Sukses

Tips agar Kehamilan Terasa Menyenangkan

Kehamilan adalah momen istimewa bagi perempuan. Lakukan tips berikut ini agar kehamilan terasa menyenangkan.

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan merupakan salah satu momen paling istimewa dalam hidup. Adanya janin dalam kandungan dapat membawa pengaruh positif, kebahagiaan, dan harapan. Karenanya, wanita harus menjalani masa hamil dengan perasaan gembira. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar kehamilan terasa menyenangkan.

Di sisi lain, ibu hamil juga berisiko mengalami perasaan negatif, bahkan hingga depresi. Perasaan khawatir, cemas, dan stres pada akhirnya dapat turut memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosi.

Emosi negatif yang terus-terusan menyelimuti tentu sangat berbahaya bagi ibu hamil maupun janinnya. Meski kadang tak semudah yang dibayangkan, tetapi sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu bahagia dan bersikap positif.

Lakukan ini agar kehamilan bisa terasa menyenangkan

Agar masa kehamilan bisa terasa menyenangkan, tips di bawah ini bisa menjadi panduan.

  • Terapkan pola makan sehat

Seiring bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil dapat mengalami kelelahan akibat perubahan fisik dan hormon.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menjaga pola hidup sehat melalui pengaturan pola makan.

Menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi saat hamil sebaiknya lebih sehat dibandingkan dengan saat tidak hamil.

Diet yang bergizi seimbang akan membuat ibu hamil lebih berenergi (baik secara fisik, maupun emosional), sehingga akan turut memberi dampak positif pada perkembangan janin.

  • Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk saat hamil.

Dengan olahraga teratur, tubuh akan dapat lebih mudah beradaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi saat kehamilan.

Selain itu, saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini akan berikatan dengan reseptor di otak, yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit.

Endorfin juga memiliki efek yang hampir serupa dengan morfin, yang mana dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan merasa positif. Olahraga yang dapat menjadi pilihan saat hamil antara lain jalan kaki, berenang, yoga, atau pilates. Amannya, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

  • Relaksasi dan meditasi

Menurut penelitian yang dilansir di “Journal Psychology & Health”, ibu hamil yang melakukan meditasi secara rutin akan berkurang tingkat stres dan kecemasannya.

Melakukan meditasi juga dapat membantu ibu hamil menjadi lebih fokus, bahkan dapat membantu mengurangi gejala mual di pagi hari alias morning sickness.

Lalu, wanita hamil juga bisa berlatih yoga. Sebab, latihan pernapasan saat yoga juga dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih jernih, sehingga terhindar dari pikiran negatif.

  • Manjakan diri sendiri dengan melakukan me-time

Salah satu tujuan me-time adalah untuk menghilangkan stres, termasuk yang diakibatkan oleh proses kehamilan.

Melakukan hobi atau kegiatan yang disenangi saat me-time efektif dalam menurunkan tingkat stres. Dengan menyendiri dan tanpa adanya gangguan, ibu hamil hanya akan fokus pada dirinya sendiri.

Pikiran pun bisa menjadi lebih jernih dan lebih fokus, serta mampu menyelesaikan masalah lebih baik. Itu semua dapat membantu ibu hamil merasa lebih bahagia, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi dirinya dan janin.

  • Menyiapkan diri menjadi orang tua

Terkadang, yang membuat seseorang menjadi stres saat hamil ataupun sesudah melahirkan adalah karena merasa tidak siap untuk menjadi orang tua.

Menjadi orang tua memang merupakan momen yang penuh dengan tantangan baru. Karenanya, lakukan banyak riset tentang kehamilan dan parenting. Misalnya dengan membaca buku, konsultasi dengan ahlinya, atau berbagi pengalaman dengan ibu lainnya. Dengan persiapan matang, tingkat stres bisa diminimalkan.

Tips di atas tak hanya ampuh untuk para ibu hamil yang belum dilanda stres, tetapi juga bisa berguna untuk ibu hamil yang tengah mengalami stres.

Selain tips di atas, kunci penting lainnya untuk membuat masa kehamilan terasa menyenangkan adalah dengan memastikan kondisi kehamilan yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi esensial yang dibutuhkan selama kehamilan.

Pastikan kebutuhan nutrisi kehamilan senantiasa tercukupi, seperti asam folat, yodium, zat besi, kalsium, dan DHA. Bila perlu, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen tambahan.

Demi menjaga kesehatan selama kehamilan dan menjaga kualitas ASI, ibu hamil maupun ibu menyusui dapat mengonsumsi suplemen multivitamin. Pilih suplemen multivitamin yang mengandung minyak ikan alami, asam folat, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya, yang dapat menunjang kesehatan ibu dan perkembangan buah hati selama masa kehamilan dan menyusui.

Itulah tips agar kehamilan terasa menyenangkan. Siapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi, serta penuhi diri dengan sikap positif agar terhindar dari stres berlebih dan dipenuhi rasa bahagia. Bila ibu bahagia, maka dampak positifnya tentu akan turut dirasakan oleh janin dalam perkembangannya.

[RN/RH]

0 Komentar

Belum ada komentar