Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Lansia Malah Dianjurkan Lebih Sering Olahraga, Benarkah?

Lansia Malah Dianjurkan Lebih Sering Olahraga, Benarkah?

Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun seberapa efektif olahraga untuk lansia?

Klikdokter.com, Jakarta Gaya hidup sehat yang seimbang meliputi pola makan sehat dan olahraga teratur. Kebiasaan olahraga teratur bahkan sudah diterapkan sejak kecil hingga dewasa. Namun, apakah olahraga secara rutin juga dianjurkan untuk lansia? Terlebih bila mereka sedang mengidap suatu penyakit.

Olahraga teratur memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Seseorang disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu. Atau, dibagi menjadi 30 menit per hari selama lima hari per minggu. Aktivitas fisik tersebut sebaiknya memang dibiasakan sejak dini. 

Namun, terkadang ada saja halangan untuk berolahraga misalnya jika sedang sakit. Olahraga ketika sakit berisiko dapat memperparah kondisi. Tipe olahraga yang akan dilakukan juga penting dipertimbangkan agar tidak mencederai dan membahayakan tubuh. 

Salah satu contohnya adalah olahraga lari bagi orang obesitas. Orang yang obesitas tidak terlalu disarankan untuk berlari dalam waktu yang lama karena dapat membebani lutut. Padahal, lari adalah salah satu olahraga tipe aerobik yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, efek negatif pada lutut akan muncul pada orang obesitas dari olahraga tersebut. 

Pada kasus di atas, olahraga yang dapat dicoba adalah berenang. Olahraga ini juga tipe aerobik namun tidak akan membebani lutut. Sehingga, orang obesitas mendapatkan manfaat olahraga aerobik tanpa melukai bagian tubuh lainnya.

Begitu pula dengan para lansia setelah mereka memasuki usia 60 tahun. Risiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke kerap menghantui. Tidak sedikit yang takut berolahraga karena khawatir akan serangan jantung mendadak. 

Artikel lainnya: 7 Jurus agar Lansia Selalu Sehat

Manfaat Olahraga untuk Lansia

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, studi pada lebih dari sejuta lansia menemukan, orang yang mulai berolahraga lagi setelah lama tidak berolahraga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular sebanyak 11% dibanding orang yang tidak aktif. 

Sedangkan, lansia yang sebelumnya aktif lalu tidak aktif dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular sebanyak 27%.

Selain itu, studi pada European Heart Journal meneliti lansia di Korea. Mereka meneliti lansia dengan kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Olahraga harus tetap dianjurkan untuk mereka sebagai tindakan pencegahan. Lansia harus tetap aktif dan meningkatkan frekuensi olahraga untuk mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular.

Penemuan ini memang belum tentu sama dengan orang Indonesia. Karena terdapat perbedaan gaya hidup dan etnis. Namun, hasil riset ini tetap dapat diaplikasikan. Dengan catatan, tidak boleh melakukan olahraga yang sangat berat hingga membahayakan bahkan mengancam jiwa. Kuncinya adalah berhenti dan beristirahat ketika sudah terlalu lelah. 

Artikel lainnya: Untuk Lansia, 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Selalu Sehat 

1 dari 2 halaman

Jenis Olahraga yang Baik untuk Lansia

Berikut adalah beberapa olahraga yang dianjurkan untuk lansia:

  1. Berjalan

Jalan kaki juga merupakan olahraga yang bermanfaat, lho. Berjalan kakilah tanpa berhenti selama 30 menit. Anda juga dapat mengatur kecepatannya. Bila sudah lelah, perlambat kecepatan jalan kaki Anda. 

  1. Berenang

Olahraga air ini sangat baik untuk kesehatan lansia. Berenang juga dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan sehingga lebih menyenangkan. Selain itu, olahraga ini tidak membebani tulang dan sendi yang sudah melemah akibat penuaan. 

  1. Bersepeda

Kegiatan ini juga bermanfaat baik untuk lansia. Agar lebih mudah, kecepatan bersepeda dapat diatur sesuai keinginan. Bersepeda juga dapat dilakukan di rumah dengan sepeda statis.

  1. Golf

Golf yang dilakukan di lapangan rumput luas bisa memberikan udara segar pada pemainnya. Lalu, olahraga ini juga baik untuk kesehatan tubuh karena banyak melibatkan jalan kaki. Hebatnya lagi, golf pun bermanfaat untuk melatih otak. 

  1. Yoga atau Taichi

Selain baik untuk kesehatan tubuh, dua olahraga ini juga dapat membantu merelaksasikan tubuh. Yoga dan taichi dapat dilakukan bersama-sama dalam grup. Selain untuk olahraga, kegiatan ini juga dapat membangun hubungan sosial yang baik. 

Agar tetap bugar dan bahagia, olahraga untuk lansia di atas dapat menjadi pilihan. Walaupun sudah lansia, olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulailah berolahraga secara rutin sesuai kemampuan untuk menghindari penyakit jantung dan kardiovaskular.

(FR/RPA)

1 Komentar