinasi soda kue dan minyak zaitun adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki masalah ketombe dan kulit kepala kering.

Cara menggunakannya yaitu mencampurkan soda kue dan minyak zaitun dengan jumlah yang sama. Lalu, pijat ke kulit kepala Anda secara menyeluruh. Biarkan selama lima menit sebelum mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner.

Kulit kepala kering bisa menjadikan anda tidak nyaman. Namun, untungnya hal ini sangat mungkin untuk diatasi. Bahkan, dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika pengobatan alami tidak berhasil setelah dua minggu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

(AYU/RPA)

2 Komentar