Sukses

Bayi Sering Berkeringat, Tanda Penyakit Apa?

Jangan sepelekan bayi sering berkeringat. Bisa saja ini tanda si Kecil mengidap gangguan kesehatan lain. Coba cek penjelasannya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Bayi sering berkeringat mungkin menjadi permasalahan yang sering bikin para orang tua cemas. Padahal, bayi berkeringat adalah kondisi wajar yang dialami oleh setiap bayi, khususnya yang baru lahir. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda boleh menyelepekannya. Bisa saja, ada yang salah dengan kesehatan sang bayi.

Bayi berkeringat lebih sering terjadi pada malam hari, dan ini adalah kondisi yang normal. Penyebabnya, sistem pada saraf bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga belum bisa bekerja secara maksimal untuk mengendalikan suhu tubuh.

Namun, kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, keringat bayi bisa dikatakan normal apabila bayi tidak terganggu dengan keringatnya sendiri. 

“Jumlah keringat yang keluar masih dikatakan wajar bila perkembangan anak secara keseluruhan. Termasuk selera makannya masih baik, pola tidurnya cukup, dan pertumbuhan fisik serta mentalnya masih baik, ” ujar dr. Dyan Mega. 

Artikel Lainnya: Kondisi Kulit Bayi Baru Lahir dan Artinya bagi Kesehatan

“Hanya saja, keringat berlebih harus diwaspadai sebagai tanda timbulnya gangguan kesehatan apabila dibarengi dengan keluhan lain. Misalnya saja, anak menjadi rewel, susah tidur, dan nafsu makan yang berkurang. Bisa jadi, bayi Anda mengidap gangguan beberapa penyakit serius,” ujar dr. Dyan Mega. 

1 dari 2 halaman

Bayi Sering Berkeringat? Waspada Ini

Lantas, apa saja penyakit yang bisa diderita bayi jika sering berkeringat? Kondisi pertama yang harus diwaspadai adalah bayi kurang gizi.

Umumnya, bayi yang kekurangan nutrisi akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Untuk itu, perhatikan lagi jumlah ASI (air susu ibu) yang Anda berikan pada anak. Pastikan mereka mendapatkan nutrisi dari ASI yang cukup setiap harinya. Ibu harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan sehat untuk mendukungnya.

Kedua, bayi sering berkeringat juga bisa jadi tanda anak mengalami hiperhidrosis. Dijelaskan oleh dr. Bram Pradipta, Sp.OG dari KlikDokter, hiperhidrosis adalah sebuah kondisi ketika tubuh mengeluarkan keringat berlebihan dari keringat yang seharusnya. 

Artikel Lainnya: Begini 5 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Anda bisa menemukan kondisi ini apabila bayi sering berkeringat meski dalam suhu ruangan yang sejuk dan pakaian yang pas. Menurutnya, kondisi ini tidak perlu diobati karena cenderung tidak berbahaya. 

Namun, seiring bertambahnya usia anak, diperlukan pengelolaan keringat yang baik untuk menyesuaikan kondisi ini dengan lingkungan sekitarnya. Ketiga, bayi sering berkeringat juga mungkin bisa mengalami kondisi sleep apnea

Ini merupakan sebuah kondisi gangguan tidur serius karena berhubungan langsung dengan sistem pernapasan seseorang. Jika tidak ditangani dengan baik, bayi akan berulang kali mengalami kondisi henti napas ketika tertidur. Inilah yang nantinya buat bayi jadi sering berkeringat. 

“Apabila seorang bayi mengidap sleep apnea, tubuhnya akan membiru yang disertai dengan keringat di sekujur tubuh. Jangan tunda pemeriksaan ke dokter karena bisa berdampak buruk bagi bayi,” ujar dr. Bram pada KlikDokter.

Selanjutnya, kondisi yang bisa menyebabkan seorang bayi jadi sering berkeringat adalah SIDS atau sudden infant death syndrome. Jika seorang bayi mengalami hal ini, tinggi kemungkinan bayi mengalami kematian mendadak akibat panas tubuh yang berlebihan.

“Bayi yang mengalami SIDS akan jatuh dalam tidurnya sendiri sehingga sulit untuk dibangunkan. Jika tidak segera ditangani, terlebih jika suhu bayi terus meningkat, kematian bisa jadi dampak paling mengerikan yang bisa terjadi,” jelas dr. Bram lagi.

Itulah empat penyebab bayi  sering berkeringat yang harus Anda waspadai. Setelah mengetahui penyebabnya, diharapkan Anda dapat sedini mungkin mengambil tindakan saat ini terjadi pada si Kecil. Segera konsultasikan dengan dokter anak apabila gejalanya semakin memburuk. 

[HNS/AYU] 

0 Komentar

Belum ada komentar