Sukses

7 Manfaat Rambut Jagung bagi Kesehatan

Siapa sangka rambut jagung yang sering Anda buang, ternyata punya manfaat untuk kesehatan? Temukan manfaatnya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Jagung bakar memang paling enak dinikmati saat cuaca dingin. Tapi, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu, supaya tidak ada kuman yang tertinggal. Walau begitu, hindari untuk membuang rambut jagung karena bagian tersebut kaya akan manfaat. Apa saja, ya?

Rambut jagung adalah bagian tumbuhan tersebut yang tampak seperti benang kecokelatan. Surai jagung ini tumbuh di bagian bonggol. Sebenarnya, rambut ini sering menjadi bahan pengobatan tradisional Tiongkok sejak beberapa abad lalu. Bahkan, juga di beberapa negara lain seperti Prancis, Turki, dan Amerika Serikat.

1 dari 2 halaman

Manfaat Rambut Jagung

Umumnya, rambut jagung digunakan langsung untuk bahan pengobatan. Namun, ada juga yang sengaja mengeringkannya terlebih dulu. Cara mengonsumsinya mirip dengan teh atau ekstrak. Bisa juga dibuat menjadi pil. 

Sejumlah penelitian menyatakan rambut jagung kaya akan manfaat. Berikut ini fungsinya yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh: 

  • Rambut Jagung Kaya Antioksidan 

Antioksidan merupakan sebuah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Zat ini mampu melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah salah satu penyebab utama Anda bisa mengalami penyakit kronis.

Artikel Lainnya: Ini 3 Manfaat Jagung untuk Kesehatan 

Misalnya diabetes, penyakit jantung, kanker, dan peradangan dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid (kandungan antioksidan) dalam rambut jagung juga ikut mengambil peran dalam melindungi tubuh dari kerusakan stres oksidatif.

  • Rambut Jagung Mengandung Anti-Inflamasi 

Peradangan dalam tubuh merupakan sebuah kondisi yang normal terjadi jika kekebalan tubuh menurun. Namun, peradangan yang tidak kunjung membaik bisa buat tubuh berisiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes. 

Kandungan anti-inflamasi dalam rambut jagung dipercaya mampu mencegah peradangan terjadi. Uji tabung dan penelitian pada hewan telah menemukan bahwa ekstrak sutra jagung dapat mengurangi peradangan. Caranya, dengan menekan aktivitas peradangan dalam tubuh. 

  • Rambut Jagung Mengatur Kadar Gula Darah 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rambut jagung bisa menurunkan kadar gula darah dan membantu mengelola gejala diabetes. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid yang tinggi dari rambut jagung.

Artikel Lainnya: Beragam Makanan Sehat yang Bisa Anda Santap Sesuai Usia 

Hal ini berdasarkan studi pada hewan tikus. Dalam percobaan tersebut, tikus pengidap diabetes yang diberi flavonoid sutra jagung secara signifikan berkurang gula darahnya. 

Kondisi ini dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidak diberi kandungan flavonoid. Studi lainnya juga menjelaskan bahwa antioksidan dalam rambut jagung dapat membantu mencegah penyakit ginjal diabetik. 

  • Rambut Jagung Melindungi Saluran Kemih 

Dikutip dari KlikDokter, rambut jagung memiliki sifat antiseptik dan diuretik yang bisa mencegah infeksi dalam tubuh. Termasuk infeksi yang memengaruhi saluran kemih. Rambut jagung akan mengurangi peradangan dan mencegah iritasi dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

  • Rambut Jagung Mengatur Tekanan Darah Tinggi 

Rambut jagung sangat baik bagi pengidap tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi dan mengatur tekanan darah ke seluruh tubuh. Rambut jagung juga membantu mengontrol tingkat sodium dalam tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

  • Rambut Jagung Mengontrol Ketegangan Otot

Ekstrak rambut jagung bisa membantu menenangkan ketegangan otot setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Selain itu, rambut jagung juga rendah kalori dan membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kadar elektrolit tetap seimbang. 

  • Rambut Jagung Untuk Detoksifikasi Tubuh

Rambut jagung mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya itu, antioksidannya juga baik untuk merangsang pembuangan yang tersimpan dalam tubuh. 

Hilangnya racun ini bisa memperbaiki kesehatan hati karena mengoptimalkan fungsi ekskretoris dan mengurangi risiko penyakit lemak pada hati.

Itulah beberapa manfaat rambut jagung untuk kesehatan yang jarang orang ketahui. Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, jangan lagi Anda membuangnya. Namun, rebuslah sutera jagung ini beserta dengan bijinya untuk camilan sehat setiap harinya. Selamat mencoba! 

(AYU/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar