Sukses

Ini Makanan yang Baik dan Buruk bagi Kesehatan Gigi

Ingin kesehatan gigi terus terjaga? Ketahui dulu makanan yang baik dan buruk untuk gigi berikut ini. Pastinya, ingin gigi terlihat bersih dan rapi, kan

Klikdokter.com, Jakarta Pernyataan “you are what you eat” memang sangat tepat untuk diterapkan dalam gaya hidup sehat. Karena, apa pun yang Anda makan dapat memberikan dampak positif dan negatif pada tubuh. Gigi merupakan bagian tubuh yang paling pertama mengenai makanan ketika makan. Bila kesehatannya tidak terjaga, hal ini bisa sangat merugikan.

Mendapatkan gigi yang sehat sebenarnya tidak sulit. Dalam aktivitas sehari-hari, Anda dapat menjaga kesehatan gigi dengan memerhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa makanan ada yang bermanfaat bagi gigi. Namun, ada juga yang malah memberi efek yang merugikan. 

1 dari 3 halaman

Makanan yang Baik Untuk Gigi

Kalau begitu, apa saja makanan yang baik dan buruk bagi gigi? Dilansir dari University of Rochester Medical Center, inilah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan gigi Anda:

  1. Buah dan Sayuran Kaya Serat

Menurut American Dental Association (ADA), makanan seperti buah dan sayur mengandung serat tinggi yang membantu menjaga gigi dan gusi tetap bersih. Serat juga dapat membantu produksi saliva (air liur). Dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya serat, Anda dapat mencegah timbulnya penyakit gusi dan gigi berlubang.

Artikel lainnya: Rontgen Gigi, Apa Manfaatnya?

Air liur memegang peranan penting pada kesehatan gigi. Kurang lebih 20 menit setelah Anda mengonsumsi makanan mengandung gula atau pati, air liur akan mulai mengurangi efek dari berbagai zat asam dan enzim yang menyerang gigi. 

Air liur memiliki kandungan kalsium dan fosfat. Kandungan inilah yang dapat mengembalikan mineral pada gigi yang terkena asam dari bakteri.

  1. Makanan Olahan dari Susu

Asupan seperti keju, susu, yoghurt tawar, dan produk olahan susu lainnya dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Keju juga dikenal dapat memproduksi air liur. Selain itu, kalsium dan fosfat dalam makanan olahan dari susu mampu mengembalikan mineral gigi yang telah hilang karena pengaruh makanan lain.

Makanan-makanan sehat yang juga dikenal dengan sebutan dairy products ini juga bisa membantu membangun kembali enamel gigi (lapisan luar pada gigi). 

Artikel lainnya: Perlukah Periksa Gigi Sebelum Merencanakan Program Hamil?

  1. Teh Hijau dan Hitam

Kedua teh ini mengandung polifenol yang dapat melindungi gigi dan membasmi plak bakteri yang menempel di gigi. Polifenol juga dapat membantu mencegah berkembangnya bakteri atau pembentukan asam yang menyerang gigi. 

Selain itu, secangkir teh hijau atau hitam dapat menjadi sumber fluoride (zat yang dapat melindungi dan mencegah kerusakan serta lubang di gigi). Namun, hal tersebut bergantung pada tipe air yang Anda gunakan untuk menyeduh teh.  

  1. Makanan Mengandung Fluoride

Kandungan yang sering terdapat pada pasta gigi ini memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan gigi. Beberapa contoh asupan yang mengandung fluoride di antaranya air minum dengan mineral fluoride, produk makanan dari unggas, dan seafood.

2 dari 3 halaman

Makanan yang Buruk bagi Gigi

Hati-hati, beberapa jenis makanan ini membawa dampak buruk bagi kesehatan gigi.

  1. Permen Lengket dan Manis

Makanan ini sudah dikenal dapat merusak gigi bila tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsinya. Bila ingin makan permen, sebaiknya pilih yang teksturnya tidak lengket dan mudah menempel di gigi. Jenis permen seperti lollipop dan karamel adalah dua contoh yang buruk.

Sebagai cara yang lebih baik dan sehat, ganti camilan permen Anda dengan dark chocolate. American Dental Association menyatakan bahwa cokelat lebih cepat hilang dan tidak terlalu menempel di gigi dibanding permen. Dark chocolate dengan kandungan kakao 70% bisa menjadi opsi yang lebih sehat sebagai kudapan ringan.

  1. Makanan Mengandung Pati 

Roti yang lembut dan keripik kentang mengandung pati (starch) yang bisa dengan mudah terperangkap di antara gigi. Batasi konsumsinya dan segera bersihkan gigi setelah memakannya.

  1. Minuman Berkarbonasi

Memang menyegarkan, namun minuman soda atau soft drink berbahaya bagi gigi. Jenis minuman ini memang sebisa mungkin harus Anda hindari karena kandungan gula yang begitu tinggi di dalamnya. Selain itu, biasanya minuman ini mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat menghilangkan enamel gigi.

  1. Zat yang Dapat Membuat Mulut Kering

Contohnya adalah alkohol dan beberapa jenis obat. Bila obat tertentu menyebabkan mulut kering, konsultasikan pada dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dan buruk bagi kesehatan gigi. Usahakan rutin menggosok gigi dua kali sehari dan sesekali gunakan dental floss. Selain itu, periksakan gigi dan mulut dengan dokter secara berkala agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar