Kulit

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami, Efektif!

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 04 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Aktivitas sering terganggu lantaran kulit kepala yang kering? Tidak perlu risau. Berikut ini cara mengatasi kulit kepala kering secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami, Efektif!

Kulit kepala kering bisa menyebabkan gatal-gatal yang mengganggu kesehatan. Jika terjadi berkelanjutan, bukan tidak mungkin kualitas hidup Anda juga akan menurun.

Faktanya, kulit kepala kering disebabkan kurangnya minyak di bagian tersebut. Kondisi ini tak hanya menyebabkan gatal-gatal, tapi juga kulit kelapa mengelupas, iritasi, rambut tampak kusam, rambut rontok, dan ketombe.

Kulit kepala kering dapat terjadi akibat berbagai hal. Namun, penyebab yang paling umum adalah reaksi terhadap perubahan cuaca atau bahan keras dalam produk perawatan rambut. 

Lantas, adakah cara mengatasi kulit kepala kering? Ada! Berikut cara mengatasi kulit kepala kering secara alami yang terbukti efektif:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk kesehatan kulit. Jenis minyak ini dapat melembapkan, serta memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. 

Minyak kelapa yang digunakan dengan tepat bahkan dapat membantu mengobati dermatitis atopik, lho!

Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa langsung ke kulit kepala Anda. Pijat perlahan saat diaplikasikan, dan biarkan selama 10 menit sebelum mencuci rambut. 

2. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibiotik yang kuat. Bahan alami ini dapat meringankan kulit kepala kering dan gejalanya. Itulah sebabnya, banyak sampo antiketombe yang mengandung minyak tea tree

Anda bisa  menggunakan salah satu produk yang mengandung zat tersebut. Bisa juga mencampur beberapa tetes minyak tea tree, minyak kelapa, atau minyak zaitun, dan memijatnya ke kulit kepala Anda. Kemudian, biarkan selama 10 menit sebelum mencuci rambut.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sejumlah khasiat yang dapat membantu kulit kepala kering. Bahan alami ini memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan dapat menjadi pelembap yang efektif.

Anda dapat membeli produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya. Anda pun bisa membeli gel lidah buaya murni yang dijual bebas. 

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya langsung pada kulit kepala Anda. Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci hingga bersih. 

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung agen antimikroba, yang dapat mengurangi gejala kulit kepala kering. Bahan alami pun terbukti dapat menghilangkan bakteri atau jamur, yang menyebabkan rasa gatal. 

Cuka sari apel juga mengandung agen antiradang yang dapat membantu eksfoliasi kulit kepala. 

Anda bisa menggunakannya dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air biasa dengan kadar 1 banding 2. Oleskan langsung ke kulit kepala, dan biarkan selama 5 menit sebelum mencucinya dengan sampo yang bersifat lembut.

5. Campuran Minyak Zaitun dan Soda Kue

Minyak zaitun memiliki sifat melembapkan, sedangkan soda kue memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Keduanya sama-sama dapat mengeksfoliasi kulit kepala Anda. 

Kombinasi soda kue dan minyak zaitun adalah pilihan cara mengatasi kulit kepala kering dan juga ketombe.

Cara menggunakannya, yaitu dengan mencampurkan soda kue dan minyak zaitun dengan jumlah yang sama. Pijat ke kulit kepala Anda secara menyeluruh. Biarkan selama 5 menit sebelum mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner.

Artikel Lainnya: 4 Jenis Ketombe di Kulit Kepala yang Harus Anda Tahu

6. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan asam lemak baik tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang keduanya baik untuk melembapkan kulit. 

Tak hanya baik untuk kulit wajah dan tubuh, senyawa dalam alpukat juga dapat bantu melembapkan kulit kepala yang kering.

Anda bisa mengoleskan minyak ataupun alpukat lumat ke kulit kepala yang kering. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan sampo dan air hingga bersih.

7. Yoghurt dan Telur

Baik yoghurt maupun telur sama-sama memiliki manfaat untuk mengatasi kulit kepala yang kering. 

Yoghurt yang merupakan produk fermentasi dari susu dapat membantu menenangkan kulit kepala kering yang iritasi. Sementara itu, protein serta lemak yang ada dalam telur dapat menjaga sel-sel kulit kepala tetap kokoh dan mempertahankan kelembapannya.

Untuk manfaat optimal, sebaiknya pilih yoghurt tawar tanpa rasa dan gula tambahan. Campurkan dengan telur yang sudah dikocok, dan oleskan ke kulit kepala. Tunggu hingga 10 menit sebelum membilasnya dengan air suam kuku atau air dingin.

8. Pisang dan Minyak Kelapa

Pisang kaya akan nutrisi dan juga bersifat melembapkan. Jika dipadukan dengan minyak kelapa, racikan tersebut dapat membantu melembapkan kulit kepala yang kering. 

Pisang juga memiliki potensi antimikroba, yang dapat mencegah iritasi bahkan infeksi pada kulit kepala yang rusak.

Itu dia beberapa cara mengatasi kulit kepala kering secara alami, yang bisa Anda coba di rumah. Jika tidak terjadi perbaikan kondisi setelahnya, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Rambutkulit kepala

Konsultasi Dokter Terkait